adplus-dvertising

6 Manfaat Daun Pepaya yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Cegah Risiko Kanker

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 30 Juni 2022
1268 dilihat
6 Manfaat Daun Pepaya yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Cegah Risiko Kanker
Daun pepaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Foto: Repro shutterstock

" Di samping dapat diolah menjadi makanan, daun pepaya dapat pula dijadikan obat untuk beberapa jenis penyakit "

KENDARI, TELISIK.ID - Pohon pepaya tidak hanya memberi manfaat lewat buahnya, namun ternyata juga dari daun yang dihasilkan. Bahkan daun pepaya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dikutip dari wikipedia.com, daun pepaya adalah daun yang berasal dari tumbuhan pepaya (carica papaya). Daun pepaya muda kerap diolah menjadi sayuran di beberapa daerah di Indonesia.

Di samping dapat diolah menjadi makanan, daun pepaya dapat pula dijadikan obat untuk beberapa jenis penyakit. Helaian daun pepaya berbentuk menyerupai tangan manusia.


Mengutip yoursay.id yang merangkum dari Hellosehat, Klikdokter, SehatQ, Yesdok dan Honestdocs.id, berikut ini beberapa manfaat dari daun pepaya:

1. Menyediakan energi untuk tubuh

Walaupun terasa agak pahit, namun ada keuntungan yang bisa kamu peroleh dari mengonsumsi daun pepaya.

Daun pepaya mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu dalam menyediakan tambahan energi pada tubuh. Hal tersebut bisa membantu kamu supaya lebih semangat lagi dalam menjalani rutinitas sehari-hari.

2. Menurunkan risiko kanker

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi daun pepaya yaitu membuat tubuh menjadi lebih sehat serta membantu dalam mencegah risiko terkena kanker. Hal tersebut dikarenakan oleh adanya sifat anti-kanker yang terkandung di dalam daun pepaya, sifat tersebut membantu meningkatkan kekebalan tubuh memerangi kanker.

Baca Juga: Air Putih Benarkah Bisa Turunkan Berat Badan? Simak Penjelasannya

Mengonsumsi daun pepaya juga dipercaya dapat membantu membuang racun yang ada dalam tubuh penyebab kanker.

3. Mengurangi nyeri haid

Dengan mengonsumsi daun pepaya yang diolah menjadi jus, bisa membantu meredakan nyeri yang disebabkan oleh haid atau mentruasi. Kurang lebih setelah 2 jam mengonsusmsi jus daun pepaya, nyeri yang disebabkan oleh haid akan berangsur menghilang.

4. Membantu melancarkan pencernaan

Baca Juga: 7 Jenis Makanan Ini Bisa Redakan Batuk Lebih Cepat

Di dalam daun pepaya terdapat kandungan enzim papain yang dapat membantu melancarkan pencernaan. selain itu, daun pepaya juga bermanfaat dalam mengatasi perut kembung dan juga sembelit.

5. Mengurangi perubahan suasana hati

Dengan mengonsumsi daun pepaya rebus dipercaya bisa membantu dalam mengatasi ketegangan emosisonal, seperti depresi, stres dan juga perubahan suasana hati.

6. Menyehatkan kulit

Daun pepaya mengandung vitamin E, A dan C yang cukup tinggi dibandingkan dengan buahnya. Hal tersebut menyebabkan daun pepaya memiliki manfaat dalam mengatasi beragam gangguan pada kulit, seperti kerutan, jerawat, dan juga pigmentasi yang berlebihan. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga