adplus-dvertising

6 Tips Ampuh Atasi Sakit Tenggorokan saat Puasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 07 April 2023
0 dilihat
6 Tips Ampuh Atasi Sakit Tenggorokan saat Puasa
Penting mengetahui tips mengatasi sakit tenggorokan agar ibadah puasa ramadan bisa berjalan maksimal. Foto: Timesofindia

" Sakit tenggorokan seringkali bisa saja menyerang sebagian setiap saja, termasuk saat menjalani ibadah puasa ramadan "

KENDARI, TELISIK.ID - Sakit tenggorokan seringkali bisa saja menyerang sebagian setiap saja, termasuk saat menjalani ibadah puasa ramadan.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, sakit tenggorokan merupakan gangguan yang dapat menimbulkan rasa sakit dan gatal pada tenggorokan akan semakin terasa ketika menelan.

Gangguan ini paling umum terjadi disebabkan oleh infeksi virus, seperti pilek atau flu.

Sakit tenggorokan seringkali bisa saja menyerang sebagian setiap saja, termasuk saat menjalani ibadah puasa ramadan.

Baca Juga: 5 Tips Maksimalkan Tabungan untuk Masa Depan

Olehnya itu, penting kita mengetahui tips mengatasi sakit tenggorokan agar ibadah puasa ramadan bisa berjalan maksimal.

Melansir yoursay.id dari berbagai sumber, berikut beberapa tips untuk meredakan sakit tenggorokan saat menjalani ibadah puasa ramadan:

1. Menghirup uap air panas

Udara yang dihasilkan dari uap air panas ternyata cukup ampuh untuk mengatasi sakit tenggorokan. Hal ini karena udara lembap yang dihasilkan bisa mengurangi iritasi akibat tenggorokan kering ketika berpuasa.

Caranya cukup mudah, letakkan mangkuk besar yang telah diisi oleh air panas, kemudian letakkan wajahmu di atas mangkuk tersebut dan hirup uapnya.

2. Perbanyak minum saat buka puasa dan sahur

Memenuhi cairan tubuh selama puasa merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Sehingga ketika mengalami sakit tenggorokan minum air dapat membantu agar tidak memperparah tenggorokan.

Usahakan untuk memperbanyak konsumsi air putih ketika saat berbuka hingga sahur. Hal ini dinilai cukup ampuh untuk mencegah tenggorokan kering. Dengan minum air putih, memastikan tubuh agar tetap terhidrasi dan cara ampuh mengatasi tenggorokan yang sakit.

3. Konsumsi makanan yang halus dan mudah ditelan

Mengonsumsi makanan yang mudah ditelan dan bertekstur halus dinilai aman untuk pengidap sakit tenggorokan karena tidak memperparah iritasi pada tenggorokan.

Diantara makanan yang bisa dikonsumsi yaitu yogurt, sup, oatmeal, kentang yang telah dihaluskan, buah serta sayur, dan sederet makanan halus lainnya. Selain membantu agar tidak memperparah kondisi tenggorokan, makanan tersebut juga memiliki nutrisi yang banyak.

4. Perbanyak istirahat

Rasa sakit ditenggorokan akan terasa tak nyaman. Oleh sebab itu, untuk mengurangi rasa nyeri yang mengganggu cobalah untuk berbaring dan pejamkan mata jika dirasa memungkinkan.

Dilansir dari Cleveland Clinic yang dikutip dari sehatq, berbaring dengan posisi badan bagian atas lebih tinggi atau hanya sekadar duduk bersandar cukup membantu meredakan rasa sakit pada tenggorokan yang terasa tidak nyaman.

5. Selalu gunakan masker dan jangan terlalu banyak bicara

Semakin banyak bicara akan membuat tenggorokan menjadi semakin kering. Jadi sebaiknya kurangi banyak bicara ketika sedang mengalami sakit tenggorkan saat puasa. Selain itu, untuk menghindari debu maupun kotoran yang menjadi penyebab mengalami sakit tenggorokan, pentingnya memakai masker ketika sedang beraktivitas.

Baca Juga: Tidak Mudik? Ini 3 Ide Liburan Lebaran Tetap Seru

6. Mengonsumsi buah-buahan sumber vitamin C pada saat buka dan sahur

Mengonsumsi buah sitrus atau jeruk-jerukan yang mengandung vitamin C dianjurkan untuk kamu yang mengalami sakit tenggorokan saat puasa. Sebab, buah yang kaya akan vitamin C mampu untuk meningkatkan sistim imun tubuh dan bekerja melawan infeksi yang disebabkan oleh radang tenggorokan.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi buah kiwi serta buah jenis berry yang kaya akan antioksidan saat sahur serta berbuka. Dengan mengonsumsi buah-buahan ini, mengobati sakit tenggorokan tak perlu menggunakan obat-obatan.

Nah, itulah beberapa tips ampuh yang bisa Telisikers lakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan saat puasa. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga