adplus-dvertising

5 Tips Memutihkan Kulit Belang Sesudah Liburan di Pantai

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 13 Agustus 2022
409 dilihat
5 Tips Memutihkan Kulit Belang Sesudah Liburan di Pantai
Menjaga kulit agar tidak belang akibat terkena sinar matahari bisa dilakukan secara aalami. Foto: Repro sehatq.com

" Sangat penting menggunakan sunscreen setiap hari untuk mencegah kulit belang dan risiko terkena kanker kulit "

KENDARI, TELISIK.ID - Rekreasi di pantai menjadi salah satu pilihan saat menikmati weekend atau hari libur. Suasananya yang sejuk dan pesona alam membuat setiap wisatawan seolah dimanjakan.

Hanya saja, seringkali usai liburan di pantai, khususnya habis berjemur, kulit akan menjadi lebih hitam. Alhasil, kulit menjadi belang tidak merata.

Dikutip dari halodoc.com, paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari bisa membuat kulit yang tidak terlindungi oleh pakaian akhirnya jadi lebih hitam daripada kulit yang tertutupi pakaian.


Apalagi sinar matahari memancarkan sinar UVA dan UVB yang memberikan dampak negatif pada kulit kamu. Jika sering terpapar radiasi kedua ultraviolet ini, kamu berisiko mengalami masalah kulit, mulai dari kulit terbakar, kering, berkerut, mengalami penuaan dini sampai kanker kulit.

Dihimpun dari laman Yukepo, penelitian yang diterbitkan oleh American College of Physicians’ Annals of Internal Medicine 2013 lalu menekankan pentingnya penggunaan sunscreen setiap hari untuk mencegah kulit belang dan risiko terkena kanker kulit.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, berikut cara memutihkan kulit yang belang sehingga penampilan jadi lebih maksimal dengan kulit yang putih merata:

 

1. Coba gunakan scrub alami dari pisang dan madu

Pisang dan madu dipercaya bisa mencerahkan wajah. Kamu bisa membuat scrub dengan bahan-bahan ini untuk mendapatkan kulit yang rata. Ambil satu buah pisang dan lumatkan, lalu campur dengan madu.

Baca Juga: Simak 6 Cara Mencegah Penyakit di Musim Pancaroba

Gunakan ramuan ini untuk scrub di bagian yang belang dan diamkan selama 30 menit.

2. Jeruk nipis kaya vitamin C bisa jadi salah satu alternatif

Cara memutihkan kulit yang belang lainnya adalah dengan jeruk nipis. Kandungan vitamin C yang tinggi dan senyawa alami untuk mencerahkan dapat membuat kulit lebih rata.

Tinggal peras jeruk nipis dan ambil airnya. Setelah itu oleskan di bagian kulit yang belang selama 30 menit.

3. Tomat dengan kandungan vitamin A dan E

Selain bisa mengatasi masalah jerawat, tomat juga dapat mencerahkan kulit yang belang karena punya kandungan vitamin A, E, dan likopen yang bisa memerangi radikal bebas dan mengangkat sel kulit mati.

Kamu tinggal haluskan satu buah tomat dan oles ke bagian yang diinginkan. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Setelah itu, kamu bisa melanjutkan dengan mengoles lotion pemutih atau sunscreen untuk mencegah kulit lebih gelap.

4. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya sudah terkenal dalam dunia kecantikan untuk memutihkan kulit. Kandungan di dalamnya dapat mencerahkan dan mengangkat sel kulit mati. Sensasi terbakar karena sengatan matahari juga dapat ditenangkan dengan bahan ini.

Baca Juga: Cara Jaga Jejak Digital di Internet Agar Tetap Aman dan Bersih

Kamu tinggal mengoles gel lidah buaya ke kulit selama 30 menit dan bilas dengan air dingin.

Kalau tidak ada lidah buaya asli, kamu bisa menggunakan gel lidah buaya yang dijual di pasaran dan tinggal mengoleskannya ke kulit yang diinginkan.

5. Mengandung vitamin C, gunakan rutin lulur bengkoang

Cara memutihkan kulit yang belang bisa dengan bengkoang. Terkenal bisa mencerahkan sejak zaman dulu, kulit belangmu bisa diatasi dengan lulur ini. Caranya dengan memarut satu buah bengkoang, peras, dan ambil airnya.

Setelah itu, diamkan semalaman dan gunakan endapan sari tersebut untuk luluran di area kulit yang belang. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga