5 Tips Sukses jadi YouTuber ala Ria Ricis

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 11 Mei 2024
0 dilihat
5 Tips Sukses jadi YouTuber ala Ria Ricis
Ria Ricis termasuk YouTuber sukses asal Indonesia yang memiliki pengikut di YouTube dengan jumlah fantastis. Foto: Repro google.com

" Ria Ricis yang mulai menapaki dunia media sosial sejak tahun 2016, pernah dijuluki sebagai Ratu YouTube Indonesia karena memiliki jumlah subscriber yang sangat tinggi "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu keinginan generasi milenial dan Gen Z saat ini adalah menjadi YouTuber. Untuk mewujudkannya, Ria Ricis berbagi tips sukses jadi seorang YouTuber.

Dari pantauan Telisik.id, Ria Ricis yang termasuk YouTuber sukses asal Indonesia ini memiliki jumlah pengikut di YouTube fantastis. Dari kanal YouTube Ria Ricis, @RicisOfficial1795, terdapat 45,2 juta subscribers dengan 4,2 ribu video diupload, Sabtu (11/5/2024).

Ria Ricis yang mulai menapaki dunia media sosial sejak tahun 2016, pernah dijuluki sebagai Ratu YouTube Indonesia karena memiliki jumlah subscriber yang sangat tinggi.

Pada 2020, dikutip dari idntimes.com, ia pun menjadi YouTuber perempuan pertama se-Asia Tenggara yang memperoleh 11 juta subscriber.

Setiap hari perempuan bernama lengkap Ria Yunita ini membuat konten kesehariannya. Dimana ia mengunggah konten YouTube bertema jahil, atraktif, lucu, dan imut. Terkadang, ibu satu putri ini membagikan aktivitas kehidupan keluarganya di media sosial.

Melansir kartinimedia.id dari detik.com, berikut lima tips dari Ria Ricis jika ingin mencoba atau merintis karier sebagai konten kreator:

- Harus Punya Niat

Tips sukses pertama menjadi kreator konten, termasuk YouTuber yang pertama adalah harus mempunyai niat, bukan sekedar ikut-ikutan.

Baca Juga: Metode Biar Kelihatan Cerdas Tanpa Banyak Bicara

"Tips yang pertama itu harus punya niat dari diri sendiri. Jangan ikut-ikutan lagi happening-nya atau ikut nimbrung, biasanya kalau ikut-ikutan doang itu nggak bakalan bertahan lama. Karena modal ikut-ikutan doang bukan dari keinginan," ungkap Ria Ricis di sela-sela menjadi juri di Emeron Hijab Hunt 2023.

- Konsisten

Tips kedua sukses kedua adalah konsistensi membuat konten akan membuat seseorang semakin dikenal.

"Harus konsisten kalau modal utamanya dari diri sendiri itu biasanya akan konsisten membuat konten. Tapi kalau modalnya cuma ikut-ikutan aja, nggak bakalan konsisten," jelasnya.

Mantan istri Teuku Rushariandi itu menjelaskan, konsisten membuat konten penting karena di media sosial persaingannya ketat. Setiap hari bermunculan konten kreator kreatif dan unik.

- Mental yang Kuat

Tips sukses ketiga adalah harus tahan banting, memiliki mental baja.

"Karena kalau Anda sudah mempresentasikan diri di media sosial, ada pro dan kontra dan nggak mungkin semuanya suka jadi Anda harus membiasakan diri untuk tahan banting," jelas Ria Ricis.

- Hindari Clickbait

Tips sukses keempat adalah hindari membuat video dengan judul clickbait. Sebab clickbait bisa memengaruhi kepercayaan penonton.

Baca Juga: 4 Tips Agar Pasangan Tidak Mudah Selingkuh

"Kalau bikin konten menurut aku hindari clickbait sebisa mungkin. Tapi memang ada beberapa konten yang memang membutuhkan karena beberapa media banyak yang kayak gitu. Karena kalau sudah clickbait sekali yang dikhawatirkan adalah menggangu kepercayaan penonton, takutnya ke depannya penonton itu tidak percaya lagi. Itu yang kita susah bangun kan kepercayaan orang ya? Pakai clickbait itu kalau sudah kepepet banget, baru boleh pakai deh," tutur Ricis.

- Reaksi Ketika Dapat Hate Speech

Terakhir, tips sukses menjadi konten kreator atau YouTuber adalah memberikan reaksi saat mendapatkan hate speech.

"Biasanya jika mendapatkan hate speech jangan ditanggapin. Yang penting lakukan hal-hal yang menurut Anda positif. Cari dan lakukan apapun yang bisa membuat Anda upgrade ke yang lebih baik lagi. Jadi fokusnya nggak ke orang-orang yang membenci Anda," saran Ricis.

Nah, itulah beberapa tips dari Ria Ricis untuk menjadi YouTuber sukses. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga