adplus-dvertising

6 Kegiatan Positif yang Bisa Kamu Lakukan saat Liburan di Rumah Saja

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 01 Januari 2022
2422 dilihat
6 Kegiatan Positif yang Bisa Kamu Lakukan saat Liburan di Rumah Saja
Ilustrasi persiapan liburan. Foto: Repro thinkstock

" Saat hari libur tiba, biasanya masyarakat memanfaatkannya dengan liburan di tempat wisata. Namun di tengah pandemi COVID-19 saat ini, pemerintah mengimbau agar tetap di rumah saja "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat hari libur tiba, biasanya masyarakat memanfaatkannya dengan liburan di tempat wisata. Namun di tengah pandemi COVID-19 saat ini, pemerintah mengimbau agar tetap di rumah saja.

Menghabiskan liburan di rumah tak harus membuat kita merasa bosan dan kesepian. Dengan aktivitas yang tepat, liburan bisa tetap menyenangkan meski tidak pergi ke melanglang buana.

Kebanyakan masyarakat memanfaatkan liburan sebagai momen yang tepat untuk mencoba berbagai hal yang belum sempat kita lakukan karena sibuk bekerja, seperti menjalani hobi baru, memasak resep yang rumit dan menantang, menelepon keluarga, dan masih banyak lagi.


Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat kita lakukan selama menikmati hari-hari libur di rumah:

1. Menjalankan ibadah sunnah

Kalau di hari kerja kita disibukkan dengan pekerjaan sehingga seringkali tidak melaksanakan ibadah sunnah, maka di hari libur kita bisa menjalankan ibadah itu.

Di antara ibadah sunnah yang bisa kita optimalkan di hari libur ketika di rumah saja adalah shalat dhuha, membaca Al Quran, dan ibadah sunnah lainnya.

2. Memasak hidangan berbeda

Kalau hari biasa kita hanya memasak makanan yang sering kita buat atau bahkan tidak sempat lagi memasak karena padatnya aktivitas, maka di hari liburan di rumah kita bisa mencoba memasak hidangan berbeda.

Lakukan berbagai eksperimen untuk menyajikan masakan yang spesial. Selama itu tidak menghabiskan banyak uang untuk berbelanja bahan, maka kita ada baiknya mencoba membuat makanan yang belum pernah dibuat sebelumnya. Siapa lagi bisa menjadi menu andalan untuk dimakan bersama keluarga.

3. Bersih-bersih rumah

Rumah haruslah menjadi tempat ternyaman bagi kita dan keluarga. Maka manfaatkan hari libur dengan bersih-bersih atau mengatur ulang interior rumah, sehingga rumah bisa lebih terasa adem.

Ketika rumah sudah terasa nyaman, maka pikiran lebih fresh, jiwa terasa tentram, dan produktivitas lebih tinggi.

4. Membuat karya

Menghasilkan sebuah karya menjadi kelebihan yang harus kita miliki. Dengan karya, kita bisa memiliki keunggulan dibanding orang lain.

Maka mumpung hari libur, segera pergunakan waktu ini untuk berkarya semampu kita. Bisa membuat kerajinan tangan, karya tulis, dan sebagainya.

5. Mengevaluasi pencapaian hidup

Hidup haruslah memilki perencanaan. Karena tanpa ada perencanaan terhadap visi hidup, maka kita akan menjalani hidup biasa-biasa saja. Maka ada baiknya mulailah merencanakan kehidupan pribadi, apa yang ingin diraih di masa mendatang.

Kalau sudah ada, maka ada baiknya perencanaan itu dilihat kembali apakah sudah tercapai target-targetnya atau belum ada sama sekali.

Nah, hari libur menjadi waktu yang tepat untuk mengevaluasi segara perencanaan hidup, mana yang belum tercapai, sedang berproses dan mana yang pencapaian sudah tercapai.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Cara Mudah Agar Tidur Lebih Nyenyak

Itulah beberapa aktivitas positif yang bisa kita lakukan saat liburan di rumah. Manfaatkan sebaik mungkin, jangan sampai tidak ada kebaikan yang kita hasilkan setiap hari, khususnya di hari libur.

6. Bercengkrama dengan keluarga

Ya, salah satu aktivitas yang paling baik dilakukan saat liburan adalah bercengkrama bersama keluarga di rumah.

Keluarga adalah tempat kita berbagi bahagia dan kesedihan, susah dan senang. Maka memperbanyak menyalin komunikasi dengan keluarga harus dilakukan. Maka manfaatkan hari libur untuk banyak bercengkrama dengan orang di rumah. (C)

Baca Juga: Cegah Kekerasan Seksual, Pendidikan Seks pada Anak Harus Diajarkan Sejak Dini

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga