6 Cara Ampun Atasi Kulit Kering dengan Bahan Alami

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 01 Mei 2024
0 dilihat
6 Cara Ampun Atasi Kulit Kering dengan Bahan Alami
Sejumlah bahan alami dapat dimanfaatkan untuk mencegah kulit kering. Foto: Repro google.com

" Kulit kering menjadi salah satu kulit yang seringkali dialami. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi, diantaranya dengan bahan alami tertentu "

KENDARI, TELISIK.ID - Kulit kering menjadi salah satu kulit yang seringkali dialami. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi, diantaranya dengan bahan alami tertentu.

Pada umumnya, dikutip dari siloamhospitals.com, kulit kering sering kali dianggap mengganggu penampilan seseorang. Ciri-ciri kulit kering di antaranya permukaan kulit terasa kasar, berisik, gatal, mengelupas, serta mudah teriritasi, sehingga cenderung membuat kulit tampak tidak sehat.

Ada beberapa penyebab kulit kering, di antaranya terpapar udara panas kering atau dingin, mandi air panas terlalu lama, sehingga menghilangkan minyak alami kulit, menggosok kulit terlalu keras.

Kemudian juga terkena paparan zat kimia keras pada kulit, biasanya berasal dari produk perawatan kulit, seperti sabun mandi. Termasuk juga menggunakan obat-obatan tertentu, misalnya salep jerawat yang menyebabkan kulit kering dan mengelupas.

Namun jangan khawatir, karena ada berbagai cara mengatasi kulit kering yang dapat dicoba untuk membuat kulit menjadi lebih lembut, khusus dengan memanfaatkan bahan alami.

Baca Juga: 6 Tips Aman Main Gadget Bagi Mata Anak

Melansir kemkes.co.id, berikut beberapa bahan alami untuk mengatasi kulit kering:

1. Minyak zaitun

Bahan alami pertama yang dapat mengatasi kulit kering adalah minyak zaitun. Minyak ini bisa dimanfaatkan karena mengandung banyak antioksidan dan asam lemak yang baik untuk kulit.

Minyak zaitun memberikan efek tenang bisa mengatasi kulit kering di seluruh tubuh Anda.

Adapun cara menggunakannya adalah dengan oleskan sedikit minyak zaitun sebelum menggunakan pelembap yang biasa Anda pakai. Untuk tubuh, pakai minyak zaitun pada bagian yang kering sekitar setengah jam sebelum mandi.

2. Madu

Bahan alami kedua yang dapat mengatasi kulit kering adalah madu. Madu bisa dimanfaatkan karena bahan alami ini dianggap sebagai salah satu pelembap alami terbaik yang mengandung antioksidan, anti mikroba, serta, membantu mengunci kelembapan dalam kulit sehingga terlihat lebih halus dan lembut.

Selain lagi, madu juga memiliki banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Adapun cara menggunakannya cukup mudah. Yakni dengan oleskan madu ke seluruh tubuh atau wajah dan biarkan selama 5 hingga 10 menit sebelum mandi. Hal ini harus diulangi setiap hari dan nikmati kulit yang lembap.

3. Mentimun

Bahan alami ketiga yang dapat membantu mengatasi kulit kering adalah  mentimun. Diketahui z bahan alami ini mengandung 95 persen air sehingga dapat dimanfaatkan untuk melembapkan kulit.

Untuk mendapatkan khasiat mentimun, bisa membuat masker wajah ataupun body scrub alami. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan mentimun hingga berbentuk seperti pasta kemudian balurkan ke seluruh permukaan kulit.

4. Minyak kelapa

Bahan alami ketiga yang dapat membantu mengatasi kulit kering adalah minyak kelapa. Selain bertindak sebagai emolien alami, minyak kelapa juga dapat membantu meningkatkan tingkat hidrasi kulit .

Dengan kandungan yang dimiliki, minyak kelapa dapat mencegah kulit mengelupas lebih jauh dan juga dapat mengobati kulit bersisik.

Untuk bisa mendapatkan manfaat dari bahan alami ini, dapat dilakukan dengan cara menghangatkan satu sendok makan minyak kelapa, kemudian gosokkan minyak di antara telapak tangan dan oleskan dengan lembut ke seluruh wajah atau ke area lain yang terkena. Lakukan ini dua kali sehari untuk hasil terbaik.

5. Lidah buaya

Bahan alami kelima adalah lidah buaya yang juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kulit kering. Dengan  kandungan antiseptik, antifungal, dan sensasi sejuk, gel lidah buaya tidak hanya membantu mengatasi kulit kering, tapi juga dapat gatal iritasi dan mencegah kulit pecah-pecah.

Caranya pun cukup mudah, yakni dengan sediakan gel lidah buaya asli, ini sudah bisa menjadi treatment alami harian yang akan melembapkan kulit membuat lapisan perlindungan alami kulit dari kotoran.

Cara menggunakannya dengan potong dan belah lidah buaya segar dan keluarkan gelnya. Kemudian oleskan gelnya ke kulit kering Anda. Biarkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, baru bilas dengan air hangat dan lakukan 2 kali sehari.

Baca Juga: 8 Tips Cara Minum Kopi yang Lebih Sehat

6. Campuran yogurt dan telur

Cara mengatasi kulit kering secara alami selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kandungan protein dan lemak baik dalam telur maupun yogurt.

Dimana kombinasi kandungan keduanya juga membantu menyehatkan dan melindungi kulit dengan mencegah kerusakan sel kulit akibat paparan radikal bebas dari polusi udara.

Untuk membuatnya, gunakan yogurt murni tanpa tambahan gula dan perasa. Cara mengatasi kulit kering secara alami dengan yoghurt dan telur adalah, ambil beberapa sendok yoghurt dan campurkan telur ke dalamnya.

Kemudian oleskan campuran ini langsung ke kulit dan pijat perlahan sampai meresap sempurna. Biarkan hingga kurang lebih 10 menit sebelum dibersihkan. Usahakan untuk membilasnya dengan air hangat sampai bersih.

Nah, itulah beberapa cara ampuh yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit kering dengan memanfaatkan bahan alami di atas. Semoga bermanfaat.

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga