5 Tips Dapat UKT Murah Bagi Mahasiswa Baru

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 23 Mei 2024
0 dilihat
5 Tips Dapat UKT Murah Bagi Mahasiswa Baru
Calon mahasiswa baru bisa mendapatkan UKT murah dengan cara tertentu. Foto: Repro ums.ac.id

" Uang Kuliah Tunggu atau UKT di sejumlah PTN kini menjadi sorotan karena terjadi kenaikan yang cukup drastis. Untuk mengantisipasi hal itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapat UKT murah "

KENDARI, TELISIK.ID - Uang Kuliah Tunggu atau UKT di sejumlah PTN kini menjadi sorotan karena terjadi kenaikan yang cukup drastis. Untuk mengantisipasi hal itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapat UKT murah.

Kenaikan UKT ini, dikutip dari kontan.co.id, tertuang dalam Permendikbud Nomor 2 Tahun 2024 yang dilanjutkan dengan Keputusan Mendikbud Nomor 54/2024 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi.

Menurut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Memendikbud Ristek), Nadiem Makarim, kenaikan UKT hanya berlaku untuk mahasiswa baru bukan untuk seluruh mahasiswa.

Dengan demikian kenaikan ini tidak akan mengubah tingkat UKT bagi mahasiswa yang sudah melaksanakan pendidikan di peruguruan tinggi, namun hanya akan berlaku untuk mahasiswa baru.

Hal ini pun membuat sejumlah calon mahasiswa baru kaget bukan main. Pasalnya, terdapat beberapa jurusan dengan UKT yang mengalami kenaikan.

Baca Juga: Panduan Klaim Saldo Dana Gratis hingga Rp 700 Ribu

Kendati demikian, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan agar tetap bisa kuliah dengan UKT terjangkau.

Melansir CNBC Indonesia dari berbagai sumber, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan UKT murah:

1. Daftar perguruan tinggi kedinasan

Tips pertama yang bisa dilakukan agar mendapatkan UKT murah adalah dengan mendaftar di perguruan tinggi kedinasan.

Hal ini karena sekolah ikatan dinas menjadi pilihan utama bagi siapa saja yang ingin melanjutkan kuliah dengan biaya yang minim, bahkan ada juga yang gratis.

Biasanya, perguruan tinggi kedinasan ini memerlukan kontrak kerja yang harus dipatuhi oleh mahasiswa selama beberapa tahun setelah lulus.

Keuntungan lainnya adalah mahasiswa yang telah lulus dari perguruan tinggi kedinasan berkesempatan mendapatkan pekerjaan dan terikat di institusi tertentu.

Kendati demikian, dalam memilih jalur ini perlu dipertimbangkan juga apakah jurusan yang diinginkan tersedia di perguruan tinggi kedinasan.

2. Pilih universitas dengan biaya termurah

Tips kedua yang bisa dilakukan agar mendapatkan UKT murah adalah memilih universitas dengan biaya murah sejak awal.

Hal ini bisa dilakukan dengan mencari tahu dulu biaya masing-masing kampus untuk mendapatkan biaya yang sesuai kemampuan.

3. Ikuti jalur SNMPTN atau SBMPTN

Tips ketiga yang bisa dilakukan agar mendapatkan UKT murah adalah dengan mengikuti jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Hal ini karena melalui dua lajur tersebut biaya uang muka dan biaya semester di PTN lebih terjangkau karena adanya subsidi.

Jika calon mahasiswa baru memiliki prestasi yang baik di sekolah, pilih jalur SNMPTN. Jalur ini didasarkan pada nilai serta rekomendasi dari sekolah. Sedangkan jalur SBMPTN bisa diikuti lewat ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Dalam memilih jalur ini, perlu diperhatikan juga apakah jurusan yang diinginkan tersedia di PTN yang menjadi pilihan.

4. Pilih jurusan kuliah dengan biaya termurah

Tips keempat yang bisa dilakukan agar mendapatkan UKT murah adalah dengan memilih jurusan kuliah dengan biaya murah.

Hal ini dapat menjadi pilihan karena setiap universitas akan mengumumkan biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal) di setiap jurusan terlebih dahulu.

Meskipun biaya UKT terbagi menjadi 7 kelompok dan tidak ada yang bisa memperkirakan kelompok mana yang akan dimasuki, namun perbedaan biaya UKT di setiap jurusan biasanya sangat mencolok.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Menabung Biaya Haji

Dengan begitu, Anda dapat memilih jurusan yang menawarkan biaya kuliah paling murah.

5. Beasiswa

Terakhir, tips kelima yang bisa dilakukan agar mendapatkan UKT murah adalah dengan mendapatkan beasiswa.

Maka sejak dini sebaiknya calon mahasiswa baru mencari tahu jenis beasiswa yang ditawarkan oleh perguruan tinggi dan pastikan dapat memenuhi syarat untuk mendaftar.

Secara umum, terdapat beberapa jenis beasiswa meliputi beasiswa akademik, beasiswa prestasi, beasiswa sosial, beasiswa olahraga, dan banyak lagi.

Nah, itu beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa mendapatkan UKT terjangkau alias murah. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga