5 tips Cegah Risiko Kanker Usus Besar

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 08 Juni 2023
0 dilihat
5 tips Cegah Risiko Kanker Usus Besar
Kanker usus besar bisa mengintai Anda meski belum menginjak usia tua. Foto: Repro Ciputrahospital.com

" Cara terbaik untuk menghindari berkembangnya kanker usus besar adalah dengan melakukan skrining rutin setelah usia 45 tahun "

KENDARI, TELISIK.ID - Kanker usus besar merupakan salah satu penyakit yang mengerikan jika hinggap di tubuh Anda. Polip atau gumpalan kecil yang tumbuh di usus Anda bisa saja berkembang menjadi sel kanker suatu saat nanti.

Dilasir dari Tempo.co dan Medcom.id, berikut adalah tips mengurangi risiko terkena kanker usus besar.

1. Lakukan pemeriksaan tepat waktu

Cara terbaik untuk menghindari berkembangnya kanker usus besar adalah dengan melakukan skrining rutin setelah usia 45 tahun. Pengobatan menjadi lebih mudah jika kanker terdeteksi pada stadium awal.

Menemukan pertumbuhan abnormal yang dikenal sebagai polip yang dapat berkembang menjadi kanker juga dapat membantu menghindari penyakit tersebut.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Mencegah Kanker Payudara Melalui Pola Hidup Sehat

Skrining kanker usus besar terbilang simpel, dapat mencakup kolonoskopi, sigmoidoskopi fleksibel, CT kolonografi, dan tes feses. Namun, harus dilakukan lebih rutin dan didasarkan pada riwayat medis pasien atau faktor risiko lainnya.

2. Berhenti merokok

Perokok reguler memiliki peningkatan risiko terkena kanker usus besar, serta tingkat kematian yang lebih tinggi dibandingkan dengan bukan perokok. Risiko kanker usus besar meningkat secara linier dengan intensitas dan durasi merokok. Penting berhenti merokok untuk menurunkan kemungkinan terkena kanker usus besar.

3. Hindari konsumsi alkohol

Peningkatan risiko kanker usus besar juga dikaitkan dengan konsumsi alkohol. Risiko kanker usus besar dapat dikurangi dengan mengurangi atau berhenti minum alkohol.

4. Kelola berat badan yang sehat

Kanker usus besar lebih mungkin menyerang orang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Selain itu, laki-laki lebih berisiko terkena kanker usus besar daripada perempuan ketika indeks massa tubuh (BMI) mereka tinggi.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Bunga Periwingkle: Antikanker tapi Beracun

Mengatur berat badan dapat dilakukan dengan mengadopsi kebiasaan makan yang sehat dan melakukan lebih banyak aktivitas fisik. Risiko kanker usus besar atau dubur yang lebih rendah telah dikaitkan dengan diet yang tinggi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

Selain itu, hindari daging olahan dan daging merah karena dikaitkan dengan risiko kanker usus besar yang lebih tinggi.

5. Melakukan aktivitas fisik secara rutin

Seseorang bisa jadi memiliki peluang lebih tinggi terkena kanker usus besar jika tidak aktif secara fisik. Karena itu, meningkatkan kekuatan fisik dapat menurunkan risiko kanker usus besar dan membantu mengendalikan berat badan.

Habiskan setidaknya 30 menit setiap hari untuk berolahraga karena akan membantu mengatur berat badan. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga