5 Tips Mudah Agar Hidup Lebih Hemat

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 07 Maret 2023
0 dilihat
5 Tips Mudah Agar Hidup Lebih Hemat
Kita penting mengetahui tips hidup hemat agar tergoda untuk membeli sesuatu di luar batas kemampuan finansial. Foto: Repro google.com

" Gaya hidup hemat ini dapat dicontohkan seorang ibu yang pergi berbelanja dengan membawa daftar belanja "

KENDARI, TELISIK.ID - Memilih hidup hemat bukan hal mudah, tapi juga butuh perencanaan. Maka perlu mengetahui tips agar hidup lebih hemat dalam sehari-hari.

Pada umumnya, dikutip dari sumber.belajar.kemdikbud.go.id, yang dimaksud dengan pola hidup hemat berarti gaya hidup yang tidak boros dan tidak berlebihan.

Gaya hidup hemat ini dapat dicontohkan seorang ibu yang pergi berbelanja dengan membawa daftar belanja, maka ia akan berbelanja sesuai dengan kebutuhan.

Dikutip dari mediaindonesia.com, dengan berhemat kita akan berpikir berulang kali sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli sesuatu.

Dengan mindsit hidup hemat ini, kita tidak akan tergoda untuk membeli sesuatu di luar batas kemampuan finansial. Olehnya itu, penting mengetahui tips hidup hemat ini.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips hidup hemat yang dapat kamu terapkan:

1. Hindari Berutang

Berbagai macam penawaran yang tersedia seperti kartu kredit tak jarang membuat para penggunanya menjadi boros hingga lupa diri.

Maka dari itu, menghindarkan diri dari utang merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan agar dapat terhindar dari beban finansial yang berlebih.

2. Menerapkan Gaya Hidup Minimalis

Tips hidup hemat yang pertama adalah dengan menerapkan gaya hidup minimalis. Secara garis besar, gaya hidup minimalis mengajarkan bahwa pembelian barang dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan tidak dilakukan secara berlebihan.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Mengelola Emosi Saat Marah

Selain itu, barang-barang yang kita beli pun harus benar-benar dibutuhkan dan bukan hanya karena keinginan semata.

3. Skala Prioritas

Tips hidup hemat lainnya yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan menentukan skala prioritas.

Membuat skala prioritas bermanfaat agar nantinya kamu bisa membedakan antara hal yang harus kamu dahulukan maupun hal yang bisa kamu tunda untuk sementara waktu.

4. Investasi

Tips hidup hemat yang kedua adalah dengan cara berinvestasi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa investasi merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan agar bisa memperoleh keuntungan di masa yang akan datang.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Rawat Buku agar Awet

Nantinya kamu bisa mulai berinvestasi dengan menyisihkan sebagian pendapatanmu. Kamu bisa mulai berinvestasi melalui berbagai macam aplikasi yang kini dapat diunduh secara gratis di smartphone.

5. Cashless

Cashless merupakan tips hidup hemat lainnya yang juga bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya membawa uang cash secara berlebihan bisa berpeluang pada sebuah pemborosan

Maka dari itu, untuk menghindari pemborosan tersebut lebih baik jika kamu membawa uang cash secukupnya.

Nah, itulah beberapa tips hidup hemat yang dapat Telisikers terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga