5 Tips Jaga Kesehatan bagi Petugas KPPS Jelang Pemilu

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 12 Februari 2024
0 dilihat
5 Tips Jaga Kesehatan bagi Petugas KPPS Jelang Pemilu
Petugas KPPS harus mempersiapkan kondisi kesehatan agar dapat menjalankan tugas dengan baik dan aman. Foto: Repro Bungko.desa.id

" Selain persiapan administrasi dan teknis, petugas KPPS juga harus mempersiapkan kondisi kesehatan mereka agar dapat menjalankan tugas dengan baik dan aman "

KENDARI, TELISIK.ID - Jelang hari penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024, banyak orang bertugas sebagai petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Sebagai petugas garda terdepan, banyak persiapan yang sudah dilakukan oleh para petugas KPPS, mulai dari pemberkasan, pembekalan materi seputar pemilu, hingga menjaga kesehatan, karena pekerjaan yang akan dilakukan terbilang cukup berat selama seharian penuh di lokasi pemungutan suara.

Selain persiapan administrasi dan teknis, petugas KPPS juga harus mempersiapkan kondisi kesehatan mereka agar dapat menjalankan tugas dengan baik dan aman seperti dikutip dari Viva.co.id.

Mengingat beban kerja yang berat, petugas KPPS harus menjaga kesehatan fisik dan mental mereka. Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia, dr. Nida Rohmawati, MPH menyampaikan bahwa ada edukasi dalam pencegahan resiko kesehatan bagi para petugas KPSS, yaitu 4C, cukup tidur, cukup minum, cukup makan dan cukup berolaharaga.

Baca Juga: Tips Parenting Anak Tanpa Baby Sitter ala Nikita Willy

"Ada edukasi yang kita sebut 4C bagi petugas KPPS, C pertama adalah cukup tidur, kemudian C yang kedua adalah cukup minum, C ketiga, cukup makan, C yang keempat olahraga. Karena itu, kami menghimbau seluruh puskesmas, ada 1416 puskesmas menyelenggarakan senam bersama petugas pemilu," ujarnya dilansir dari Inilah.com.

Berikut adalah beberapa tips kesehatan yang dapat dilakukan oleh petugas KPPS sebelum dan saat bertugas:

1. Jaga pola hidup sehat

Menjaga pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, minum air yang cukup, berolahraga secara teratur, istirahat yang cukup, dan menghindari rokok dan alkohol.

Pola hidup sehat akan meningkatkan daya tahan tubuh dan keseimbangan hormon, sehingga petugas KPPS dapat menghadapi stres dan kelelahan yang mungkin timbul saat bertugas.

2. Cukup tidur

Pada umumnya cukup tidur bukan hanya bermanfaat untuk menjaga stamina harian tetapi juga baik untuk meningkatkan fokus saat bekerja. Petugas KPPS disarankan untuk mulai menjaga pola tidurnya minimal 6-8 jam setiap hari agar tubuh terasa lebih bugar di hari pemungutan suara.

Baca Juga: Tips Mudah Memutihkan Selangkangan

3. Cukup makan

Tidak hanya cukup tidur, tetapi petugas KPPS juga perlu cukup makan. Cukup makan diperoleh dari asupan makanan yang bergizi dan seimbang. Pastikan makanan yang dikonsumsi cukup juga secara protein, buah, sayur hingga karbohidrat. Disarankan untuk mengurangi snack atau camilan.

4. Cukup minum

Minum di sini adalah air mineral, bukan kopi atau minuman manis dan bersinergi. Tidak hanya cukup minum sebelum bertugas, tetapi pada saat bertugas usahakan selalu membawa air mineral agar tidak mengalami dehidrasi atau hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Cukup olahraga

Olahraga pun dapat dilakukan bersama-sama dengan para petugas Pemilu 2024 mendatang. Hal ini supaya para petugas bisa sehat bersama dan tentunya memiliki fisik yang kuat hingga rangkaian acara selesai. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga