adplus-dvertising

6 Destinasi Wisata di Koltim Ini Cocok Jadi Pilihan Mengisi Liburan

Muh. Sabil, telisik indonesia
Jumat, 06 Agustus 2021
3034 dilihat
6 Destinasi Wisata di Koltim Ini Cocok Jadi Pilihan Mengisi Liburan
Keindahan Puncak Ostar. Foto: Muh Sabil/Telisik

" Libur saat perayaan HUT Indonesia adalah momentum yang tepat untuk memanfaatkan waktu bersantai sembari berlibur. "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Libur saat perayaan HUT Indonesia adalah momentum yang tepat untuk memanfaatkan waktu bersantai sembari berlibur.

Kabupaten Koltim mempunyai beberapa destinasi wisata favorit yang cukup indah dan memukau, patut untuk dicoba.

Berikut Telisik.id telah merangkum 6 destinasi wisata unggulan yang paling banyak dikunjungi wisatawan tiap tahunnya terlebih ketika di hari libur.


 

Wisata Baros Farm House. Foto: Muh Sabil/Telisik

 

1. Baros Farm House

Baros Farm House merupakan permandian yang airnya sangat jernih dan bewarna kebiruan. Pemandangan yang ada di sekelilingnya juga nampak indah dan rindang.

Selain memiliki banyak wahana pendukung, ada juga garden kids khusus bagi anak-anak.

Bukan hanya itu, bagi wisatawan yang masih betah dan ingin berlama-lama, bisa menginap di villanya.

Fasilitas yang ada di tempat ini memang cukup lengkap sehingga akan membuat pengunjung betah berlama-lama.

Salah satu pengunjung Baros Farm House, Dadang (31) mengungkapkan bahwa setiap tahunnya destinasi wisata tersebut selalu ramai didatangi pengunjung, terlebih saat hari libur.

"Ramai disini juga Pak. Apalagi kalo libur banyak yang datang satu keluarga. Bahkan sampai rombongan begitu," ungkap Dadang, Kamis (5/8/2021).

Lokasi Baros Farm House berada di Desa Tawainalu, Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Koltim.

 

Lokasi wisata Tetewa Waterpark Koltim. Foto: Muh Sabil/Telisik

 

2. Tetewa Waterpark

Koltim mempunyai satu wisata air terjun yang sangat mengagumkan dan tentunya tidak kalah menawan dengan air terjun yang ada di daerah lain. Salah satunya adalah air terjun Tetewa Waterpark.

Tetewa Waterpark merupakan salah satu surga alam di Kabupaten Koltim tepatnya berada di Desa Likuwalanapo, Kecamatan Ueesi. Untuk menuju tempat wisata alam ini, membutuhkan waktu 3 jam lebih dari ibu kota Koltim.

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Tetewa Waterpark, track menuju air terjun ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Namun, perjalanan akan terbayarkan ketika melihat air terjun dengan pesonanya yang indah dan alami.

Bentangan dinding batu yang dialiri oleh air terjun menjadikan pemandangan yang sangat pas untuk dijadikan spot foto terbaik.

 

Puncak taman rekreasi Mowewe. Foto: Muh Sabil/Telisik

 

3. Taman Rekreasi Puncak Mowewe

Lokasi destinasi Puncak Mowewe berada di jalan poros penghubung tiga daerah sekaligus yaitu Kendari, Konawe dan Kolaka, tepatnya berlokasi di Desa Horodopi, Kecamatan Mowewe, Kabupaten Koltim.

Tempat wisata satu ini memang cukup mencuri perhatian. Destinasi Puncak Mowewe menawarkan pemandangan dari ketinggian yang sangat indah dan menyejukkan mata.

Udaranya yang sejuk juga menjadi nilai tambah yang akan membuat pengunjung betah di tempat ini.

Menariknya lagi, fasilitas di Puncak Mowewe ini terbilang lengkap. Wisatawan bahkan bisa menikmati pemandangan sambil menikmati sajian kuliner yang ada.

"Alhamdulillah Pak ramai biasa orang datang terutama kalau sore-sore," kata seorang pedagang di taman rekreasi Puncak Mowewe, Nurmiati (46).

"Yah kita juga disini penjual alhamdulillah ramai orang pesan makanan, minuman," tambah Nurmiati sambil tersenyum.

 

Air terjun Uluiwoi. Foto: Muh Sabil/Telisik

 

4. Air Terjun Uluiwoi

Air terjun yang dimiliki oleh Kolaka Timur juga tidak boleh terlewatkan. Air terjun Uluiwoi ini merupakan air terjun yang letaknya berada di tengah hutan, bisa dipastikan jika air terjun ini masih terjaga kealamian dan juga keasriannya.

Untuk sampai di lokasi air terjun, wisatawan harus berjuang menulusuri perjalanan jauh sekira 5 jam agar sampai di tempat ini.

Akan tetapi, semua kelelahan selama perjalanan akan terbayarkan jika sudah melihat keindahan air terjun Uluiwoi.

Air terjun Uluiwoi terkenal dengan airnya yang jernih dan dingin mengundang siapa saja menikmati sensasi berenang atau bermain air.

Apalagi, lokasinya yang berada di tengah hutan membuat air terjun Uluiwoi ini memiliki udara yang sejuk dan juga segar.

Sembari menikmati udara, air dan juga melepas lelah, tak ada salahnya pengunjung menikmati bekal, sebab selama melakukan perjalanan, tidak ada penjual makanan di tengah hutan.

Baca juga: Ingin Liburanmu di Pulau Tomia Lebih Berkesan? Yuk Kunjungi 3 Desa Wisata Ini

Baca juga: 4 Desa Wisata Terbaik di Kaledupa, Salah Satunya Penghasil Kain Tenun yang Dipakai Menteri Pariwisata

Baca juga: Ingin Punya Kebun Sambil Mancing? Wujudkan Bersama Al-Hamra Kavling Wisata Berbasis Syariah

5. Puncak Ostar

Puncak Ostar menjadi salah satu destinasi yang paling diminati banyak wisatawan lokal maupun dari luar daerah.

Bahkan tempat wisata satu ini tidak pernah sepi pengunjung terutama ketika liburan telah tiba. Pengunjung akan disuguhkan pemandangan hutan pinus dari ketinggian yang nampak cantik dan mempesona.

Belum lagi udara di Puncak Ostar begitu segar dan sejuk, bisa dipastikan siapa pun akan betah berada di puncak ini. Jalanan yang dikelilingi dengan pegunungan juga menambah daya tariknya.

Salah seorang pengunjung, Ipang (23) asal Kota Kendari mengatakan, puncak Ostar merupakan salah satu pilihan alternatif untuk menikmati keindahan hutan pinus di Sultra. Apalagi masyarakat setempat menyediakan sejumlah fasilitas yang bagus.

Misalnya, spot untuk berfoto seperti patung gorila, sarang burung, ayunan, gazebo, papan bunga matahari dan sejumlah spot lainnya.

“Indah, adem, dan sejuk. Karena ada pohon pinus banyak sekali, kemudian luas juga lokasinya,” ungkapnya.

Rata-rata pengunjung yang datang ke tempat wisata ini adalah muda mudi. Sebab selain memiliki panorama yang indah, puncak Ostar juga memiliki spot foto yang melimpah.

Ketika menjelang malam beberapa spot akan dihiasi dengan lampu bewarna warni. Jika pengunjung ingin melihat dan menikmati keindahan ini lebih lama, maka wisatawan bisa berkemah.

Puncak Ostar sendiri memiliki view yang cukup memanjakan mata. Karena dari atas ketinggian wisatawan dapat melihat poros jalan Kolaka-Raterate yang dikelilingi pengunungan yang masih rimbun oleh pepohonan hijau.

Ketika pagi hari pengunjung juga dapat melihat kabut yang menutupi pegunungan pemukiman yang ada di bawahnya.

Ketinggian puncak ini sekitar 500 meter di atas permukaan air laut.

Untuk mencapai puncak Ostar, wisatawan juga harus menaiki anak tangga yang diberi nama 1.000 anak tangga. Retribusi masuk ke lokasi ini juga sangat terjangkau.

 

Pintu masuk destinasi hutan pinus Sorombipi. Foto: Muh Sabil/Telisik

 

6. Hutan Pinus Sorombipi

Puncak Sorombipi berada di Desa Lalingato, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara. Destinasi alam yang berada di kawasan ketinggian ini menawarkan keindahan lingkungan dengan nuansa alami.

Kawasan sekitarnya dipadati rimbunan pohon pinus, membuat hati begitu sejuk dan teduh saat berada di sini.

Bagi para wisatawan yang menyukai aktivitas hiking, puncak Sorobimpi bisa jadi pilihan tepat untuk menghabiskan akhir pekan. Sebelum bisa mencapai puncaknya, pengunjung harus berjalan kaki melewati kawasan hutan pinus dan menelusuri jalanan lumayan menanjak.

Namun tak perlu khawatir, semua lelah yang dirasakan akan terbayar lunas dengan indahnya panorama di tempat ini.

Paduan menawan dan suasana alam asri serta suhu udara sejuk dijamin akan membuat wisatawan betah berlama-lama di sini.

Sembari melepas lelah di tengah perjalanan, wisatawan bisa melepas dahaga dengan membeli minuman dingin yang disediakan oleh pengelola.

Tiket masuk tempat wisata ini hanya dipatok Rp 10.000 saja untuk satu orang. Cukup terjangkau, sepadan dengan keindahan yang ditawarkan.

Selain menjadi lokasi liburan, tempat ini juga cocok bagi pengunjung yang hobi berkemah dan ingin menikmati keindahan alam di malam hari. Menjelang pagi dan sore, jangan lewatkan momen sunset serta sunrise yang memukau.

"Iya kak disini itu yang ditunggu pas mau tengelam sama terbit matahari, keren," ujar Nisa (19), salah satu pengunjung wisata puncak Sorombipi. (A)

Reporter: Muh Sabil

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga