6 Kios di Pasar Buah Konawe Ludes Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 27 Maret 2024
0 dilihat
6 Kios di Pasar Buah Konawe Ludes Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah
Enam kios di Pasar Buah Kabupaten Konawe ludes terbakar, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Foto: Ist.

" Enam kios di Pasar Buah Kelurahan Arombu, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe, rata dengan tanah usai terbakar pada pukul 05.20 Wita Rabu (27/3/2024) "

KONAWE, TELISIK.ID - Enam kios di Pasar Buah Kelurahan Arombu, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe, rata dengan tanah usai terbakar pada pukul 05.20 Wita Rabu (27/3/2024).

Kasubsi PIDM Humas Polres Konawe Aiptu Sapri, saat dikonfirmasi melalui telepon seluler membenarkan kejadian nahas tersebut. Ia membeberkan kronologi kejadian, awalnya korban Ayu Astari sementara mau berangkat salat Subuh. tiba-tiba ia melihat percikan api di atap kiosnya bagian belakang.

Lanjut Sapri, setelah melihat api tersebut, Ayu langsung masuk kamar untuk memanggil suaminya yang sementara tidur.

Tak menunggu lama, api tambah membesar dan menjalar ke depan tempat jualan yang mana di tempat jualan terdapat bensin botolan sehingga kobaran api tambah membesar.

Kemudian, lanjut Sapri, korban bersama keluarga keluar rumah lewat belakang dengan cara mendobrak dinding untuk minta tolong kepada warga guna membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya.

"Pada pukul 05.35 Wita petugas Pemadam Kebakaran dan PNPP Polsek Unaaha tiba di TKP dan langsung bersama-sama warga masyarakat memadamkan api," tambahnya.

Baca Juga: Kebakaran di Lorong Belibis Kendari, Hanguskan 1 Rumah Dihuni Mahasiswa

Sapri membeberkan, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, namun korban materil berupa kios sebanyak 6 (enam) unit serta barang jualan dan perabot rumah tangga ludes terbakar.

"Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah," bebernya.

Adapun rincian kerugian dari masing-masing korban:

1. Ayu Astari, 23 tahun, Bugis, Islam, swasta, kerugian materil berupa kios, uang tunai, barang jualan sembako serta perabot rumah yang ditaksir sekitar Rp 60.000.000.

2. Ratna, 58 tahun, Tolaki, Islam, swasta, kerugian materil berupa kios yang ditaksir sekitar Rp 30.000.000.

3. Hapid, 62 tahun, Bugis, Islam, swasta, kerugian materil berupa kios, jualan ayam yang ditaksir sekitar Rp 7.000.000.

4. Muh. Nur, 43 tahun, Bugis, Islam, swasta, kerugian materil ditaksir sekitar Rp 10.000.000.

5. Sutarmin, 62 tahun, Tolaki, Islam, kerugian materil berupa kios, uang tunai yang ditaksir sekitar Rp 40.000.000.

Baca Juga: Medan yang Sulit, Kebakaran Rumah di Baubau Berhasil Dipadamkan

6. Sanyoto Karseno, 65 tahun, Jawa, Islam, swasta, kerugian materil berupa kios, mobil Tap Hilene, perabot rumah yang ditaksir sekitar Rp 150.000.000.

Sementara itu, PA Kapolsek Unaaha Nyoman Witnyana menjelaskan, api dapat dipadamkan oleh Damkar Kabupaten Konawe yang dibantu oleh warga masyarakat maupun PNPP Polsek Unaaha, pada pukul 07.15 Wita.

"Sumber api diduga dari arus pendek listrik, dan api cepat membesar yang mana salah satu pemilik kios menjual bensin eceran (botolan) serta kios terbuat dari kayu," bebernya. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga