adplus-dvertising

6 Doa untuk Ayah yang Bisa Kamu Panjatkan Hari Ini

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 12 November 2021
4297 dilihat
6 Doa untuk Ayah yang Bisa Kamu Panjatkan Hari Ini
Memanjatkan doa untuk ayah. Foto: Repro Theasian

" Sosok ayah sangat berarti untuk anak-anaknya. Maka dari itu dalam menyambut Hari Ayah Nasional 12 November 2021, perlu kiranya bagi anak untuk memberi doa untuk ayah "

KENDARI, TELISIK.ID - Sosok ayah sangat berarti untuk anak-anaknya. Maka dari itu dalam menyambut Hari Ayah Nasional 12 November 2021, perlu kiranya bagi anak untuk memberi doa untuk ayah.

Dalam Islam, ada tuntunan yang mewajibkan kita sebagai anak untuk sering mendoakan orang tua kita, termasuk ayah, agar senantiasa selamat dunia dan akhirat. Tidak hanya ibu, doa untuk ayah juga perlu diamalkan setiap saat.

Dikutip dari cnnindonesia.com dan Suara.com jaringan Telisik.id, berikut ini doa untuk ayah yang dapat Anda pelajari dan diamalkan di rumah.


1. Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warhamhuma kamaa rabbayaanii shaghiiraa

Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, sayangilah mereka sebagaimana mereka telah menyayangiku diwaktu kecil”

2. Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii’il muslimiina wal muslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati Al ahyai minhum wal amwaati, wataabi’ bainana wa bainahum bil khairat, robbighfir warham wa anta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil’aliyyil adhiimi.

Baca Juga: Mengapa Berzikir Dianjurkan Diperbanyak dalam Segala Kondisi?

Artinya : “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah di antara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.”

3. Rabbii Auzi'nii an asykura ni;matakallatii an'amta 'alayya wa'alaa waalidayya wa an a'mal shoolihan tardhohu wa ashlih lii fii dzurriyyatii.

Artinya: "Ya Rabbku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku."

4. Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syifaauka, syifaan laa yughaadiru saqamaa.

Baca Juga: Jarang Beribadah Namun Nikmat Hidup Bertambah, Hati-Hati Istidraj

Artinya: “Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

5. Wataabi’ bainana, wa bainahum bil khairat, robbighfir warham wa anta khoirur roohimiin, walaa quwwata, illa billahil ‘aliyyil adzim.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas seluruh dosa-dosaku dan seluruh dosa kedua orang tuaku dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua mengasihiku ketika aku masih kecil.

6. Rabbanagfir lii wa liwaalidayya wa lil-mu`miniina yauma yaqumul-hisaab

Artinya: Wahai Tuhan kami, beri ampun aku dan ibu-bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).

Demikian 6 doa untuk meminta keselamatan, rahmat, dan juga doa kesehatan untuk ayah. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga