6 Jenis Buah Ini Bantu Atasi DBD

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 29 April 2024
0 dilihat
6 Jenis Buah Ini Bantu Atasi DBD
Beberapa jenis buah dapat dimanfaatkan untuk mencegah DBD yang seringkali dialami masyarakat. Foto: Repro google.com

" Salah satu penyakit yang seringkali dialami seseorang adalah demam berdarah (DBD). Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan mengonsumsi jenis buah tertentu "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu penyakit yang seringkali dialami seseorang adalah demam berdarah (DBD). Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan mengonsumsi jenis buah tertentu.

Pada umumnya, dikutip dari kemkes.go.id, Demam berdarah dengue atau DBD merupakan penyakit yang ditularkan oleh gigitan nyamuk bernama Aedes aegypti.

Penyakit DBD ini masih menjadi salah satu isu kesehatan masyarakat di Indonesia, dan tingkat penyebarannya di Indonesia termasuk yang tertinggi di antara negara-negara Asia Tenggara.

Saat pasien melakukan pengobatan, dokter akan memberikan resep obat yang dapat menambah cairan dalam tubuh.

Selain akan memberikan obat-obatan dan terapi cairan melalui infus, dokter juga akan menganjurkan pasien untuk mengonsumsi makanan bernutrisi, termasuk buah untuk DBD, guna meningkatkan kadar trombosit dan kekebalan tubuh agar bisa pulih lebih cepat.

Hal tersebut disarankan karena diketahui bberapa buah untuk DBD umumnya kaya akan vitamin C, yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kadar trombosit dalam darah.

Baca Juga: 7 Cara Alami Cegah Jerawat yang Perlu Diketahui

Melansir alodokter.com, berikut beberapa jenis buah untuk mengatasi DBD:

1. Pepaya 

Jenia buah pertama yang dapat membantu mengatasi DBD adalah pepaya. Buah ini baik dikonsumsi untuk mengobati dan mencegah DBD karena kaya akan vitamin C, yaitu sekitar 78 miligram dalam setiap 100 gram buahnya.

Pepaya yang mengandung vitamin C diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan produksi trombosit di sumsum tulang. 

Selain itu, buah untuk DBD satu ini juga kaya akan kandungan serat. Serat mampu melancarkan pergerakan usus, sehingga dapat memudahkan buang air besar dan mengurangi risiko terjadinya BAB berdarah pada penderita DBD yang mengalami sembelit. 

2. Apel 

Jenis buah kedua adalah apel. Kenapa apel dapat dimanfaatkan untuk mencegah DBD? Ya, karena dalam satu buah apel dengan berat 200 gram, terkandung sekitar 10 miligram vitamin C.

Selain itu, buah apel juga memiliki efek antivirus yang dapat mencegah virus penyebab DBD berkembang biak dan memperparah infeksi yang tengah terjadi. Manfaat ini didapatkan berkat kandungan senyawa quercetin di dalam buah apel.

3. Jambu biji

Jenis buah ketiga adalah jambu biji. Pasalnya, manfaat dari buah ini diperoleh dari kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam jambu biji.

Kandungan vitamin C dalam jambu biji bahkan lebih tinggi dari buah lainnya, yaitu sekitar 90 miligram dalam setiap satu buah jambu biji dengan berat 100 gram. 

Tak hanya vitamin C, jambu biji juga mengandung senyawa katekin dan quercetin yang dapat menghambat perkembangbiakan virus dengue.

Dengan memanfaatkan buah jambu biji ini, risiko infeksi yang lebih parah akibat virus dengue pun bisa dicegah.

4. Leci

Jenis buah keempat yang dapat dimanfaatkan untuk mencegah DBD adalah leci. Buah berukuran mungil dan memiliki rasa manis ini mengandung vitamin C.

Dimana kandungan vitamin C dalam buah leci yang tinggi, yaitu sekitar 72 miligram dalam tiap 100 gramnya, sehingga baik dikonsumsi sebagai buah untuk DBD.

Tak hanya itu, leci juga mengandung vitamin K, yang secara tidak langsung dapat meningkatkan fungsi trombosit di dalam tubuh. 

5. Mangga 

Jenis buah kelima yang dapat membantu mengatasi DBD adalah mangga. Ya, karena mangga juga termasuk buah yang kaya akan vitamin C, sehingga baik dikonsumsi saat menderita DBD.

Baca Juga: Hubungan Suami Istri Ternyata Bisa Perpanjang Umur dan Turunkan Tekanan Darah

Satu buah mangga dengan berat 300 gram mengandung sekitar 36 miligram vitamin C. Jumlah vitamin C pada mangga ini sudah mencukupi sekitar 40% kebutuhan asupan vitamin C harian orang dewasa.

Selain itu, buah untuk DBD yang memiliki rasa manis dan asam ini juga mengandung folat yang cukup tinggi. Nutrisi ini berperan untuk meningkatkan pembentukan sel darah merah dan trombosit dalam tubuh.

6. Jeruk 

Jenis buah keenam yang baik dikonsumsi untuk mencegah DBD adalah jeruk. Diketahui, satu buah jeruk berukuran kecil dengan berat 150 gram mengandung sekitar 74 miligram vitamin C.

Selain itu, buah jeruk juga mengandung senyawa flavonoid, yang dapat menghambat perkembangbiakan virus dengue, sehingga bisa mencegah risiko terjadinya komplikasi dari infeksi DBD.

Nah, itulah beberapa jenis buah yang dapat dimanfaatkan untuk mencegah DBD yang seringkali dialami masyarakat. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga