6 Tips Ini Bantu Atasi Kulit Wajah Kering saat Puasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 26 Maret 2023
0 dilihat
6 Tips Ini Bantu Atasi Kulit Wajah Kering saat Puasa
Penting untuk mengetahui cara mengatasi kulit kering agar tetap percaya diri. Foto: Repro iStock

" Kulit kering saat puasa merupakan kondisi yang cukup umum, biasanya disebabkan kurangnya asupan air minum saat sahur maupun berbuka "

KENDARI, TELISIK.ID - Kulit kering seringkali dialami sebagian orang saat berpuasa. Memang tidak berbahaya, tapi cukup mengganggu penampilan.

Dikutip dari halodoc.com, kulit kering saat puasa merupakan kondisi yang cukup umum. Kondisi ini biasanya disebabkan karena kurangnya asupan air minum saat sahur maupun berbuka.

Kulit yang terasa kering dapat mengganggu penampilan karena terlihat kusam dari biasanya.vOlehnya itu penting untuk mengetahui cara mengatasi kulit kering.

Dilansir yoursay.id dari laman sehatq.com, berikut adalah beberapa tips mengatasi kulit kering saat puasa:

1. Menggunakan Face Mist

Face mist memiliki manfaat untuk melembapkan kulit wajah. Selain itu, dengan menyemprotkan face mist ke wajah dapat membuat wajah menjadi lebih segar dan ternutrisi. 

Baca Juga: 7 Tips Tetap Produktif Saat Berpuasa

Face mist biasanya mengandung zat yang mampu meminimalisir penguapan air di wajah sehingga kulit akan terjaga kelembapannya. 

2. Memakai Pelembap

Pelembap terbukti sangat efektif untuk mengatasi kulit kering. Menurut American Academy of Dermatology Association, menggunakan pelembap yang paling baik adalah setelah mencuci muka.

Pelembap yang mengandung Hyaluronic Acid dapat mengembalikan dan menjaga kelembapan kulit secara optimal.

3. Memenuhi Kebutuhan Cairan

Kulit kering seringkali disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh. Untuk mengatasi masalah ini, selalu minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka.

Selain itu, hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh karena dapat membuat tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi. 

4. Menghindari Penggunaan Make Up yang Terlalu Berat

Saat kondisi kulit sedang kering, hindari menggunakan produk make up yang berat seperti foundation atau concealer.

Kulit yang kering akan menjadi lebih sensitif saat menerima make up yang terlalu berat. Tentu saja ini akan berisiko pada permasalahan kulit wajah yang lain seperti jerawat.

5. Menggunakan Masker Wajah

Beberapa masker wajah diformulasikan untuk mengatasi permasalahan kulit kering. Ada banyak jenis masker wajah yang dapat ditemukan dengan mudah di pasaran dengan kandungan yang melembapkan.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Aturan Minum Obat saat Puasa Ramadan

Jenis masker wajah yang sangat direkomendasikan untuk mengatasi kulit kering adalah gel mask atau sheet mask.

6. Tidak Mencuci Muka Terlalu Sering

Terlalu sering mencuci muka juga dapat memperparah kondisi kulit wajah yang kering. Hindari menggunakan facial wash yang bisa membuat kulit terasa kering dan ketarik setelah menggunakannya.

Mencuci muka terlalu sering juga dapat menghilangkan lapisan minyak dalam wajah yang berguna untuk menjaga kelembapan alami pada kulit. 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk mengatasi kulit wajah yang kering saat berpuasa. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga