5 Tips Simpan Pisang Agar Tak Cepat Busuk

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 02 Juni 2023
0 dilihat
5 Tips Simpan Pisang Agar Tak Cepat Busuk
Pisang menjadi salah satu buah yang cepat mengalami pembusukan jika tak dikonsumsi habis. Foto: Repro Brilio.net

" Pisang mulai matang segera setelah dipetik dari pohon karena gas etilen yang terlepas dari batangnya. Karena itu, butuh perlakuan khusus untuk membuat pematangan pisang lebih lambat "

KENDARI, TELISIK.ID - Pisang jadi salah satu buah favorit yang banyak dikonsumsi. Buah yang satu ini cepat sekali matang dan busuk jika tak langsung dimakan habis. Tapi ada beberapa cara yang bisa memperlambat pembusukan pisang.

Dilansir dari Lifestyle.okezone.com dan Akurat.co, berikut ini adalah 6 cara agar pisang tahan lama dan tak mudah busuk, yang dapat kamu coba di rumah.

1. Bungkus Batang Pisang dengan Bungkus Plastik

Bungkus bagian batang pisang dengan plastik wrap, atau aumunium foil untuk memperlambat proses pematangan. Hal itu dikarenakan, pisang mulai matang segera setelah dipetik dari pohon karena gas etilen yang terlepas dari batangnya.

Baca Juga: 5 Tips Dapat Modal untuk Bisnis

Namun, untuk hasil terbaik, pisahkan pisang dan bungkus batangnya satu per satu.

2. Bekukan Pisang

Membekukan pisang, jadi salah satu cara termudah untuk menjaganya tetap awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang. Untuk memudahkan penyajian pisang yang dibekukan, kamu juga bisa memotong-motong pisang yang telah dikupas kemudian dimasukkan ke dalam kantong.

3. Gantung Pisang

Ternyata ada alasan ilmiah mengapa kamu harus menggantung pisang di pengait. Jika kamu menggantung pisang di pengait, gas etilen bekerja lebih lambat.

4. Jangan Menyimpan Pisang dengan Buah lain

Baca Juga: Tips Bikin Muka Awet Muda Murah Meriah, Cuma Pakai Bahan Ini

Pisang menghasilkan gas etilen secara alami, yang mempercepat pematangan buah-buahan lain di sekitarnya. Oleh karena itu, sebaiknya pisang disimpan terpisah dari buah-buahan lain untuk mencegah pembusukan mereka.

5. Masukkan Pisang Matang ke dalam Kulkas

Saat pisang sudah matang kamu bisa lho menyimpan pisang di dalam lemari pendingin yang mana suhu dingin akan mencegahnya matang lebih lanjut (setidaknya untuk beberapa hari). (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga