adplus-dvertising

6 Fakta Unik Qatar Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 23 November 2022
472 dilihat
6 Fakta Unik Qatar Tuan Rumah Piala Dunia 2022
Piala Dunia 2022 menjadi momen pertama bagi Qatar ditunjuk sebagai tuan rumah perhelatan sepak bola dunia terbesar. Ini adalah pertama kali Jazirah Arab menjadi tuan rumah Piala Dunia. Foto: Repro Bola.net

" Piala Dunia 2022 menjadi momen pertama bagi Qatar ditunjuk sebagai tuan rumah perhelatan sepak bola dunia terbesar, yang didakan setiap empat tahun sekali "

QATAR, TELISIK.ID - Qatar adalah sebuah negara emirat di Timur Tengah yang terletak di sebuah semenanjung kecil di Jazirah Arab, Asia Barat.

Mengutip Tirto.id, Piala Dunia 2022 menjadi momen pertama bagi Qatar ditunjuk sebagai tuan rumah perhelatan sepak bola dunia terbesar, yang didakan setiap empat tahun sekali ini. Selain itu, ini adalah pertama kali Jazirah Arab menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Terdapat beberapa fakta unik Qatar selaku tuan rumah Piala Dunia yang dilansir dari beragam sumber antara lain:


1. Dibuka dengan gegap gempita

Piala Dunia 2022 ini dibuka secara gegap gempita di Stadion Al Bayt di Kota Al Khor. Sementara itu, Stadion Lusail di Kota Lusail akan menjadi tempat pertandingan final sekaligus penutup pesta bola sedunia ini.

2. Tempat laut dan gurun pasir bertemu

Baca Juga: Misteri Domba Berjalan Melingkar Tanpa Henti di Mongolia

Mengutip Sindonews.com, Khor Al Adaid di Qatar adalah satu-satunya tempat di dunia di mana laut bertemu dengan gurun pasir. Daerah yang dinyatakan sebagai cagar alam pada tahun 2007 ini merupakan salah satu dari sedikit tempat di dunia di mana laut bertemu dengan gurun pasir.

3. Miliki gedung pencakar langit di dunia

Melansir Yoursay.id, Qatar emiliki gedung pencakar langit, salah satu yang tertinggi di dunia yang bernama Burj Khalifa. Burj khalifa dinobatkan sebagai gedung pencakar langit tertinggi di dunia pada 2012 lalu, dengan ketinggian 828 meter dari permukaan laut. 

4. Jarang mengalami gempa Bumi

Qatar dinobatkan sebagai salah satu negara yang paling aman di dunia. Ini karena kondisi alam di Qatar yang relatif stabil dengan risiko gempa bumi hanya sebesar 0,1 persen. 

5. Stadion pengatur suhu

Baca Juga: Remaja Disabilitas Buka Piala Dunia Qatar dengan Ayat Suci Al-Qur'an

Dikutip dari Viva.co.id, stadion yang menggelar pertandingan di Qatar akan memiliki teknologi canggih yaitu bisa menjaga temperatur udara agar tidak terlalu panas. Temperatur disesuaikan tidak lebih tinggi dari 27 derajat celcius.

6. Piala dunia termahal

Qatar menghabiskan dana sebensar 220 miliar US$ atau setara dengan Rp 3.344 triliun untuk menyukseskan ajang ini. Dana tersebut digunakan untuk membangun stadion baru hingga biaya infrastruktur lain.

Piala Dunia tahun ini mengalahkan Piala Dunia 2018 di Rusia yang menghabiskan dana US$ 11,6 miliar dan Brazil US$ 15 miliar pada 2014. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga