6 Tips Mudah Merawat Headset Agar Awet

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 12 Februari 2023
0 dilihat
6 Tips Mudah Merawat Headset Agar Awet
Karena headset sangat berguna, maka penting untuk mengetahui cara menjaganya agar tetap awet. Foto: grid.id

" Headset menjadi salah satu alat yang cukup diperlukan bagi pengguna handphone. Maka perlu untuk mengetahui ara merawatnya agar tetap awet "

KENDARI, TELISIK.ID - Headset menjadi salah satu alat yang cukup diperlukan bagi pengguna handphone. Maka perlu untuk mengetahui  ara merawatnya agar tetap awet.

Pada dasarnya, dikutip dari detik.com, headset merupakan headphone dengan tambahan mikrofon sehingga tidak hanya bisa digunakan untuk mendengarkan namun juga dapat digunakan untuk berkomunikasi.

Dengan memiliki mic atau pengeras suara yang terpasang pada perangkatnya, headset cocok digunakan untuk melakukan video konferensi.

Karena alat ini sangat berguna, maka penting untuk mengetahui cara menjaga headset agar tetap awet.

Baca Juga: 4 Tips Sederhana Memilih Sandal Wanita agar Tidak Nyesal

Melansir teknovidia.com, berikut beberapa cara yang benar merawat headset agar tetap awet:

1. Bersihkan bantalan headset

Terdapat headset dengan menggunakan bantalan yang empuk. Bantalan juga wajib dirawat dan tidak boleh dianggap remeh. Hindari sinar matahari secara langsung agar bantalan bisa awet.

Selain itu, bersihkan juga bantalan menggunakan kapas atau mikrofiber sesudah dipakai, dengan tujuan supaya bantalan headset tidak kena debu dan keringat.

Bisa juga membersihkan bantalan headset memakai kain yang sedikit dibasahi air sabun, dan memakai pembersih kulit sintetis untuk bersihkan noda membandel di bantalan headset.

2. Jangan sampai volume maksimal

Jika keseringan digunakan dengan volume yang sangat keras bisa merusak headset. Ada kemungkinan suara yang keluar tidak jernih seperti awal pemakaian.

Dan juga jika suara terlalu keras, suara bisa bocor. Tidak bisa lagi mendengar suara headset atau tidak dapat mendengar di luar meskipun volume disetel ke rendah? Kalau iya, itu artinya kamu sering memakai headset dengan volume yang sangat tinggi.

Satu lagi, memakai headset dengan suara yang keras juga akan berdampak buruk pada telinga. Akibatnya, telinga jadi tidak peka dengan suara kecil.

Maka dari itu, disarankan agar kamu tak menyetel volume terlalu tinggi ketika memakainya diwaktu kedepan.

3. Simpan di tempat khusus

Ada baiknya siapkan tempat khusus untuk menyimpan headset. Contohnya kotak perhiasan kecil atau tas kecil. Bisa juga menggunakan segala macam box yang sudah tidak terpakai.

Dengan menyimpan headset ditempat khusus maka kabel tidak berantakan serta mengurangi resiko kabel yang tercampur dengan perangkat lain.

Kalau kamu punya headset gaming, pertimbangkan untuk membeli tas gaming untuk melindungi headset kamu sepenuhnya. Apalagi saat sedang pergi. Jika Anda menggunakan kantong, hindari tekanan dari benda lain.

Orang yang tak jarang bermain game serta memakai headset empuk sebaiknya menghindari keringat dan asap rokok. Mengingat berjam-jam bermain game, Anda akan berkeringat deras dan memukul bantalan headset. jadi harus perhatikan hal ini.

4. Gulung kabel headset dengan benar

Headset dan earphone mempunyai kabel panjang, yang bisa menyebabkan sakit kepala kalau kabel kusut atau salah tempat. Keinginan untuk mengatur juga susah.

Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya kabel digulung dengan rapi, namun tidak digulung begitu saja.

Dibawah ini cara melilitkan kabel headset dengan benar :

- Pegang kabel menggunakan 3 jari kamu lalu lilitkan kabel di sekitar ketiga jari itu.

- Jangan semua kabel digulung, sisakan sekitar 10 cm.

- Lepaskan kabel dari 3 jari kamu.

- Peganglah gulungan kabel tersebut menggunakan kedua tangan.

- Ikat sisa kabel.

- Colokan headset dimasukkan ke tengah gulungan tadi.

Cara menyusun kabel headset ialah dengan mengamankan kabel sehingga colokan headset dan earbud saling menempel seperti pada gambar berikut.

5. Keringkan telinga dan hindari air

Air yang masuk kecelah-celah earbud ialah penyebab kerusakan headset yang sering terjadi. Dikatakan sebagai produk elektronik, tetapi kalau kena air pasti akan korslet. Maka dari itu, ada baiknya jangan menempatkan earbud dekat air.

Ada baiknya periksa juga apakah telinga kamu kering sebelum gunakan headset. Memang terlihat sepele, namun dapat membahayakan headset.

Oleh karena itu, jangan langsung gunakan  headset sesudah mandi atau terkena hujan hingga telinga benar-benar kering.

Baca Juga: 5 Tips Membeli Motor Listrik

6. Pembersihan rutin

Headset juga butuh perawatan secara teratur. Bersihkan kabel yang tidak jarang terkena kotoran. Pakai cairan alkohol untuk bersihkan kabel dari kotoran.

Bersihkan juga earbud dari kotoran debu. Kamu bisa memakai kapas yang dibasahi alkohol cair 70% untuk membersihkan debu.

Bisa juga memakai sikat gigi. Dengan bersihkan earbud memakai sikat gigi akan mengawetkan headset.

Nah, itulah beberapa cara Mlmerawat headset agar tetap awet. Semoga bermanfaat. (C

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga