7 Cara Alami Cegah Jerawat yang Perlu Diketahui

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 29 April 2024
0 dilihat
7 Cara Alami Cegah Jerawat yang Perlu Diketahui
Mengatasi jerawat dapat dilakukan dengan cara alami. Foto: Repro google.com

" Cara alami pertama untuk mencegah jerawat adalah dengan mengonsumsi makanan sehat "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat yang cukup menganggu penampilan, banyak cara bisa dilakukan, salah satunya dengan cara alami.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, jerawat merupakan kondisi kulit umum yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat. Sebum, minyak yang membantu menjaga kulit agar tidak kering, dan sel kulit mati bisa menyumbat pori-pori. 

Ketika mengalami jerawat, maka dapat menyebabkan peradangan yang memiliki tanda berupa munculnya benjolan kecil yang terkadang berisi nanah di atas kulit.

Gangguan kulit ini dapat terjadi di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu di wajah, leher, bagian atas dada, dan punggung. Benjolan inilah yang disebut dengan jerawat.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui cara alami mengatasi jerawat agar penampilan tetap terjaga.

Melansir kemkes.go.id, berikut beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mencegah jerawat:

1. Konsumsi Makanan Sehat

Cara alami pertama untuk mencegah jerawat adalah dengan mengonsumsi makanan sehat.

Hal ini penting dilakukan karena diet seimbang dengan konsumsi makanan rendah glikemik (buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum) dan cukup air mineral dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam.

2. Membersihkan Wajah Secara Teratur

Tips kedua yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah kulit jerawat adalah dengan teratur membersihkan wajah.

Menurut situs American Academy of Dermatology Association, seseorang dengan kulit berjerawat disarankan mencuci muka hanya dua kali sehari, yaitu setelah bangun dan sebelum tidur.

Baca Juga: Apakah Memencet Jerawat Berbahaya? Simak Penjelasannya

Dalam membersihkan wajah, Anda bisa menggunakan pembersih wajah yang mengandung bahan-bahan alami seperti lemon, pohon teh, Centella asiatica (pegagan), kunyit, dan peppermint untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori kulit.

3. Olahraga dan Meditasi Teratur

Tips ketiga adalah dengan melakukan olahraga dan meditasi secara teratur. Mengapa demikian? Ya, karena olahraga teratur dapat membantu menghilangkan stres, meningkatkan kadar oksigen, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Sementara meditasi secara teratur mengurangi tingkat kortisol dalam tubuh yang bertanggung jawab atas timbulnya jerawat.

4. Hindari Produk Skincare dan Kosmetik Berminyak

Tips keempat untuk mencegah jerawat adalah dengan menghindari penggunaan skincare dan kosmetik berminyak. Olehnya itu, sebaiknya pilih produk perawatan kulit nonkomedogenik untuk menghindari penumpukan minyak berlebih di wajah.

Ada beberapa rekomendasi bahan minyak alami nonkomedogenik menurut Skincraft Laboratory: minyak biji anggur, minyak biji rose hip, biji bunga matahari, minyak neem, minyak biji rami, minyak jarak, minyak kamelia, minyak calendula, dan minyak jojoba.

Begitu pula dengan kosmetik, pilihlah kosmetik water-based (berbahan dasar air), tidak mengandung minyak (free oil), dan nonkomedogenik.

5. Hindari Menyentuh Wajah

Tips kelima adalah hindari menyentuh wajah. Hal ini penting dilakukan agar terhindar dari perpindahan bakteri dan zat berminyak dari tangan ke wajah.

Baca Juga: Jerawat di Wajah Ternyata Tanda Gangguan Kesehatan

Selain itu, sebaiknya hindari juga memencet jerawat karena dapat menyebabkan infeksi bahkan jaringan parut.

6. Cukup Istirahat dan Mampu Mengelola Stres

Tips keempat untuk mencegah terjadinya jerawat adalah dengan melakukan istirahat yang cukup dan mengolah stres.

Menurut Dr. Jhon Minni, salah seorang dermatolog di Water’s Edge Dermatology, stres tidak menyebabkan jerawat secara langsung. Namun kondisi stres dapat memengaruhi fungsi hormonal tubuh seperti peningkatan hormon stres (kortisol dan androgen) yang akan meningkatkan produksi minyak pada kulit.

Selain itu, ternyata produksi protein sitokinin juga akan meningkat karena stres dan kecemasan.

7. Gunakan Bahan Alami untuk Perawatan dan Pengobatan

Terakhir, tips ketujuh adalah dengan menggunakan bahan alami untuk perawatan dan pengobatan jerawat.

Tidak hanya untuk mencegah, menggunakan bahan-bahan alami juga dapat mengobati jerawat yang membandel pada kulit Anda.

Bahan alami tersebut di antaranya adalah minyak pohon teh, maduz lidah buaya, teh hijau, tomat, pepaya, hingga air perasan lemon.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya jerawat. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga