5 Tips Diet Sehat Saat Puasa

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 28 Maret 2023
0 dilihat
5 Tips Diet Sehat Saat Puasa
Anda harus memperhatikan jenis makanan untuk berbuka puasa dan sahur. Banyak orang justru mengalami kenaikan berat badan karena tidak mengontrol makanan setelah buka puasa. Foto: Repro Hellosehat.com

" Saat diet, jumlah makanan tentu berkurang dari normal tapi cukup seimbang sehingga tetap sehat dan aktif selama Ramadan "

KENDARI, TELISIK.ID - Berpuasa seringkali dianggap kesempatan emas untuk menurunkan berat badan. Jika demikian, penting bagi Anda mengetahui metode apa yang tepat agar diet saat puasa tetap aman bagi kesehatan. 

Saat berpuasa, tubuh akan mengalami perubahan metabolisme. Setelah beberapa waktu, puasa membuat tubuh memasuki periode ketosis, keadaan dimana lemak digunakan untuk sumber energi ketika karbohidrat tak tersedia.

Mengutip Haibunda.com, berikut tips diet sehat saat puasa:

1. Kurangi porsi makan

Jangan sampai ketika sahur maupun berbuka, Anda makan dengan kalap, ya! Anda tetap disarankan mengurangi porsi makan. 

"Saat diet, jumlah makanan tentu berkurang dari normal tapi cukup seimbang sehingga tetap sehat dan aktif selama Ramadan," kata Salaamah Solomon, ahli diet bersertifikasi di Tygerberg Academic Hospital, Cape Town, Afrika Selatan.

2. Pilih jenis makanan yang seimbang

Anda harus memperhatikan jenis makanan untuk berbuka puasa dan sahur. Banyak orang justru mengalami kenaikan berat badan karena tidak mengontrol makanan setelah buka puasa. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Makan Minum Saat Ramadan yang Perlu Dihindari

Belum lagi meningkatnya konsumsi makanan cepat saji atau gorengan selama bulan puasa yang membuat berat badan mudah naik. Oleh sebab itu, pilih jenis makanan yang seimbang untuk sahur dan berbuka jika ingin diet saat puasa yang sehat dan aman.

3. Hindari makanan dengan gula tambahan

Melansir Hellosehat.com, berbuka dengan yang manis memang dapat mengembalikan energi yang hilang. Namun, jangan sampai Anda mengonsumsi makanan manis terlalu banyak.

Terlalu banyak makanan dan minuman manis justru akan disimpan sebagai lemak oleh tubuh. Akibatnya, cara menurunkan berat badan saat puasa yang telah dicoba pun gagal.

Hal ini dikarenakan produksi insulin tubuh akan menurun ketika berpuasa. Sedangkan insulin berfungsi mengubah gula menjadi energi. Jika gula tidak diolah menjadi energi, tubuh akan menyimpannya dalam bentuk lemak.

4. Hindari gorengan

Setelah menahan lapar seharian, Anda mungkin tergoda untuk langsung menyantap makanan berlemak, seperti gorengan, saat berbuka puasa.

Hati-hati, mengonsumsi makanan serba digoreng yang mengandung lemak jenuh di bulan puasa justru bisa menambah berat badan Anda.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Dehidrasi Saat Puasa

Dibandingkan gorengan, usahakan mengonsumsi makanan yang kaya lemak tak jenuh. Hal ini dikarenakan lemak tak jenuh tidak dapat meningkatkan kadar kolesterol. Anda bisa mendapatkan lemak baik dari kacang-kacangan, sayuran seperti bayam dan kubis, alpukat, dan ikan.

5. Tidur yang cukup

Tidur bisa menjadi cara menurunkan berat badan saat puasa yang manjur. Hal ini dikarenakan kurang tidur akan mengacaukan sistem metabolisme. Alhasil, tubuh tidak membakar cadangan lemak secara efektif.

Sementara itu, kurang tidur dapat meningkatkan hormon ghrelin yang bisa menambah nafsu makan. Hanya saja, mendapatkan kualitas tidur yang baik terkadang menjadi tantangan saat puasa. Anda tidak perlu khawatir karena ada berbagai tips yang bisa dicoba guna mendapatkan tidur yang cukup saat puasa. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga