6 Cara Alami Usir Lalat di Rumah, Dijamin Ampuh

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 01 November 2022
0 dilihat
6 Cara Alami Usir Lalat di Rumah, Dijamin Ampuh
Banyak cara mengusir lalat dari rumah agar tidak menghinggapi makanan, salah satunya dengan cara alami. Foto: Repro iStockphoto

" Lalat menjadi salah satu hewan yang seringkali berkeliaran dalam rumah, khususnya menghadapi makanan yang tersaji di meja "

KENDARI, TELISIK.ID - Lalat menjadi salah satu hewan yang seringkali berkeliaran dalam rumah, khususnya menghadapi makanan yang tersaji di meja.

Selain menggunakan obat anti serangga yang dijual di pasaran, ternyata ada cara alami yang ampuh untuk mengusir lalat. 

Melansir cnnindonesia.com dan cnbcindonesia.com, berikut beberapa cara mengusir lalat secara alami terutama yang gemar hinggap di makanan:

1. Cuka dan sabun cuci piring

Cara mudah mengusir lalat adalah dengan menjebak mereka. Anda bisa menggunakan campuran cuka apel dan sabun cuci piring.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Menjaga Hubungan Suami Istri Tetap Harmonis

Melansir Healthline, caranya adalah dengan mencampur cuka dan sabun cuci piring ke dalam gelas tinggi. Tutup gelas tersebut dengan plastik.

Buatlah beberapa lubang di atasnya. Lalat akan tertarik pada cuka di dalam gelas dan akan terbang melalui lubang-lubang tersebut.

2. Cabai rawit dan air

Cabai rawit dapat membantu mengusir lalat rumah. Campurkan cabai dengan air dan semprotkan di sekitar rumah untuk mencegah lalat masuk.

3. Tanaman herbal dan bunga

Ada banyak tumbuhan yang dibenci lalat. Beberapa tanaman itu, sebagaimana dilansir berbagai sumber misalnya daun salam, basil lavender, marigold atau cocok botol hingga daun mint.

Tumbuhan-tumbuhan tersebut memiliki aroma yang dibenci lalat. Anda bisa menanamnya di pekarangan rumah atau dibawa ke dalam.

4. Perangkap botol soda

Tuangkan cairan manis ke dalam botol soda plastik kosong yang sudah dibersihkan dan dipotong setengahnya. Cairan manis itu bisa berupa air gula. Tuang hingga sepertiga botol.

Tutup dengan bagian atas botol yang tadi dipotong dengan bentuk segitiga terbalik. Lalat akan berusaha masuk ke dalam botol penuh cairan dan tak bisa keluar lagi.

5. Lavender

Tanaman lavender ternyata tidak hanya dapat mengusir nyamuk, melainkan juga lalat. Aroma lavender tidak disukai lalat. Untuk mengusir lalat, Anda bisa menanam tanaman lavender atau menyimpan beberapa tangkai bunga lavender di luar ataupun dalam rumah. Selain dapat menghilangkan lalat dan nyamuk, tanaman ini juga pastinya akan membuat halaman rumahmu terlihat lebih cantik.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih

6. Garam

Selain dapat digunakan untuk memasak, garam juga dapat digunakan untuk mengsurir lalat dengan cepat.

Cara menghilangkan lalat dengan garam sangatlah mudah. Kamu cukup menaburkannya pada area yang sering dihinggapi lalat. Selain itu, semut juga ternyata bisa hilang dengan cara ini.

Nah, itulah beberapa cara yang mudah dilakukan untuk mengusir lalat di rumah. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga