5 Tips Memilih Pelumas Seks yang Aman

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 05 Maret 2023
0 dilihat
5 Tips Memilih Pelumas Seks yang Aman
Pelumas seks atau yang biasa disebut lubrikan menjadi alternatif pelicin saat berhubungan seks, alat ini juga membantu mengurangi rasa sakit saat penetrasi. Foto: Hellosehat.com

" Pelumas seks atau lubrikan menjadi salah satu alternatif pelicin saat anda berhubungan seks. Benda yang satu ini juga berfungsi mengurangi rasa sakit pada organ intim wanita saat melakukan penetrasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Pelumas seks atau lubrikan menjadi salah satu alternatif pelicin saat anda berhubungan seks. Benda yang satu ini juga berfungsi mengurangi rasa sakit pada organ intim wanita saat melakukan penetrasi.

Memilih pelumas seks tentu harus bijak dan memerhatikan keamanan kandungan di dalamnya, mengingat produk ini digunakan pada organ paling sensitif di tubuh kita.

Dilansir dari Fimela.com dan Haibunda.com, berikut beberapa tips dalam memilih pelumas seks.

Baca Juga: 5 Cara Meredakan Lidah Perih Akibat Kepanasan

1. Perhatikan Tipe dari Pelumas

Ada tiga jenis pelumas utama yang mencakup pelumas berbasis air, berbasis silikon, dan berbasis minyak. Pelumas berbasis air adalah yang paling umum dan tersedia secara luas.

Aman digunakan dengan kondom dan mainan seks, mudah dibersihkan dan tidak ternoda. Pelumas berbasis silikon berlangsung lebih lama, lebih licin, dan aman digunakan dengan kondom, tetapi tidak disarankan untuk digunakan dengan mainan seks berbasis silikon.

Sedangkan pelumas berbasis minyak tidak dianjurkan untuk digunakan dengan kondom, karena dapat menyebabkannya kerusakan pada kondom. Juga tidak disarankan untuk digunakan dengan seks vagina, karena dapat menyebabkan infeksi.

2. Bahan yang Digunakan

Sangat penting untuk membaca bahan-bahan pada label pelumas untuk memastikan itu aman untuk digunakan. Hindari pelumas yang mengandung nonoxynol-9, yang dapat menyebabkan iritasi dan meningkatkan risiko infeksi menular seksual.

Beberapa orang mungkin juga memiliki alergi atau sensitivitas terhadap bahan-bahan tertentu, jadi penting untuk menguji sedikit pada kulit sebelum menggunakannya saat berhubungan seks.

3. PH

Vagina memiliki keseimbangan pH alami yang membantu menjaga kadar bakteri sehat. Menggunakan pelumas yang terlalu asam atau basa dapat mengganggu keseimbangan ini dan meningkatkan risiko infeksi.

Cari pelumas yang seimbang pH, atau yang secara khusus diformulasikan untuk penggunaan vagina.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Mengelola Emosi Saat Marah

4. Tekstur dan Konsistensi

Berbagai jenis pelumas memiliki tekstur dan konsistensi yang berbeda. Pertimbangkan tekstur dan konsistensi apa yang paling cocok untukmu dan pasangan.

Misalnya, pelumas yang lebih tebal mungkin lebih baik untuk seks anal, sedangkan pelumas yang lebih tipis mungkin lebih baik untuk seks vagina.

5. Preferensi Pribadi

Beberapa orang lebih suka pelumas yang tidak berbau, sementara yang lain lebih suka pelumas yang memiliki rasa. Pertimbangkan preferensi pribadi dan apa yang akan membuatmu dan pasangan merasa nyaman. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga