adplus-dvertising

52 Calon Jamaah Asal Wakatobi Gagal Berangkat Haji Tahun Ini

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Jumat, 27 Mei 2022
842 dilihat
52 Calon Jamaah Asal Wakatobi Gagal Berangkat Haji Tahun Ini
Sebanyak 52 jamaah haji asal Kabupaten Wakatobi batal lagi diberangkatkan tahun 2022 ini. Foto: Ist

" Setelah tertunda 2 tahun akibat pandemi COVID-19, sebanyak 52 jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Wakatobi kembali tertunda keberangkatannya di tahun 2022 ini untuk ke tiga tahun "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Setelah tertunda 2 tahun akibat  pandemi COVID-19, sebanyak 52 jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Wakatobi kembali tertunda keberangkatannya di tahun 2022 ini untuk ke tiga tahun.

Penundaan keberangkatan puluhan JCH pada tahun ketiga ini disebabkan, imbas dari pengurangan kuota dan usia dari Pemerintah Arab Saudi.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Wakatobi, La Ode Husnan Karya mengungkapkan, aturan Kementerian Agama RI mengenai  pembatasan kuota dan usia. Maka dari 86 jamaah tunggu tahun 2020 hanya 33 yang siap diberangkatkan tahun ini.


“Ada yang menunda, tidak berangkat karena usia, Seperti di Pulau Kaledupa JCH 1 karena usianya lebih dari 56 per 30 Juni, Sementara di Pulau Tomia JCH ada 3 yang menunda karena usia, tapi kemudian ada mahrom suaminya atau istrinya  jadi ikutlah untuk menunda,” ungkap La Ode Husnan Karya, Jumat (27/6/2022).

Baca Juga: Pemda Konawe Sasar 58.357 Anak pada Imunisasi BIAN Tahun 2022

Dirinya menyebut, dari 52 calon jamaah haji yang tertunda keberangkatannya akan diprioritaskan untuk diberangkatkan pada tahun 2023.

"Alhamdulliah, para jamaah yang belum berangkat menerima dengan ikhlas. Sewaktu pembatalan berangkat pun tidak ada yang menarik uangnya,” jelasnya.

Baca Juga: Buya Syafii Maarif Wafat, Gubernur Khofifah Ajak Warga Jawa Timur Salat Ghaib

Katanya, di tengah-tengah persiapan keberangkatan di tahun 2020-2021 jika ada yang meninggal dunia, maka ahli waris menggantikan.

Dijelaskannya, sebanyak 33 CJH Wakatobi  ini yang siap diberangkatkan pada 22 atau 23 Juli 2022. Terdiri dari masing-masing kecamatan di Wakatobi, di antaranya Kecamatan Tomia Timur 11 orang, dan Kecamatan Binongko 2 orang. Kecamatan Wangiwangi 10 orang, Kecamatan Wangiwangi Selatan 7 orang, Kecamatan Kaledupa 3 orang, Sementar untuk kecamatan yan tidak memiliki jemaaah yaitu kecamatan Tomia Induk, Togo Binongko serta Kaledupa Selatan. (C)

Penulis: Boy Candra Ferniawan

Editor: Kardin

Baca Juga