6 Cara Mudah Menghilangkan Pegal-pegal di Seluruh Tubuh, Bisa Dicoba

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 26 November 2022
0 dilihat
6 Cara Mudah Menghilangkan Pegal-pegal di Seluruh Tubuh, Bisa Dicoba
Rasa pegal dan nyeri otot ini biasanya terjadi karena adanya gangguan pada sendi atau jaringan di sekitarnya, seperti tendon, ligamen, tulang dan otot. Foto: Repro google.com

" Salah satu kondisi tubuh kurang fit yang seringkali dialami setiap orang, khususnya orang dewasa adalah pegal dan nyeri otot. Hal ini cukup menghambat produktivitas, sehingga penting untuk mengetahui cara mengatasinya "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kondisi tubuh kurang fit yang seringkali dialami setiap orang, khususnya orang dewasa adalah pegal dan nyeri otot. Hal ini cukup menghambat produktivitas, sehingga penting untuk mengetahui cara mengatasinya.

Dikutip dari alodokter.com, pegal dan nyeri otot merupakan keluhan pada sendi atau otot, yang hampir semua orang pernah merasakannya. Keluhan ini berupa rasa tidak nyaman atau nyeri yang biasanya timbul di bahu, punggung, lengan, lutut dan pergelangan kaki.

Rasa pegal dan nyeri otot ini biasanya terjadi karena adanya gangguan pada sendi atau jaringan di sekitarnya, seperti tendon, ligamen, tulang, dan otot. Tingkat keparahan pegal dan nyeri otot bisa berbeda-beda, mulai dari ringan, sedang, hingga parah.

Kondisi ini jelas cukup menghambar produktivitas sehari-hari, makanya penting untuk mengetahui cara mengatasi pegal-pegal yang terasa di seluruh tubuh.

Baca Juga: 5 Cara Jitu agar Konsisten Menulis Setiap Hari

Melansir Kompas.com dari berbagai sumber, berikut beberapa cara menghilangkan pegal-pegal di seluruh tubuh yang Telisikers bisa coba:

1. Cukup istirahat

Beristirahat dengan cukup bisa memberikan waktu bagi tubuh untuk memperbaiki area yang terasa pegal dan menyembuhkannya.

Verywell Health juga menyebutkan bahwa tidur cukup juga disarankan karena bisa mengatur sistem kekebalan yang berguna untuk menyembuhkan dan mengurangi inflamasi.

Flu juga bisa menyebabkan badan pegal-pegal sehingga dengan tidur yang cukup, tubuh bisa melawan infeksi agar bisa cepat sembuh.

2. Cukup minum air putih

Healthline menyebutkan bahwa kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan pegal-pegal. Minum air putih tidak hanya akan mencukupi kebutuhan cairan harian, tetapi juga akan mempercepat waktu penyembuhan.

Selain itu, cukup minum air putih juga akan melindungi dari kelelahan dan kelemahan otot, dan mencukupi nutrisi untuk mendukung otot yang sehat.

3. Menggunakan obat nyeri

Mengonsumsi obat nyeri yang dijual bebas bisa menyembuhkan badan yang pegal-pegal yang disebabkan oleh flu, seperti aspirin, parasetamol, ibuprofen, dan naproxen.

Namun ketika obat nyeri tersebut tidak memungkinkan untuk dikonsumsi karena kondisi kesehatan tertentu, berkonsultasi dengan dokter lebih disarankan untuk mendapatkan obat yang tepat.

MedicineNet juga menyebutkan obat nyeri lainnya, seperti krim pereda nyeri, obat relaksan otot, hingga antibiotik, bisa mengurangi pegal-pegal yang dirasakan.

4. Mandi dengan air hangat

Prevention menyebutkan stres bisa mengakibatkan badan pegal-pegal sehingga mandi dengan air hangat bisa membuat tubuh dan pikiran semakin rileks.

Selain itu, mandi dengan air hangat bisa melonggarkan otot-otot yang tegang, nyeri otot, dan badan pegal-pegal.

5. Mengatur temperatur ruangan

Mengatur temperatur ruangan bisa membuat tubuh terjaga kehangatannya. Meskipun tidak secara langsung bisa menyembuhkan pegal-pegal di tubuh, menjaga temperatur ruangan bisa mengurangi rasa sakit dan inflamasi, khususnya ketika sedang flu, sehingga bisa beristirahat dengan baik.

Baca Juga: 7 Tips Jitu Hilangkan Lemak di Wajah dalam Seminggu

6. Melakukan peregangan

Melakukan peregangan sebelum dan setelah melakukan aktivitas tertentu bisa melonggarkan otot dan melindungi dari cedera.

Melakukan peregangan bisa melancarkan peredaran darah pada otot dan tendon yang kaku sehingga bisa mengatasi badan yang pegal-pegal.

Nah Telisikers, itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan menghilangkan pegal-pegal di seluruh tubuh. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: KardinĀ 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga