5 Tips Sukses Ala Mark Zuckerberg

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 14 Agustus 2022
0 dilihat
5 Tips Sukses Ala Mark Zuckerberg
CEO Facebook, Mark Zuckerberg dikenal sebagai sosok yang menginspirasi. Foto: Repro google.com

" Majalah Forbes menyebutkan, kekayaan Mark Zackerberg mencapai US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 13,5 triliun di awal masuknya Facebook ke pasar saham "

KENDARI, TELISIK.ID - Siapa yang tidak kenal dengan Mark Zuckerberg? Rasanya tidak ada, karena dia adalah pemilik dari media sosial ternama yakni Facebook.

Melansir dari katadata.co.id, sejak kemunculannya pada 2004, Facebook menjadi salah satu media sosial terbesar di dunia dan hingga saat ini. Bahkan telah digunakan oleh lebih dari 2,8 miliar user di seluruh dunia.

Facebook sebagai media sosial ini diciptakan oleh Mark Zuckerberg, yang memulainya dari sebuah kode komputer di kamar asrama Universitas Harvard.

Melesatnya bisnis Facebook membuat Mark menampuk kekayaan yang luar biasa. Majalah Forbes menyebutkan, kekayaan Mark Zackerberg mencapai US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 13,5 triliun di awal masuknya Facebook ke pasar saham.

Pencapaian tersebut sangat fantastis, terutama karena usia Mark sendiri yang masih sangat muda. Maka wajar jika Mark dinobatkan sebagai The Youngest `Self-made’ Billionaire on the Planet.

Lantas apa saja hal yang menjadi prinsip hidup Mark Zuckerberg hingga mampu membawanya pada kesuksesan?

Dilansir Suara.com dari Times of Indian, berikut 4 hal yang bisa kita tiru dari Mark Zuckerberg:

Baca Juga: 5 Aturan Tak Wajar di Korea Utara, Apa Saja?

1. Luangkan Waktu untuk Berpikir

Bila memang menginginkan sesuatu, terus pikirkanlah hal tersebut. Pikirkan bagaimana bentuknya, cara mendapatkannya, apa yang harus dilakukan, efek apa yang ditimbulkan, dan semacamnya.

Kebiasaan positif ini akan membantu mengasah pikiran dan mengurangi risiko yang ada.

2. Feedback adalah Hal yang Baik

Jangan takut menerima masukan dari orang lain. Hal ini berguna terutama bila hendak membuat sesuatu yang berkaitan dengan publik.

Zuckenberg bahkan sering membuat sesi khusus untuk mengevaluasi kinerja dan mencari masukan dari rekan kerjanya.

3. Kesalahan Itu Wajar

Jangan takut untuk membuat kesalahan. Dalam mengerjakan dan mempelajari sesuatu, salah adalah hal yang wajar. Namun, jangan berleha-leha menghadapinya. Segera perbaiki hal tersebut.

Baca Juga: Arab Saudi Kini Izinkan Pemegang Semua Jenis Visa Bisa Umroh

Begitulah yang dilakukan Zuckenberg saat baru memulai membangun Facebook. Berbagai uji coba dilakukannya hingga kegagalan pun sudah sering dialami, namun ia tidak pernah berhenti untuk terus mencoba untuk mencapai target hidupnya.

4. Pantang Menyerah

Terkadang beberapa hal memang tidak bisa berjalan sesuai rencana. Pada saat seperti itu, kesabaran adalah kunci.

Kerja keras dan kesuksesan tidak muncul dalam satu waktu. Pun bila ia tak bersabar kala itu, belum tentu Facebook akan sebesar ini.

Prinsip tidak mudah menyerah telah terlihat dari diri Zuckenberg hingga kini berhasil membangun kerajaan bisnis digitalnya. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga