5 Tips Jitu Menjaga Kesehatan Mulut Saat Puasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 18 Maret 2023
0 dilihat
5 Tips Jitu Menjaga Kesehatan Mulut Saat Puasa
Kesehatan mulut yang tidak dijaga dapat mengundang penyakit atau masalah di area mulut. Foto: Repro alodokter.com

" Jika kesehatan mulut dan gigi tidak dijaga, risiko terhadap penyakit atau masalah kesehatan lainnya akan meningkat "

KENDARI, TELISIK.ID - Kesehatan mulut harus terus dijaga, termasuk saat menjalankan ibadah puasa. Kesehatan mulut dan gigi memegang peranan penting bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Dikutip dari halodoc.com, jika kesehatan mulut dan gigi tidak dijaga, risiko terhadap penyakit atau masalah kesehatan lainnya akan meningkat.

Melansir yoursay.id dari halodoc.com, berikut beberapa tips menjaga kesehatan mulut saat berpuasa:

Baca Juga: Simak 5 Bahan Alami Atasi Kulit Kaki Pecah-pecah

1. Minum air putih yang cukup

Saat berpuasa kamu tidak akan mendapatkan cairan dalam waktu belasan jam. Oleh karena itu kamu harus dapat mencukupi asupan cairanmu dengan baik saat makan sahur dan berbuka puasa.

Dengan meminum air putih yang cukup maka kamu dapat mencegah bibirmu kering. Selain itu kamu dapat memproduksi air liur dalam kondisi normal di dalam mulutmu.

2. Menyikat gigi dengan baik

Salah satu cara paling ampuh untuk menjaga kesehatan mulut saat berpuasa adalah dengan menyikat gigimu dengan baik. Sisa makanan yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan masalah kesehatan pada gigi dan mulutmu.

Kamu dapat melakukan sikat gigi dengan waktu paling sedikit 2 menit setiap sesinya. Selain itu kamu juga tidak boleh melupakan untuk membersihkan lidahmu, karena lidah akan selalu bersentuhan dengan sisa makanan saat berbuka dan sahur.

3. Menghindari makanan berbau menyengat

Salah satu masalah kesehatan mulut yang sering terjadi saat bulan puasa adalah aroma mulut yang tidak sedap. Selain karena sikat gigi yang tidak baik, aroma mulut tidak sedap juga dapat disebabkan karena mengkonsumsi makanan berbau menyengat.

Oleh karena itu penting bagimu untuk tidak memakan makanan berbau menyengat saat berbuka dan sahur. Beberapa makanan berbau menyengat diantaranya adalah jengkol, petai, durian, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 6 Alasan Olahraga Rutin Dapat Melawan Depresi

4. Memperbanyak makan buah dan sayur

Selanjutnya kamu juga dapat memperbanyak makan buah dan sayur pada saat berbuka dan sahur. Terutama buah dan sayur yang kaya akan kandungan vitamin C.

Vitamin C yang kamu konsumsi dapat menjadi salah satu zat untuk mencegah berbagai masalah pada mulut seperti sariawan dan infeksi. Sehingga kamu dapat menjalankan ibadah puasamu dengan baik.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat Telisikers lakukan untuk mencegah masalah kesehatan mulut saat sedang menjalankan ibadah puasa. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga