adplus-dvertising

6 Cara Atasi HP Panas saat Bermain Game

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 02 Agustus 2022
746 dilihat
6 Cara Atasi HP Panas saat Bermain Game
Salah satu yang paling disenangi dari HP adalah kesempatan untuk bermain bermacam game. Namun terkadang ada satu hal yang sering kita sepelekan, yaitu HP menjadi cepat panas. Foto: Repro Teknologi.id

" Ada beberapa cara untuk mengatasi HP cepat panas ketika bermain game "

KENDARI, TELISIK.ID - Smartphone menjadi salah satu benda paling diminati saat ini. Selain dapat digunakan sebagai alat komunikasi, smartphone juga memiliki banyak kegunaan lainnya, termasuk salah satunya untuk bermain game.

Namun, tak semua smartphone atau handphone kuat digunakan untuk bermain game. Terkadang ada satu hal yang sering kita sepelekan, yaitu HP menjadi cepat panas, hal ini tentu membuat kenyamanan bermain game menjadi terganggu.

Mengutip dari Pricebook.co.id, salah satu penyebab HP panas saat bermain game adalah karena hardware harus bekerja keras menjalankan game yang kamu mainkan.


Ketika bermain game berat, HP akan bekerja cukup keras untuk memproses tampilan gambar game tersebut. Akibatnya, konsumsi baterai menjadi lebih cepat dan suhu di dalam HP menjadi cepat meningkat.

Hal tersebut merupakan faktor internal yang menyebabkan HP cepat panas. Selain itu, masih ada beberapa faktor lainnya, termasuk faktor eksternal, yang perlu kamu perhatikan.

Terlepas dari semua itu, ada beberapa cara untuk mengatasi HP cepat panas ketika bermain game. Cara-cara berikut ini telah dicoba dan memang terbukti dapat mengurangi panas pada baterai HP.

1. Pilih phone case yang tahan panas

Dikutip dari Liputan6.com, casing atau phone case, tidak cuma berguna untuk menjaga ponsel dari benturan atau kotor saat terjatuh. Aksesoris semacam ini juga membantu mengurangi pemanasan yang berlebihan.

Baca Juga: Dikabarkan Akan Meluncur di Indonesia, Ini Bocoran Spesifikasi Oppo Reno 8 5G

Maka dari itu, pilihlah casing smartphone yang membantu menahan keluaran panas maksimal dari perangkat pada saat kamu bermain game.

2. Ubah pengaturan perangkat

Pengaturan perangkat pun juga berdampak pada operasional, kinerja, dan suhu perangkat.

Sehingga, pertimbangkan untuk menurunkan kecerahan layar atau menyesuaikan pengaturan grafis, saat memainkan game-game berat di ponsel. Ini tak cuma membuat gameplay semakin baik, tapi juga membuat perangkat tak terlalu panas. 

3. Tutup aplikasi tak terpakai

Tutuplah aplikasi yang tidak terpakai, khususnya yang sudah digunakan dalam waktu lama, untuk membuat ponsel pintarmu berada di kinerja yang paling baik dan mencegah pemanasan.

Menghapus file-file yang tidak dibutuhkan juga dapat membantu ponselmu dari panas yang berlebihan.

4. Hindari sinar matahari secara langsung

Sinar matahari yang langsung terpapar pada perangkat akan membuatnya menjadi lebih panas, menurunkan kinerja, dan berpotensi merusak komponennya.

Sehingga, disarankan untuk mencari tempat yang teduh apabila kamu ingin bermain game dengan smartphone, dan hindari paparan sinar matahari secara langsung.

5. Beri jeda di saat bermain dalam waktu lama

Bermain dalam waktu lama tentu saja dapat membuat smartphone jadi panas dan mempengaruhi kinerjanya. Untuk itu, berikan jeda setelah durasi bermain yang lama, dan bermainlah dalam waktu sewajarnya.

Baca Juga: Pelajar Perlu Tahu, Ini Cara Mudah Kerja Tugas Pakai Rumus Shortcut di Ms Word

Selain untuk menjaga smartphone dalam kinerja yang baik, hal ini juga bagus untuk kesehatan dirimu sendiri. Istirahatkan diri sejenak setelah lama bermain dengan mengisi perut atau minum.

6. Kurangi tingkat kecerahan

Pemakaian HP dengan settingan kecerahan layar tinggi bisa menjadi salah satu alasan yang membuat smartphone kamu menjadi cepat panas. Karena itu, jika kamu ingin main game, ubah settingan tingkat kecerahan menjadi berada di level rendah.

Selain membuat HP bekerja lebih ringan. Menurunkan tingkat kecerahan juga akan membantu menjaga kesehatan mata kamu agar tidak terlalu banyak terkena radiasi yang ditimbulkan oleh kecerahan smartphone. serta membuat konsumsi baterai menjadi lebih hemat. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga