5 Tips Sederhana Potong Bawang Agar Tak Menangis

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 21 Oktober 2022
0 dilihat
5 Tips Sederhana Potong Bawang Agar Tak Menangis
Ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan ketika akan mengupas ataupun memotong bawang. Foto: Repro Harianjogja.com

" Memotong bawang di bawah air mengalir ampuh mencegah penyebaran senyawa belerang yang terkandung dalam bawang agar tak mengenai mata "

KENDARI, TELISIK.ID - Kita mengenal bawang merah, bawang putih dan bawang bombai sebagai salah satu bumbu masak. Namun, satu hal unik yang membuat kita enggan mengupas ataupun memotong bawang adalah membuat mata terasa perih dan menangis.

Dilansir dari Brilio.net, mekanisme menangis yang selama ini terjadi adalah air mata yang keluar setiap kali menangis diproduksi oleh kelenjar, ternyata terangsang oleh suatu hal.

Pada kasus memotong bawang, kelenjar terangsang oleh sebuah zat dari bawang yang menguap ke udara mengenai mata. Zat itu bernama syn-propanethial-s-oksida. Zat kimia tersebut muncul ketika bawang mulai dipotong dan menguap kemudian merangsang kelenjar-kelenjar mata.

Berikut ini deretan tips potong bawang yang dilansir dari berbagai sumber, antara lain:

1. Memotong di bawah air mengalir

Baca Juga: 7 Cara Mudah Hilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Mengutip Kumparan.com, cara ini dipercaya ampuh mencegah penyebaran senyawa belerang yang terkandung dalam bawang agar tak mengenai mata. Namun sebelum mencobanya, pastikan kamu benar-benar berhati-hati ketika memotongnya, jangan sampai pisau tergelincir dan melukai jarimu akibat licin.

2. Dinginkan bawang

Menurut buku On Food and Cooking, The Science and Lore of the Kitchen karya Harold McGe, mendinginkan bawang merah sebelum dipotong dapat memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan saat bawang terpotong, sehingga mampu meminimalisir rasa perih pada mata. Kamu cukup menaruh bawang di dalam kulkas 15 menit sebelum digunakan.

3. Rendam ke dalam air es

Mengutip Cnnindonesia.com, rendam bawang utuh yang sudah dikupas ke dalam air es. Setelah beberapa saat, ambil bawang dari air es, kemudian iris seperti biasa.

Baca Juga: Mudah, Begini Cara Lihat Status Online di TikTok

4. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet saat memotong bawang mencegah air mata dengan memaksa kita untuk bernapas melalui mulut. Ini menyebabkan jumlah iritasi yang disebabkan bawang lebih kecil saat mencapai kalenjar air mata dan akan mengurangi produksi air mata.

5. Meletakkan garam

Dikutip dari Herosupermarket.co.id, meletakkan garam di dekat Anda saat memotong bawang merah juga menjadi cara mudah agar tidak menangis. Hal ini terjadi karena garam bisa menjadi penetral uap bawang sebelum mengenai mata. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga