6 Lagu Ini Bisa Datangkan Hantu, Sering Dinyanyikan untuk Pengatar Tidur hingga Pecipta Misterius

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 08 Juni 2024
0 dilihat
6 Lagu Ini Bisa Datangkan Hantu, Sering Dinyanyikan untuk Pengatar Tidur hingga Pecipta Misterius
Beberapa lagu ini dipercaya bisa datangkan hantu, hingga dijadikam lagu penghantar tidur. Foto: Repro Istockphoto

" Beberapa judul lagu dipercaya dapat mendatangkan hantu saat sedang diputar, terutama pada malam hari, bahkan dentuman musiknya sering dinyanyikan anak-anak "

KENDARI, TELISIK.ID - Beberapa judul lagu dipercaya dapat mendatangkan hantu saat sedang diputar, terutama pada malam hari, bahkan dentuman musiknya sering dinyanyikan anak-anak.

Ini bukan hanya mitos urban, tapi cerita yang cukup sering terdengar di masyarakat. Lagu-lagu seperti Boneka Abdi, Jelangkung, Lingsir Wengi dan lainnya tidak hanya menjadi bagian dari budaya populer Indonesia, tetapi juga dikaitkan dengan kejadian-kejadian supranatural yang menyeramkan.

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa lagi yang dipercaya mahluk halus saat dinyanyikan:

Boneka Abdi

Salah satu lagu yang sering disebut-sebut dapat mendatangkan kekuatan gaib adalah Boneka Abdi. Lagu ini terkenal setelah menjadi bagian dari soundtrack film horor populer, Danur.

Kisah di balik lagu ini cukup menarik; dipercaya bahwa lagu ini sering dinyanyikan oleh anak-anak zaman kolonial di Jawa Barat. Bagi masyarakat Sunda, lagu ini merupakan sesuatu yang dikenal sejak dulu sebagai lagu yang dipercaya mampu memanggil makhluk gaib, dilansir dari liputan6.com.

Baca Juga: Keindahan dan Kesan Mistik Gunung Popalia Konawe Selatan jadi Incaran Pendaki

Jelangkung

Permainan tradisional yang menggunakan boneka jelangkung juga dikenal mampu mendatangkan roh atau makhluk halus. Lagu Jelangkung yang terkait dengan ritual ini diyakini oleh banyak orang sebagai medium untuk berkomunikasi dengan alam gaib.

Dalam permainan jelangkung, boneka jelangkung akan digerakkan oleh kekuatan supernatural untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh peserta dengan cara menulis. Ini adalah contoh bagaimana musik dan kepercayaan lokal menyatu dalam membentuk tradisi budaya yang kompleks.

Lingsir Wengi

Lingsir Wengi adalah salah satu lagu yang sangat dipercaya dapat memanggil makhluk halus, terutama kuntilanak. Lagu ini menjadi populer setelah digunakan sebagai soundtrack untuk film Kuntilanakpada tahun 2006.

Diciptakan pada tahun 1450 Masehi oleh Sunan Kalijaga, lagu ini awalnya merupakan sebuah lagu keagamaan yang bertujuan untuk menolak bala dan menjaga dari gangguan makhluk halus.

Nada lembut dan liriknya yang penuh dengan kepercayaan mistis membuat "Lingsir Wengi" tetap menjadi salah satu lagu yang disukai dan dipercaya oleh banyak orang di Indonesia.

Malam Satu Suro

Lagu Malam Satu Suro, menciptakan suasana yang cukup mistis. Lagu ini sebenarnya adalah sebuah lagu selamat malam yang dinyanyikan oleh Vina Panduwinata dalam film "Malam Satu Suro" yang dirilis pada tahun 1988.

Dalam konteks film, lagu ini juga dinyanyikan oleh legenda film horor Indonesia, Suzzanna. Alunan musiknya dan liriknya yang terkesan mendalam tentang malam pertama di bulan Suro, menambahkan dimensi supranatural dalam kepercayaan masyarakat.

Nina Bobo

Lagu Nina Bobo, meskipun tidak langsung terkait dengan kepercayaan mistis, memiliki cerita menarik di baliknya. Lagu ini sering dinyanyikan sebagai lagu pengantar tidur untuk anak-anak, bersumber dari hops.id.

Namun, menurut cerita yang beredar, lagu ini diciptakan oleh seorang ibu yang meninggal dunia setelah sang anak, Helenina Mustika van Rodjnik, meninggal.

Sejak itu, arwah Helenina sering dikatakan kembali ke rumahnya jika lagu ini dinyanyikan.

Takdir

Lagu Takdir, yang misterius penciptanya, juga dikaitkan dengan kejadian supranatural. Konon, lagu ini dapat menyebabkan kerasukan jika dinyanyikan pada tengah malam.

Baca Juga: Pesona Danau Fotu Buteng, Serta Cerita Mistik di Baliknya

Hantu bernama Lita konon akan muncul, dan orang yang mendengarkan atau menyanyikan lagu ini bisa merasakan perubahan dalam emosi dan tingkah laku mereka. Cerita ini merupakan salah satu dari banyak cerita seram yang beredar di kalangan masyarakat.

Tinggal Kenangan

Lagu Tinggal Kenangan, juga memiliki kisah misteri yang menyeramkan. Lagu ini menceritakan tentang kesedihan seorang wanita yang ditinggalkan kekasihnya.

Menurut cerita yang beredar, Gaby, sang pencipta lagu, akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidupnya setelah menciptakan lagu ini.

Sejak itu, lagu ini sering dikaitkan dengan kehadiran Gaby dalam bentuk yang berbeda, entah sebagai arwah atau hanya sebagai kenangan mistis. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga