5 Tips Aman Bermain Game, Kesehatan Tetap Terjaga

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 08 Januari 2023
0 dilihat
5 Tips Aman Bermain Game, Kesehatan Tetap Terjaga
Ada baiknya kita mengetahui tips bermain games tapi kesehatan tetap terjaga. Foto: Repro google.com

" Game online menjadi permainan yang banyak digemari saat ini. Bukan hanya anak-anak atau remaja, tapi juga orang dewasa. Maka ada baiknya mengetahui tips bermain games tapi kesehatan tetap terjaga "

KENDARI, TELISIK.ID - Game online menjadi permainan yang banyak digemari saat ini. Bukan hanya anak-anak atau remaja, tapi juga orang dewasa. Maka ada baiknya mengetahui tips bermain games tapi kesehatan tetap terjaga.

Dikutip dari kominfo.go.id, games sebenarnya sangat penting untuk perkembangan otak manusia. Seorang manusia akan mulai berpikir jika sudah dihadapkan dengan sebuah masalah.

Sedangkan, pada sebuah games, kita dihadapkan dengan berbagai macam masalah dan kita dituntut untuk memecahkannya sedemikian rupa sehingga kita dapat menyelesaikan atau bahkan kita dapat memenangkan permainan/games yang kita mainkan.

Hanya saja belakangan ini, banyak riset yang menunjukkan adanya dampak negatif  bermain game khususnya pada anak-anak, baik itu di komputer, konsol atau pun berbagai perangkat gadget. Hal ini sudah tentu membuat banyak orang tua menjadi khawatir dan was-was.

Baca Juga: 7 Cara Cepat Mengobati Mata Bintitan

Namun di sisi lain terdapat kelompok yang mengatakan bermain mempunyai dampak positif yang tak kalah pentingnya.

Terlepas dari itu semua, ada baiknya mengetahui tips bermain games tapi kesehatan tetap terjaga.

Melansir yoursay.id dari berbagai sumber, berikut beberapa tips agar kamu dapat menjaga kesehatan sembari melakukan aktivitas bermain game:

1. Lakukan olahraga tangan dan pergelangan tangan

Dilansir esport.net, menjadi gamer memiliki resiko cidera bila tak dibarengi dengan usaha dalam menjaga kesehatan.

Contoh saja cedera Repetitive Strain Injuries (RSI) atau cedera pada otot dan jaringan tubuh yang membuat karier pemain bintang esports seperti Lee "Flash" Young dan Hai Lam berakhir cepat.

Maka salah satu caranya agar dapat menekuni profesi gamer dengan aman adalah dengan melakukan olahraga pada bagian tangan dan pergelangan.

Kamu bisa melakukannya dengan menggerakkan pergelangan secara berputar, melemaskan jari dan meregangkan pergelangan setidaknya sekali tiap jam.

2. Jangan lupa untuk tidur

Dalam bermain game, adakalanya seseorang menunda waktu tidur yang sudah ia buat. Hal ini karena sering kali ketika kita menyelesaikan suatu level atau misi dalam game, terdapat beragam hadiah dan level selanjutnya yang membuat gamer ketagihan untuk terus bermain.

Hal tersebut berdampak pada berkurangnya waktu tidur sehingga kesehatan menjadi terganggu.

Usahakan untuk teratur dalam waktu tidur karena tidur berperan penting dalam kesehatan tubuh seperti meningkatkan konsentrasi serta memaksimalkan performa dalam bermain game.

Orang yang kurang tidur juga berisiko lebih tinggi untuk mengalami kenaikan berat badan. Jadi, jika kesehatan menjadi prioritas, maka aturlah waktu tidurmu sebaik mungkin.

3. Menjaga agar peralatan bermain game dalam kondisi baik

Dilansir Idplayer.net, mempersiapkan serta menjaga peralatan saat bermain game agar tetap dalam kondisi baik selain bisa membuat lebih nyaman dalam bermain juga meningkatkan kesehatan seorang gamer. Misalnya mendapat kursi yang nyaman dapat mengurangi resiko cedera serta menjaga agar postur tubuh dalam keadaan baik.

Peralatan lainya seperti keyboard, headset dan layar monitor juga perlu rutin dicek kondisinya karena dengan peralatan yang baik dapat menjaga kesehatan tubuh sembari meningkatkan performa dalam bermain game.

4. Jangan lupa untuk beristirahat

Terkadang kita bisa lupa waktu karena keasyikan bermain game. Apalagi bagi seorang gamer yang memang bermain game merupakan profesinya. Namun, sebisa mungkin kita perlu mengistirahatkan tubuh kita dari bermain game.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Mencegah Kanker Payudara Melalui Pola Hidup Sehat

Hal ini karena memainkan game terus menerus dapat menyebabkan masalah seperti menurunnya kesehatan mata, sakit kepala, hingga dampak negatif kepada postur tubuh. Usahakan untuk selalu beristirahat tiap sesi bermain dan lebih baik mendatangi tenaga medis bila mengalami isu kesehatan.

5. Rutin mengonsumsi makanan dan minuman sehat

Dikutip dari staminaproducts.com, apa yang kamu makan dalam keseharian sangat berdampak pada kesehatan dan bagaimana performamu dalam menjalani hari.

Seorang gamer juga perlu mengatur apa yang ia makan dan berusaha mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Beberapa caranya yaitu mengolah makanan sendiri dan hindari makanan dan minuman yang mengandung banyak gula.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk tetap menjaga kesehatan sembari menjalani aktivitas yang ia sukai seperti berlian game. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga