6 Tips Irit Bensin Motor yang Mudah Dilakukan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 15 Mei 2024
0 dilihat
6 Tips Irit Bensin Motor yang Mudah Dilakukan
Sejumlah tips bisa dilakukan agar pemakaian bensin pada motor bisa irit. Foto: SALMAN TOYIBI/JAWA POS

" Naiknya harga BBM membuat para pengendara harus lebih Pada umumnya, dikutip dari suzuki.co.id, sepeda motor merupakan kendaraan yang jauh lebih hemat BBM dibandingkan kendaraan bermotor lain seperti mobil, bus, maupun truk. Namun, Anda masih bisa menghemat penggunaannya melalui beberapa cara "

KENDARI, TELISIK.ID - Naiknya harga BBM membuat para pengendara harus lebih Pada umumnya, dikutip dari suzuki.co.id, sepeda motor merupakan kendaraan yang jauh lebih hemat BBM dibandingkan kendaraan bermotor lain seperti mobil, bus, maupun truk. Namun, Anda masih bisa menghemat penggunaannya melalui beberapa cara.

Seiring meningkatnya harga BBM (bahan bakar minyak) dan isu lingkungan, efisiensi penggunaan bahan bakar harus diperhatikan secara lebih seksama. Sebagai solusi, Anda bisa mencoba tips dan strategi tertentu agar lebih irit bahan bakar.

Dengan menghemat penggunaan bahan bakar, maka Anda bisa mengurangi biaya operasional kendaraan sehari-hari sekaligus berkontribusi dalam mengurangi dampak lingkungan. 

Lantas, apa saja tips yang bisa dilakukan agar pemakaian bensin pada motor bisa irit?

Melansir wahanahonda.com dari berbagai sumber, berikut beberapa tips agar irit bensin saat berkendara motor:

Baca Juga: 7 Cara Menghindari Penipuan Lewat WhatsApp

1. Rutin merawat mesin

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga motor agar irit bensin adalah dengan rutin merawat mesin. Hal ini penting karena jika mesin terawat dengan baik, pemakaian bensin juga jadi irit.

Dengan demikian, pastikan filter udara tetap bersih, dan ganti oli sesuai waktu yang telah dijadwalkan mekanik.

2. Tidak sering-sering memanaskan motor

Tips kedua yang bisa dilakukan untuk menjaga motor agar irit bensin adalah dengan tidak sering memanaskan motor. Hal ini karena memanaskan motor sebelum menggunakannya bukanlah kewajiban. Apalagi untuk motor berteknologi injeksi.

Maka pengendara disarankan langsung mengendarai motor, sesaat setelah mesinnya dinyalakan. Dengan demikian, motor dapat mencapai temperatur yang diperlukan dengan lebih cepat. Penghematan bensin pun bisa dilakukan.

3. Menjaga kecepatan berkendara

Tips ketiga yang bisa dilakukan untuk menjaga motor agar irit bensin adalah dengan menjaga kecepatan berkendara..

Hal ini dilakukan karena jika kecepatan berkendara tidak dijaga atau karu-karuan, berisiko membuat penggunaan bensin menjadi boros.

Dengan demikian, demi pemakaian bensin yang irit, jaga kecepatan konstan saat berkendara. Selain berhemat, Anda pun lebih nyaman dalam berkendara.

4. Menghindari jalan rusak

Tips keempat yang bisa dilakukan untuk menjaga motor agar irit bensin adalah dengan menghindari jalan rusak saat berkendara. Hal ini karena untuk melewati jalan rusak membutuhkan lebih banyak bensin.

Dengan demikian, jika ingin irit bensin sebaiknya pengendara motor menghindari lubang-lubang di jalanan.

Baca Juga: 5 Tips Jaga Kesehatan Calon Jemaah Haji Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

5. Memeriksa tekanan ban

Tips kelima yang bisa dilakukan untuk menjaga motor agar irit bensin adalah rutin memeriksa tekanan ban motor.

Hal ini dilakukan karena ban memiliki tenanan sesuai rekomendasi dari pabrikan. Ban dengan tekanan yang pas bisa membuat kendaraan irit bensin. Selain itu, kondisi ideal ini pun mampu memperbaiki handling.

6. Tidak membawa terlalu banyak barang

Tips keenam yang bisa dilakukan untuk menjaga motor agar irit bensin adalah tidak membawa terlalu banyak barang. Hal ini karena dengan dembawa beban terlalu berat ketika berkendara, bisa bikin boros bensin.

Pasalnya, jika beban terlalu berat maka mesin harus kerja ekstra untuk membawa muatan ini.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar pemakaian bensin pada motor bisa irit. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga