6 Kebiasaan Ini Bisa Hilangkan Jerawat

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 12 Januari 2023
0 dilihat
6 Kebiasaan Ini Bisa Hilangkan Jerawat
Banyak cara bisa menghilangkan jerawat ini, di antaranya dengan melakukan kebiasaan positif tertentu. Foto: Repro shutterstock

" Salah satu masalah pada kulit wajah yang sering dialami seseorang, baik pria maupun wanita adalah jerawat. Hal ini bisa diatasi dengan rutin melakukan kebiasaan positif "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah pada kulit wajah yang sering dialami seseorang, baik pria maupun wanita adalah jerawat. Hal ini bisa diatasi dengan rutin melakukan kebiasaan positif.

Dikutip dari halodoc.com, jerawat merupakan gangguan pada kulit. Kondisi ini berhubungan dengan produksi minyak (sebum) yang terjadi secara berlebihan.

Minyak berlebih bisa menyumbat pori-pori kulit. Pada setiap pori-pori kulit, terdapat folikel yang terdiri dari kelenjar minyak dan rambut.

Banyak cara bisa menghilangkan jerawat ini, diantaranya dengan melakukan kebiasaan positif tertentu.

Baca Juga: Wanita Harus Tau 5 Posisi Seks yang Disukai Pria

Melansir kompas.com dari American Academy of Dermatology Association (AAD) dan Mayo Clinic, berikut cara menghilangkan jerawat melalui perubahan kebiasaan:

1. Menghindari gesekan pada kulit

Wajah yang berjerawat bisa menjadi lebih parah ketika terdapat gesekan dengan benda-benda tertentu, seperti menempelkan gawai kotor ke pipi, helm, atau masker.

Jadi, cara menghilangkan jerawat bisa diupayakan dengan rajin-rajin membersihkan gawai secara berkala, pastikan helm bersih, atau gunakan masker dengan bahan yang tidak mengiritasi kulit.

2. Menghindari penyebab iritasi

Beberapa produk kecantikan bisa memicu iritasi dan membuat jerawat semakin parah. Hindari produk kecantikan, seperti kosmetik, sunscreen, atau produk penataan rambut berbasis minyak agar jerawat tidak bertambah parah.

Gunakan produk kecantikan yang menggunakan bahan non-comedogenic atau yang tidak memicu komedo, sehingga tidak menutup pori-pori dan memicu jerawat.

3. Mencuci muka dua kali sehari dan setelah berkeringat

Kulit berjerawat cenderung sensitif sehingga mencuci muka lebih dari dua kali sehari akan membuat jerawat semakin parah.

Untuk mencegahnya, disarankan untuk mencuci muka di pagi hari, di malam hari sebelum tidur, dan ketika wajah berkeringat.

4. Menggunakan sunscreen

Menggunakan obat jerawat bisa membuat kulit lebih sensitif sehingga lebih rentan terhadap sinar matahari.

Nah, sinar UV dapat menyebabkan jerawat menghitam, bahkan tidak akan mudah hilang meskipun jerawat sudah mereda.

Gunakan sunscreen yang mengandung setidaknya SPF 30 berbasis air atau tidak mengandung minyak sebelum beraktivitas di luar ruangan pada pagi sampai sore hari.

6. Tidak menyentuh atau memencet jerawat

Jerawat di wajah akan terasa sangat mengganggu sehingga membuat beberapa orang ingin sering menyentuh atau memencetnya.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Redakan Amarah

Padahal, menyentuh atau memencet jerawat bisa membuatnya semakin parah dan akan meninggalkan bekas jerawat yang sulit untuk hilang.

7. Tidak menggosok bagian yang berjerawat

Menggosok kulit atau memakai scrub dirasa akan membuat wajah lebih bersih dari kotoran dan minyak. Padahal, menggosok kulit yang berjerawat tidak disarankan karena akan membuat jerawat semakin parah.

Hindari juga untuk menggunakan produk kecantikan atau sabun cuci muka yang mengandung scrub karena bisa membuat kulit iritasi.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan jerawat lewat sejumlah perubahan kebiasaan sederhana di atas. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga