5 Tips Hilangkan Komedo Membandel

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 05 September 2022
0 dilihat
5 Tips Hilangkan Komedo Membandel
Komedo adalah salah satu permasalahan pada wajah yang sudah sangat umum dan dialami oleh setiap orang. Habitat yang paling umum untuk komedo adalah hidung dan dagu. Foto: Repro lemonilo.com

" Komedo merupakan bintik kecil atau benjolan kecil yang menyerupai jerawat. Biasanya timbul akibat produksi minyak berlebih dan menyumbat pori-pori. Secara keseluruhan, terdapat beberapa jenis komedo, yaitu komedo putih dan komedo hitam "

KENDARI, TELISIK.ID - Komedo merupakan bintik kecil atau benjolan kecil yang menyerupai jerawat. Biasanya timbul akibat produksi minyak berlebih dan menyumbat pori-pori. Secara keseluruhan, terdapat beberapa jenis komedo, yaitu komedo putih dan komedo hitam.

Dilansir dari klikdokter.com dan alodokter.com, komedo putih (whiteheads) biasanya muncul di wajah, dada, dan punggung. Jenis komedo ini disebut juga sebagai komedo tertutup, karena ujungnya tertutup oleh kulit sehingga terlihat menyerupai bintik putih kecil.

Komedo putih terbentuk ketika minyak, kotoran, dan sel kulit mati menumpuk di pori-pori kulit. Bila tumpukan minyak ini terletak di dalam dan tidak terpapar udara bebas, warnanya tetap putih atau sewarna kulit. Inilah yang disebut komedo putih atau yang dikenal juga dengan sebutan white head.

Minyak berlebih yang menumpuk dan akhirnya menyumbat pori-pori bisa disebabkan karena banyak hal. Mulai dari konsumsi obat-obatan seperti steroid, penggunaan produk berbahan kimia tertentu seperti kosmetik, hingga konsumsi makanan tertentu seperti makanan dengan kadar lemak yang tinggi.

Selain itu, kehadiran komedo putih juga bisa dipicu karena adanya perubahan hormon. Perubahan ini umumnya dipengaruhi oleh perkembangan usia dan siklus hidup seseorang –mulai dari masa menstruasi, masa kehamilan, hingga menopause.

Baca Juga: 10 Obat Alami Atasi Gangguan Pencernaan

Berikut ini 5 tips cara membersihkan komedo putih yaitu:

1. Bersihkan wajah secara rutin

Bersihkan wajah secara teratur setidaknya dua kali sehari menggunakan sabun wajah berbahan lembut. Hindari menggosok wajah terlalu keras dan jangan gunakan sabun yang mengandung alkohol, detergen atau scrub. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan justru akan membuat komedo semakin parah.

Selain itu, gunakan air hangat saat membilas wajah atau tubuh saat muncul komedo putih. Anda juga disarankan untuk melakukan eksfoliasi setiap minggunya untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

2. Gunakan Obat Jerawat

Untuk menghilangkan komedo putih, pilihlah obat jerawat yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, atau retinoid.

Kandungan asam salisilat berfungsi untuk mengurangi produksi minyak berlebih dan membersihkan sel-sel kulit mati agar tidak menyumbat pori-pori. Asam salisilat tersedia dalam bentuk toner dan obat oles berbentuk krim atau gel.

Sementara itu, benzoil peroksida berfungsi untuk membasmi bakteri dan minyak berlebih. Anda dapat menggunakan produk yang mengandung benzoil peroksida setidaknya 1 kali sehari dan bisa 2 kali sehari jika wajah sudah beradaptasi. Pilihlah produk obat jerawat dengan kadar benzoil peroksida setidaknya 2%.

Krim dengan bahan dasar retinoid juga dapat digunakan sebagai perawatan komedo putih. Retinoid sendiri merupakan turunan vitamin A yang berfungsi untuk membersihkan pori-pori tersumbat dan sebagai antipenuaan. Jika Anda memiliki kulit kering atau sensitif, cobalah menggunakan produk berbahan retinoid 2 hari sekali.

Sebelum menggunakan obat jerawat, pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Hindari menggunakan obat jerawat secara berlebihan dan periksakan diri ke dokter apabila terjadi keluhan setelah pemakaian, seperti timbul ruam kulit, bengkak, gatal atau lecet.

3. Eksfoliasi dengan Lemon dan Tomat

Kedua buah ini bisa menjadi cara menghilangkan komedo. Caranya gampang, iris lemon dan gosokan pada area di mana komedo berada. Kamu juga bisa menambahkan gula agar kulit terkelupas dengan baik.

Bila lemon kurang berhasil, kamu bisa mencoba tomat ketimbang zat kimia. Tomat tak hanya membantu menghilangkan komedo, tetapi juga membersihkan kulit dari dalam. Pengelupasan kulit ini perlu dilakukan untuk menghapus komedo lebih cepat.

Namun, tetap berhati-hati saat memakai bahan alami untuk menghilangkan komedo terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Bisa Kamu Tiru

4. Terapi Uap

Cara menghilangkan komedo juga bisa lewat terapi uap. Terapi ini bisa membantu untuk membuka pori-pori wajah. Dengan begitu, segala macam kotoran yang menempel dan menyumbat pori-pori bisa terlepas keluar. Kamu bisa mencoba cara ini dengan metode sederhana.

Misalnya, dengan merebus air dalam panci hingga mendidih. Lalu, setelah itu tuanglah air tersebut ke dalam baskom yang cukup lebar. Kemudian, tundukan kepala dan dekatkan setidaknya mencapai 5–10 sentimeter di atas permukaan baskom. Agar uap air tidak merembes keluar, tutupi kepalamu dengan handuk tipis. Untuk hasil yang efektif, lakukan terapi uap ini selama 5–10 menit dan ulangi selama beberapa kali dalam seminggu.

5. Rutin Mencuci Wajah

Mencuci wajah idealnya dilakukan dua kali sehari dengan pembersih wajah yang lembut dan non-detergent. Yang perlu diingat, hindarilah menggunakan scrub karena bisa membuat kulit jadi teriritasi. Ujung-ujungnya akan membuat komedo semakin parah. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga