5 Tips Penuhi Asupan Nutrisi Anak saat Puasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 13 Maret 2024
0 dilihat
5 Tips Penuhi Asupan Nutrisi Anak saat Puasa
Orang tua perlu memastikan bahwa anak-anak mendapatkan makanan bergizi seimbang selama bulan Ramadan. Foto: Repro Freepik

" Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan membutuhkan asupan nutrisi yang mencukupi, terutama saat mereka menjalani ibadah puasa "

KENDARI, TELISIK.ID - Berpuasa di bulan Ramadan dilakukan oleh muslim yang sudah baliq, namun tidak ada salahnya bagi orang tua yang mau mengajarkan anaknya untuk melaksanakan puasa. Ketika ini dilakukan, maka asupan nutrisi anak harus diperhatikan selama bulan Ramadan.

Dikutip dari halodoc.com, anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan membutuhkan asupan nutrisi yang mencukupi, terutama saat mereka menjalani ibadah puasa.

Orang tua perlu memastikan bahwa anak-anak mendapatkan makanan bergizi seimbang selama bulan Ramadan.

Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk menyusun menu makanan yang kaya nutrisi baik untuk sahur maupun berbuka puasa.

Dengan memberikan asupan nutrisi yang tepat, anak-anak dapat lebih mudah menahan lapar, memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari, dan pertumbuhan serta perkembangannya dapat berlangsung secara optimal.

Baca Juga: Lakukan Cara Ini Agar Anak Semangat Jalani Puasa Pertama

Melansir alodokter.com, berikut beberapa tips yang bisa orang tua lakukan untuk memenuhi asupan nutrisi anak saat berpuasa:

1. Sajikan makanan yang mengandung serat dan karbohidrat, seperti gandum, beras merah, sayuran, dan buah-buahan, agar anak merasa kenyang lebih lama.

2. Sajikan makanan berprotein tinggi saat sahur, seperti daging tanpa lemak atau ikan, sebagai salah satu sumber energi penting bagi tubuhnya.

3. Pastikan anak minum air putih atau air mineral yang cukup untuk mencegah dehidrasi.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Atasi Rasa Kantuk Setelah Santap Sahur

4. Pastikan anak tidak mengonsumsi minuman bersoda dan tidak makan secara berlebihan saat sahur.

5. Hindari memberikan makanan dengan kadar gula tinggi, terlalu asin, pedas, dan goreng-gorengan ketika sahur agar tidak menimbulkan masalah pencernaan.

Nah, itulah beberapa tips ang bisa orang tua lakukan untuk memenuhi asupan nutrisi anak saat berpuasa. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga