57 Calon Taruna Akpol Polda Sultra Tes CAT, Simak Standar Nilai Diterapkan untuk Lolos

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 08 Mei 2024
0 dilihat
57 Calon Taruna Akpol Polda Sultra Tes CAT, Simak Standar Nilai Diterapkan untuk Lolos
Calon Taruna Polda Sultra, saat mengikuti seleksi di SMK Negeri 1 Kendari. Foto: Ist.

" "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 57 Calon Taruna/i Akpol Panda Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti tes Computer Assisted Test (CAT) Psikologi di SMK Negeri 1 Kendari, Rabu (8/5/2024).

57 peserta ini terdiri dari 52 laki-laki dan 5 perempuan. Guna mencegah terjadinya upaya kecurangan, seluruh peserta diperiksa dan dijaga dengan ketat oleh panitia, pengawas internal maupun eksternal sebelum memasuki ruangan dan saat tes berlangsung.

Karo SDM Polda Sultra Kombes Pol Danang Beny melalui Kabag Dalpers AKBP Saminata, menegaskan bahwa penerimaan anggota Polri berpedoman pada prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis atau (BETAH).

Baca Juga: Sasaran Operasi Pekat Anoa 2024 Polda Sulawesi Tenggara, Intai Peredaran Gelap Narkoba, Prostitusi hingga Premanisme

"Kami berkomitmen dalam penerimaan anggota Polri menerapkan prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis," tegas AKBP Saminata, dalam keterangan tertulisnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, tes psikologi merupakan serangkaian tes yang dilakukan untuk mengukur aspek individu secara psikis para calon Polri. Tujuannya untuk mengukur berbagai kemampuan, mental, emosi, dan unsur psikis lainnya.

"Setelah mengikuti tes, hasilnya langsung ketahuan yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat," jelas AKBP Saminata.

Polisi berpangkat dua bunga melati emas ini menyebutkan, nilai minimal untuk memenuhi syarat yakni 61.

Baca Juga: Biro SDM Polda Sultra Assessment Center Jabatan Kapolsek 2024

"Hasil tes hari ini 8 peserta laki-laki dinyatakan tidak memenuhi syarat," ungkap AKBP Saminata.

"Jadi yang mendapatkan nilai 61 ke atas otomatis akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya yaitu tes akademik," tambahnya.

Sebagai informasi, 57 peserta ini sebelumnya telah mengikuti pemeriksaan kesehatan tahap awal di Aula Dharana Lastarya, pada Sabtu 20 April 2024 lalu. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga