7 Cara Alami Membuat Masker Rambut di Rumah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 22 Januari 2023
0 dilihat
7 Cara Alami Membuat Masker Rambut di Rumah
Untuk menjaga kesehatan rambut dapat dilakukan dengan masker rambut dari bahan alami. Foto: grid.id

" Rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang cukup diperhatikan. Untuk menjaga kesehatan rambut dapat dilakukan dengan masker dari bahan alami "

KENDARI, TELISIK.ID - Rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang cukup diperhatikan. Untuk menjaga kesehatan rambut dapat dilakukan dengan masker dari bahan alami.

Pada umumnya, dikutip dari hellosehat.com, masker rambut merupakan salah satu perawatan rambut yang terdiri dari minyak, mentega, dan bahan alami lainnya.

Perawatan rambut yang satu ini bertujuan untuk melembapkan rambut karena meresep hingga ke batang rambut dan kulit kepala.

Untuk perawatan rambut menggunakan masker ini ternyata bisa dilakukan dengan mengolah sejumlah bahan alami menjadi masker rambut.

Baca Juga: 8 Pilihan Makanan Pelancar Haid yang Perlu Wanita Ketahui

Melansir cnnindonesia.com, berikut beberapa bahan alami yang bisa kamu olah untuk membuat masker rambut di rumah:

1. Susu dan madu

Melansir Byrdie, susu dan madu juga bisa digunakan sebagai bahan pembuat masker rambut. Madu mengandung keratin yang membantu menguatkan rambut juga mencegah kerusakan.

Sementara susu memiliki kandungan protein, asam amino, vitamin B12, zat besi, dan seng yang melembutkan rambut.

Caranya campurkan satu cangkir susu dengan satu sendok makan madu ke dalam botol semprot. Setelah diaduk rata, semprotkan campuran tersebut pada rambut. Diamkan selama 10-20 menit lalu bilas air hangat.

2. Mayones

Mayones diklaim membawa banyak keuntungan untuk rambut karena bahan-bahan yang terkandung di dalamnya seperti minyak kedelai atau kanola, kuning telur, cuka, dan jus lemon.

Meski tidak ada penelitian khusus soal mayones untuk rambut, melansir Healthline, bahan yang satu ini dikenal menguntungkan jenis rambut kering dan bergelombang.

Cara menggunakan masker rambut mayones cukup mudah. Pertama, basahi rambut lalu oleskan satu cangkir mayones mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut.

Setelah itu pijat dan gunakan sisir bergigi lebar untuk meratakannya. Diamkan selama 20 menit dengan penutup kepala. Kemudian bilas hingga bersih dan keramas seperti biasa. Gunakan masker ini seminggu sekali.

3. Masker pisang dan madu

Bahan yang dibutuhkan adalah setengah hingga satu sendok makan madu dan satu hingga dua pisang matang, tergantung ketebalan dan panjang rambut.

Cara membuatnya, kupaslah pisang dan haluskan. Kemudian campur dengan madu, aduk hingga tekstur dan konsistensinya merata.

Setelah itu, oleskan masker tersebut ke kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan 10-15 menit lalu bilas hingga bersih dengan air hangat. Kemudian, gunakan kondisioner untuk menambah kelembutan.

4. Masker alpukat dan minyak kelapa

Sebuah studi 2015 melaporkan bahwa mineral dalam minyak alpukat seperti kalium dan magnesium dapat menyegel kutikula yang membantu rambut terlihat halus juga berkilau.

Kandungan minyak dalam alpukat dipercaya memiliki dampak yang bagus untuk rambut kering dan dehidrasi. Selain itu, buah ini juga kaya vitamin untuk menutrisi kulit kepala.

Untuk membuatnya cukup mudah, siapkan satu alpukat dan dua hingga tiga sendok makan minyak kelapa. Haluskan alpukat dengan garpu lalu campurkan minyak kelapa dan aduk rata.

Kemudian, oleskan dari kulit kepala ke ujung rambut. Masker ini dikenal bagus untuk membuat rambut halus dan berkilau. Setelah diaplikasikan, cuci rambut hingga bersih.

5. Masker pisang dan alpukat

Bahan yang dibutuhkan adalah satu alpukat matang dan satu atau dua buah pisang matang, lalu kupas. Haluskan alpukat dan pisang menjadi satu hingga memiliki tekstur dan konsistensi yang merata.

Oleskan masker rambut tersebut dan berikan perhatian lebih pada bagian rambut yang rusak. Diamkan 10-15 menit lalu bilas air hangat.

6. Masker alpukat, minyak zaitun, dan lemon

Lemon bersifat antijamur dan dapat membantu mengurangi minyak dan ketombe. Bahan yang dibutuhkan adalah sebuah alpukat, 1/4 cangkir minyak zaitun dan satu sendok perasan lemon.

Baca Juga: 9 Tips Pola Makan Sehat Bagi Orang Sibuk, Kamu Perlu Tahu

Cara membuatnya, hancurkan alpukat lalu campur dengan minyak zaitun dan perasan lemon. Setelah itu aplikasikan dari akar hingga ujung rambut. Bilas hingga bersih supaya tidak menimbulkan efek putih pada rambut.

7. Masker lidah buaya dan alpukat

Cara membuat masker rambut alami juga bisa dari lidah buaya. Bahan yang dibutuhkan adalah satu alpukat matang, dua sendok makan gel lidah buaya dan satu sendok teh minyak kelapa.

Cara membuatnya dengan mencampurkan ketiga bahan tersebut menjadi satu. Oleskan pada rambut kering. Lidah buaya bersifat anti-inflamasi yang dapat menenangkan kulit kepala dan kandungan vitaminnya menutrisi rambut.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat masker rambut alami di rumah. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS  

Artikel Terkait
Baca Juga