580 DPR dan 152 Anggota DPD RI Terpilih Bakal Dilantik Hari Ini

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Selasa, 01 Oktober 2024
0 dilihat
580 DPR dan 152 Anggota DPD RI Terpilih Bakal Dilantik Hari Ini
Acara pelantikan para legislator dan senator terpilih di Pemilu 2024, bakal dilangsungkan hari ini. Foto: Repro putranababan.com

" Sebanyak 580 Anggota DPR RI dan 152 Anggota DPD RI yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 2024 bakal dilantik di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (1/10/2024) "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sebanyak 580 Anggota DPR RI dan 152 Anggota DPD RI yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 2024 bakal dilantik di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Acara pelantikan ini menjadi langkah awal bagi para legislator untuk menjalankan tugasnya selama periode 2024-2029.

Pelantikan akan berlangsung di Ruang Paripurna Gedung Nusantara, simbol parlemen Indonesia yang megah. Gedung ini dikenal sebagai Gedung Kura-Kura, sebuah landmark yang mencerminkan kedaulatan dan demokrasi di tanah air.

Menurut jadwal, acara akan dimulai pukul 09.20 WIB dengan pengumuman oleh Ketua KPU RI mengenai anggota tertua dan termuda di DPR dan DPD, seperti dikutip dari Antara.

Setelah itu, Sekretaris Jenderal masing-masing lembaga akan mengumumkan pimpinan sementara yang diisi oleh anggota tertua dan termuda tersebut.

Baca Juga: Kedua Terbanyak tapi Tak Lolos Senayan, Ini Prediksi 6 Anggota DPR RI Dapil Sulawesi Tenggara

Salah satu momen puncak dalam pelantikan ini adalah pengucapan sumpah atau janji jabatan. Ketua Mahkamah Agung akan memandu prosesi sakral ini, di mana para anggota DPR dan DPD akan mengikrarkan komitmen mereka untuk mengabdi kepada negara.

Kehadiran Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga memberikan nuansa khusus pada acara tersebut.

Setelah pengucapan janji, acara akan dilanjutkan dengan penyerahan memori dari pimpinan DPR RI lama kepada pimpinan sementara. Hal serupa juga akan dilakukan oleh DPD RI dan MPR RI.

Baca Juga: Ini Perolehan Terbanyak Suara DPR RI dan DPRD Provinsi di Muna Barat

Penting untuk dicatat bahwa jumlah Anggota DPR RI yang terpilih mengalami peningkatan dari 575 menjadi 580. Kenaikan ini terjadi akibat pemekaran provinsi di daerah Papua.

Sementara itu, partai politik yang berhasil mendapatkan kursi di DPR RI juga mengalami penurunan. Sebelumnya, ada sembilan partai, kini tersisa delapan partai, yaitu PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, Partai Nasdem, PKS, Partai Demokrat, dan PAN.

Demikian pula, jumlah Anggota DPD RI juga meningkat dari 136 menjadi 152 akibat pemekaran provinsi yang sama. Dengan demikian, total anggota legislatif yang dilantik hari ini mencapai 732 orang. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga