5 Tips Atasi Gangguan Libido pada Wanita

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Kamis, 24 Desember 2020
0 dilihat
5 Tips Atasi Gangguan Libido pada Wanita
Menurunnya libido pada wanita Foto: Repro serumpi.com

" Menurunnya libido pada wanita merupakan masalah yang sering terjadi terutama pada beberapa fase kehidupan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap wanita memiliki libido atau gairah seksual yang berbeda-beda dan bisa berubah.

Menurunnya libido pada wanita merupakan masalah yang sering terjadi terutama pada beberapa fase kehidupan.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti masalah dengan pasangan, kelelahan, kehamilan, menopause, stres, depresi, atau penyakit tertentu.

Jika libido Anda menurun dan keluhan itu sering terjadi, pasti sangat mengganggu hubungan seksual bersama pasangan halal Anda.

Olehnya itu, dilansir dari Alodokter.com, bila Anda mengalami penurunan libido berikut lima tips yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan gairah seksual:

1. Komunikasikan dengan pasangan

Jika Anda merasa gairah seksual menurun, bicarakan dengan pasangan Anda secara terbuka dan jujur, kemudian carilah solusinya bersama-sama.

Diskusikan hal-hal yang disukai dan tidak disukai ketika berhubungan seksual. Hal ini akan menciptakan ikatan emosional yang lebih kuat dan bisa mengembalikan gairah seksual Anda.

2. Jadwalkan waktu bercinta

Walaupun memiliki kesibukan masing-masing, usahakan untuk bercinta secara rutin. Sepakati waktu bercinta dan jadwalkan di kalender, agar Anda dan pasangan dapat menjadikannya prioritas.

Baca juga: Puntung Rokok Bisa Atasi Hama di Bunga Aglonema, Begini Caranya

3. Variasikan metode bercinta

Anda dan pasangan dapat mencoba gaya dan posisi bercinta yang berbeda dari biasanya. Anda juga bisa meminta pasangan untuk melakukan foreplay lebih lama.

Tak ada salahnya untuk merealisasikan fantasi seks yang Anda miliki kepada pasangan. Selain itu, alat bantu seks (sex toy) mungkin juga bisa membantu menghidupkan kembali hasrat seksual Anda.

4. Menerapkan pola hidup sehat

Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan gairah seksual adalah menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi buah dan sayur, rutin berolahraga, tidak merokok, dan tidak minum alkohol.

Selain meningkatkan gairah seksual, menerapkan pola hidup sehat juga dapat menjaga kesehatan Anda.

5. Periksakan ke dokter

Jika gairah seksual Anda belum juga meningkat meski sudah menerapkan cara-cara di atas, mungkin ada faktor medis yang mendasarinya. Untuk mencari tahu penyebabnya, Anda dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Jadi, jika Anda merasa gairah seksual menurun, seperti tidak tertarik untuk melakukan aktivitas seksual (temasuk masturbasi), tidak memiliki fantasi seksual, atau tidak memperoleh kesenangan dari aktivitas tersebut, Anda bisa mencoba melakukan beberapa tips di atas dan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga