6 Tips Bersihkan Noda Kaca dengan Mudah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 02 Oktober 2022
0 dilihat
6 Tips Bersihkan Noda Kaca dengan Mudah
Membersihkan noda kaca yang membandel dapat dilakukan dengan bahan-bahan yang ada di dapur. Foto: Repro google.com

" Untuk membersihkan noda-noda membandel di kaca, dapat menggunakan bahan sehari-hari yang ada di dapur "

KENDARI, TELISIK.ID - Noda yang membandel di kaca sangat mengganggu kenyamanan rumah. Berbagai cara pun dilakukan untuk menghilangkan noda tersebut.

Dikutip dari 99.co, kaca merupakan salah satu elemen yang sering ada diĀ rumah, baik itu jendela atau perlengkapan rumah lainnya.

Bahkan kini banyak yang menggunakan kaca sebagai pengganti dinding rumah.

Kaca pun merupakan elemen yang mudah terkena noda, salah satunya berasal dari paparan air hujan yang mengering dan noda membandel lainnya.

Untuk membersihkan noda-noda membandel di kaca, kamu dapat menggunakan bahan sehari-hari yang ada di dapur.

Dilansir cnnindonesia.com dari berbagai sumber, berikut beberapa cara membersihkan noda kerak kaca di rumah:

1. Detergen

Detergen dikenal sebagai sabun pencuci baju, tapi ternyata bahan pembersih yang satu ini juga dapat digunakan untuk membersihkan noda dan jamur yang terdapat pada kaca atau cermin.

Caranya dengan mencampurkan detergen bubuk dengan sedikit air. Lalu, gosokkan hingga merata pada permukaan kaca. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Namun untuk detergen cair, Anda tidak perlu mencampurkannya dengan air.

2. Cuka apel

Selain sebagai bahan memasak, cuka apel dikenal memiliki banyak khasiat untuk perawatan wajah dan juga sebagai cairan pembersih peralatan rumah tangga.

Baca Juga: 7 Cara Alami Usir Tikus dari Rumah

Hal itu karena kandungan di dalam cuka apel yang efektif sebagai larutan pembersih untuk mengatasi noda jamur dan kerak membandel pada kaca.

Adapun caranya adalah dengan mencampurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:1.

Namun, jika noda terlalu membandel, gunakan cuka tanpa campuran air, lalu diamkan selama 15 menit dan lap hingga bersih menggunakan kain mikrofiber agar permukaan tidak tergores.

Larutan ini akan dengan sempurna mengatasi semua masalah noda dan jamur membandel pada kaca dan cermin agar kembali bersih dan berkilau seperti baru.

3. Alkohol

Alkohol juga sangat efektif membersihkan bercak membandel di kaca dan cermin. Cara menggunakannya pun cukup mudah.

Basahi kapas dengan alkohol untuk membersihkan kaca dengan noda yang berukuran kecil. Namun untuk noda yang berukuran besar, Anda dapat memindahkan alkohol ke dalam botol spray lalu semprotan pada seluruh permukaan kaca.

Kemudian diamkan beberapa saat, lalu lap permukaannya hingga bersih.

4. Pasta gigi

Selain untuk membersihkan gigi, produk yang satu ini juga dapat digunakan untuk membersihkan noda pada kaca atau cermin.

Caranya, oleskan pasta gigi pada permukaan noda yang membandel. Lalu tunggu beberapa saat hingga mengering.

Setelah itu, lap dengan kain basah atau kertas koran hingga bersih. Kaca dan cermin akan kembali bersih mengilap.

5. Bubuk kaporit

Untuk kaca atau cermin yang berjamur, Anda dapat membersihkannya dengan bubuk kaporit. Pasalnya, bahan yang satu ini memiliki kandungan penjernih yang dapat membuat kaca dan cermin menjadi kembali bersih.

Baca Juga: 5 Cara Alami Usir Rayap yang Bersarang di Rumah

Adapun caranya adalah dengan melarutkan bubuk kaporit ke dalam wadah dengan sedikit air. Kemudian aduk hingga menjadi adonan yang kental.

Setelah itu, oleskan pada kaca yang berjamur dan tunggu beberapa saat hingga mengering. Terakhir, bilas menggunakan lap basah selama beberapa saat hingga cermin bersih dan mengilap.

6. Air perasan lemon

Air lemon mengandung asam yang berfungsi untuk menghilangkan noda pada kaca atau cermin. Kandungan asam tersebut juga cukup efektif untuk membuat kaca atau cermin kembali jernih.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyemprotkan atau menuangkan air lemon pada permukaan kaca atau cermin. KemudianĀ usap menggunakan kain yang bersih.

Nah, itulah beberapa cara membersihkan noda kaca yang membandel dengan memanfaatkan bahan alami yang cukup mudah didapatkan di sekitar rumah. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga