6 Tips Diet Sehat Bagi Kamu yang Sibuk Bekerja

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 01 Maret 2023
0 dilihat
6 Tips Diet Sehat Bagi Kamu yang Sibuk Bekerja
Program diet bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk bagi kamu yang sibuk bekerja. Foto: Repro google.com

" Memiliki tubuh yang ideal menjadi keinginan sebagai orang. Maka program diet pun dilakukan oleh orang-orang, termasuk bagi para pekerja "

KENDARI, TELISIK.ID - Memiliki tubuh yang ideal menjadi keinginan sebagai orang. Maka program diet pun dilakukan oleh orang-orang, termasuk bagi para pekerja.

Pada dasarnya, dikutip dari halodoc.com, diet merupakan pola makan, yang cara dan jenis makanannya diatur. Di mana tujuan diet adalah untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, diet juga bertujuan untuk mencapai atau menjaga berat badan yang terkontrol. Hal ini bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk bagi kamu yang sibuk bekerja.

Baca Juga: 8 Tips Pencegahan Anak Cacingan Sedini Mungkin

Melansir yoursay.id dari halodoc.com, berikut beberapa tips diet yang cocok bagi kamu yang sibuk bekerja:

1. Menjaga asupan cairan harian dan perbanyak minum air putih

Menjaga asupan cairan sangat penting agar tidak dehidrasi selama bekerja. Ketika dehidrasi, tubuh cenderung mengirimkan sinyal lapar yang keliru. Inilah yang membuat seseorang kerap makan banyak tanpa menyadarinya.

Kebutuhan air setiap orang mungkin berbeda-beda sesuai berat badannya. Asupan air yang cukup akan menjaga kelancaran fungsi tubuh serta melindungimu dari dehidrasi. 

2. Biasakan sarapan di pagi hari

Ditengah kesibukan dan jadwal yang padat membuat sarapan sering dilewatkan oleh sebagian orang. Sarapan sangat penting sebelum kamu memulai hari untuk memberikan energi dan membantu mengontrol gula darah dalam tubuh.

Walaupun sarapan sangat penting, tetapi perlu diperhatikan asupan nutrisi untuk sarapan. Sebisa mungkin hindari makan sarapan yang tinggi karbohidrat dan gula. Pilihlah sarapan yang sehat seperti oatmeal, sereal gandum, yoghurt, buah-buahan, dan sayuran.

3. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran dalam dietmu memiliki banyak manfaat untuk tubuh salah satunya membantu menurunkan berat badan. Buah dan sayuran memiliki sumber serat, vitamin, dan mineral yang dapat memenuhi asupan nutrisimu setiap hari.

Dengan mengonsumsi secara rutin dapat memperlancar pencernaan, menjaga jumlah bakteri baik di usus, serta menurunkan risiko penyakit kronis seperti kolestrol tinggi, stroke, diabetes, dan penyakit jantung.

4. Kurangi atau hindari mengonsumsi kopi

Kopi menjadi minuman favorit yang dikonsumsi oleh banyak orang saat bekerja karena efeknya untuk menghilangkan kantuk agar dapat meningkatkan fokus saat bekerja.

Hanya saja kebiasaan itu perlu dibatasi karena mengonsumsi kopi berlebihan dapat membebani hati, membuat dehidrasi, meningkatkan asam lambung, dan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Cara diet sehat yang baik adalah dengan mengurangi atau menghindari mengonsumsi kopi. Sebagai gantinya, kamu bisa konsumsi teh hijau, teh oolong, atau teh peppermint yang baik untuk detoksifikasi tubuh.

5. Menyediakan camilan sehat di kantor

Penyebab gagalnya diet yang sering dilakukan adalah makan camilan yang tidak sehat saat lapar di kantor. Solusinya adalah sediakan camilan sehat yang rendah gula di meja, seperti buah, oatmeal, kacang panggang, biskuit gandum atau coklat hitam.

Baca Juga: 4 Tips Mudah Tingkatkan Followers TikTok

6. Hindari mengonsumsi soda

Minuman soda memang memiliki rasa yang enak dan menyegarkan bila diminum saat cuaca panas. Tetapi ternyata minuman bersoda tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan tinggi kandungan gula.

Mengonsumsi minuman soda saat diet hanya akan menggagalkan dietmu. Jika dikonsumsi berlebihan bisa membuat kamu rentan mengalami penyakit diabetes tipe 2 dan menyebabkan gigi mudah rusak.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk program diem meski sibuk bekerja. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga