7 Bahan Alami Membuat Wajah Glowing

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 30 April 2024
0 dilihat
7 Bahan Alami Membuat Wajah Glowing
Sejumlah bahan alami dapat membantu warga menjadi glowing. Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

" Wajah terlihat glowing menjadi keinginan sebagian besar orang. Untuk bisa mewujudkan itu banyak cara bisa dilakukan, diantaranya dengan memanfaatkan bahan alami tertentu "

KENDARI, TELISIK.ID - Wajah terlihat glowing menjadi keinginan sebagian besar orang. Untuk bisa mewujudkan itu banyak cara bisa dilakukan, diantaranya dengan memanfaatkan bahan alami tertentu.

Pada umumnya, dikutip dari orami.co.id, memiliki kulit yang bersinar atau glowing memberikan penampilan wajah yang sehat dan terawat.

Sayangnya, gaya hidup yang kurang sehat serta bertambahnya usia membuat kesehatan wajah terganggu. Namun jangan cemas, sebab ada beragam cara membuat wajah glowing dan lebih cerah dengan mudah, yang tentunya tidak cukup hanya dengan menggunakan skincare setiap hari.

Untuk bisa mewujudkan wajah yang terlihat glowing itu banyak cara bisa dilakukan, diantaranya dengan memanfaatkan bahan alami tertentu.

Melansir alodokter.com, berikut beberapa cara membuat wajah glowing dengan bahan alami:

Baca Juga: Kekurangan Zat Besi? Ini 12 Buah Pilihan yang Baik Dikonsumsi

1. Gunakan minyak zaitun

Bahan alami pertama yang bisa dimanfaatkan untuk membuat wajah glowing adalah minyak zaitun. Bahkan minyak ini juga mampu mengatasi jerawat dan melembapkan wajah.

Minyak zaitun kaya akan vitamin dan senyawa yang bersifat antioksidan, sehingga minyak ini dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah.

Anda dapat menggunakan minyak zaitun secara langsung ke kulit wajah sebagai masker wajah alami.

Selain dalam bentuk minyak, manfaat buah zaitun juga bisa diperoleh dari sabun cuci muka, skincare, maupun kosmetik yang mengandung zaitun.

2. Gunakan madu murni

Bahan alami kedua adalah Madu murni. Selain memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, bahan herbal ini juga dipercaya dapat membuat wajah glowing.

Madu murni bisa digunakan untuk proses eksfoliasi, yaitu pengelupasan sel kulit mati sehingga wajah tampak glowing dan bebas dari kusam.

Caranya cukup mudah, dengan hanya mengoleskan madu murni ke wajah setelah mencuci muka. Anda juga bisa mencampur madu dengan air agar tidak terlalu lengket. Diamkan selama 8–10 menit, kemudian bilas menggunakan air.

Karena madu bersifat eksfoliator, jangan lupa gunakan krim pelembap setelah Anda melakukan perawatan kulit dengan madu.

3. Gunakan toner mentimun

Bahan alami ketiga adalah mentimun. Buah satu ini tidak hanya sehat saat dikonsumsi, tapi ternyata mentimun juga dapat dimanfaatkan sebagai toner atau pelembap wajah yang bisa membuat wajah tampak glowing.

Manfaat ini berasal dari kandungan flavonoid di dalamnya yang bersifat antioksidan.

4. Gunakan masker pepaya

Bahan alami keempat yang dapat membantu untuk membuat wajah glowing adalah pepaya.

Selain baik untuk pencernaan, pepaya juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Berbagai vitamin dan senyawa aktif di dalam pepaya berkhasiat untuk mengatasi jerawat, mengurangi kerutan, serta memudarkan melasma atau bercak gelap sehingga wajah tampak glowing.

Manfaat pepaya untuk kulit dapat diperoleh melalui masker pepaya yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Adapun caranya cukup mudah, bisa dengan haluskan buah pepaya dan oleskan ke seluruh wajah, kemudian diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

5. Gunakan masker alpukat

Bahan alami kelima adalah buah alpukat. Buah satu ini tidak hanya baik untuk dikonsumsi, tapi alpukat juga berkhasiat dalam meningkatkan produksi kolagen, mengangkat sel kulit mati, dan meredakan peradangan sehingga menjadikan kulit sehat, halus, dan glowing.

Beragam khasiat tersebut diperoleh dari kandungan asam lemak serta vitamin A dan vitamin E di dalam alpukat.

Untuk bisa merasakan manfaat dari buah ini, Anda dapat mengoleskan alpukat yang telah dihaluskan ke seluruh wajah. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa menggunakan minyak alpukat dalam rangkaian skincare Anda.

6. Gunakan gel lidah buaya

Bahan alami keempat yang dapat membantu membuat wajah glowing adalah lidah buaya, khususnya saat diolah menjadi gel.

Untuk mendapatkan gel lidah buaya alami, cuci dahulu daun lidah buaya dengan air mengalir. Selanjutnya, kupas kulit lidah buaya dan haluskan dagingnya yang berwarna bening menggunakan blender hingga berbusa dan cair.

Gel lidah buaya sudah siap digunakan untuk membuat wajah menjadi glowing. Namun yang perlu diperhatikan, gel lidah buaya hanya bisa bertahan selama 1 minggu.

Lidah buaya diketahui mampu mengobati dan menenangkan kulit yang mengalami iritasi, melembapkan kulit, serta merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Baca Juga: 6 Jenis Buah Ini Bantu Atasi DBD

7. Gunakan minyak kelapa murni

Terakhir, bahan alami ketujuh yang dapat membantu membuat wajah glowing adalah kelapa murni, khususnya saat dibuat menjadi minyak. Dimana minyak kelapa murni ini mampu menjaga kesehatan skin barrier, melembapkan kulit, dan menjadikannya tampak glowing.

Minyak kelapa murni atau yang lebih dikenal dengan virgin coconut oil (VCO) memiliki sifat antioksidan dan antiradang.

Oleskan minyak kelapa ke seluruh wajah Anda sambil lakukan pijatan secara perlahan. Diamkan sesaat agar minyak meresap, kemudian bilas wajah dengan air.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu membuat wajah menjadi glowing. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DIGOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga