50 Hektare Hutan dan Lahan di Wesalo Alami Kebakaran

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 31 Oktober 2023
0 dilihat
50 Hektare Hutan dan Lahan di Wesalo Alami Kebakaran
Tim Reaksi Cepat BPBD Kolaka Timur saat melakukan pemadaman api. Foto: Ist.

" 50 hektare hutan dan lahan di Desa Wesalo, Kecamatan Lalolae, Kolaka Timur, mengalami kebakaran sejak Minggu (29/10/2023) lalu "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - 50 hektare hutan dan lahan di Desa Wesalo, Kecamatan Lalolae, Kolaka Timur, mengalami kebakaran sejak Minggu (29/10/2023) lalu.

Memasuki hari ketiga kebakaran hutan dan lahan atau karhutla yang melanda Desa Wesalo Kecamatan Lalolae, sejumlah pihak bersatu berusaha memadamkan api tersebut.

Komandan regu Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kolaka Timur, Darusalam menyebut, selain TRC BPBD Kolaka Timur, pihak Polsek Lalolae, TNI, Dinas Sosial dan Manggala Agni, sejak pagi bersama-sama turun ke lokasi lahan gambut yang terbakar guna memadamkan api tersebut.

Meski demikian, Darussalam mengakui kondisi medan dan sumber air yang sangat sulit, menyebabkan proses pemadaman mengalami kendala. Namun, seluruh tim yang terlibat terus berupaya agar kebakaran ini segera diatasi.

Baca Juga: Lahan Kosong di Jalan BayPass Kota Kendari Terbakar Hebat

Ia mengatakan, pada hari ketiga kejadian karhutla ini, si jago merah sudah melalap kurang lebih 50 Ha lahan.

Sementara itu Kabid Penanganan Darurat BPBD Kolaka Timur Rizaldi Sose menjelaskan, pihaknya masih melakukan tindaklanjut penanganan kebakaran ini melalui penyemprotan.

Baca Juga: Sepanjang Musim Kemarau Puluhan Laporan Kebakaran Lahan di Kota Kendari

"Peralatan yang efektif  kami gunakan di lokasi hanya alkon karena ada kantong-kantong air yang bisa kami pakai sebagai sumber air," ujar Rizal.

Untuk sementara, sebutnya, penyebab kebakaran hutan dan lahan ini belum diketahui pasti apa penyebabnya. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga