5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Puasa Ramadan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 15 Maret 2024
0 dilihat
5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Puasa Ramadan
Untuk memaksimalkan puasa Ramadan, penting menjaga daya tahan tubuh tetap fit. Foto: Repro Freepik

" Lengkapi asupan nutrisi harian melalui makanan yang bernutrisi tinggi untuk meningkatkan imun tubuh "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu hal yang penting dilakukan agar puasa Ramadan bisa maksimal adalah dengan menjaga daya tahan tubuh. Maka penting untuk mengetahui cara agar tubuh tetap fit.

Dikutip dari upk.kemkes.go.id, selama bulan Ramadan, seluruh umat Muslim diharuskan untuk menahan lapar dan dahaga selama lebih dari 12 jam. Sehingga dengan kondisi demikian, tubuh tidak akan terhidrasi dengan baik dan tidak pula terpenuhi kebutuhan vitamin hariannya.

Selain itu, kewajiban untuk meningkatkan volume ibadah dan bangun di pertengahan malam untuk santap sahur, membuat pola tidur tidak teratur.

Kondisi demikian, akan menyebabkan terganggunya kesehatan seseorang. Sehingga panduan atau tips menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadan menjadi penting untuk dipahami dan diterapkan dengan baik.

Melansir halodoc.com, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa:

1. Tidur yang cukup

Menjaga daya tahan tubuh tidak harus dengan mengonsumsi makanan dan minuman saja, tapi juga tidur yang berkualitas. Setidaknya kamu memiliki waktu tidur sekitar 7-9 jam setiap malamnya untuk mengoptimalkan energi dan fungsi kognitif selama berpuasa. 

Baca Juga: 5 Tips Aman dan Lancar Berpuasa bagi Ibu Menyusui

Kamu juga bisa jadwalkan tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya. Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman agar kamu bisa tertidur dengan pulas dan nyenyak. 

2. Mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi

Lengkapi juga asupan nutrisi harian kamu melalui makanan yang bernutrisi tinggi untuk meningkatkan imun tubuh. Contoh makanan yang bisa kamu konsumsi seperti protein tanpa lemak (ayam, ikan), buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian. 

Pastikan kamu mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna untuk memaksimalkan daya tahan tubuh saat puasa nanti. Mengonsumsi buah dengan kandungan air yang tinggi juga dapat meningkatkan hidrasi tubuh, seperti semangka dan mentimun. 

3. Mengonsumsi probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan selama puasa, sehingga terhindar dari sembelit, diare, dan masalah pencernaan lainnya.

Mengandung protein yang tinggi, probiotik bisa membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak sekaligus menjaga daya tahan tubuh agar tidak gampang sakit.

4. Pastikan tubuh tetap terhidrasi

Hidrasi adalah salah satu kunci agar puasa kamu bisa penuh seharian. Kamu bisa mengonsumsi lebih banyak cairan untuk menjaga hidrasi tubuh, terutama saat sahur dan berbuka. 

Baca Juga: Berhubungan Intim Bulan Ramadan Tidak Dilarang, Namun Pastikan Hal Ini

Tapi, hindari untuk mengonsumsi minuman berkafein dan bergula, justru ini bisa menyebabkan kamu dehidrasi. Pilihlah air putih, teh herbal, atau minuman dengan kandungan elektrolit tinggi. 

Dengan hidrasi yang cukup, berbagai fungsi organ tubuh dapat bekerja dengan baik. Kamu juga tidak mudah lelah dan merasa lebih berenergi sepanjang hari. 

5. Mengonsumsi vitamin

Selain mendapatkan nutrisi dari makanan, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin daya tahan tubuh, mulai dari vitamin C, B1, B12, D3, hingga B kompleks. 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh selama puasa. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga