7 Cara Alami untuk Bersihkan Usus Agar Lebih Plong

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 26 September 2022
0 dilihat
7 Cara Alami untuk Bersihkan Usus Agar Lebih Plong
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan usus, salah satunya dengan secara alami. Foto: Repro koran-jakarta.com

" Mencuci usus sebenarnya adalah teknik membersihkan usus dengan cara menghilangkan kotoran dan racun yang tertinggal di dalamnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Usus merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Karenanya, harus dijaga kebersihannya dengan berbagai cara, termasuk secara alami.

Dikutip dari hellosehat.com, mencuci usus sebenarnya adalah teknik membersihkan usus dengan cara menghilangkan kotoran dan racun yang tertinggal di dalamnya.

Teknik ini juga dikenal sebagai detox usus. Metode ini disebut-sebut dapat membawa manfaat bagi kesehatan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan.

Nah, kali ini akan diulas cara alami membersihkan usus secara sederhana meski dari rumah agar perut lebih plong.

Mengutip cnnindonesia.com dari Healthline, berikut cara alami yang sederhana membersihkan usus di rumah:

1. Minum air secara teratur

Minum banyak air dan tetap terhidrasi adalah cara yang baik untuk mengatur pencernaan. Minum air hangat juga telah terbukti baik untuk pencernaan.

Selain dari asupan air mineral, Anda juga bisa mendapatkan asupan air dari makanan yang tinggi kandungan air seperti semangka, tomat, dan selada.

2. Minum air garam

Campurkan 2 sdt garam dengan air hangat. Untuk hasil terbaik, gunakan garam laut atau garam Himalaya.

Setelah diminum, dalam beberapa menit Anda akan merasakan dorongan untuk ke kamar mandi.

Baca Juga: Badan Cepat Lelah? Ini 6 Penyebabnya

Namun, lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencobanya. Pasalnya, hanya sedikit bukti ilmiah yang membuktikan kebenarannya.

3. Diet tinggi serat

Serat adalah makronutrien penting untuk tubuh. Serat ditemukan dalam banyak makanan nabati seperti buah, sayur, biji-bijian, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi.

Serat dapat membantu mengatasi sembelit dan usus yang terlalu aktif. Serat juga dapat membantu meningkatkan bakteri baik di dalam usus.

4. Minum jus atau smoothie

Jus buah dan sayur merupakan pembersih usus besar yang populer. Campuran jus mengandung beberapa serat dan nutrisi yang bermanfaat bagi pencernaan. Kandungan air pada jus juga dapat menjaga Anda untuk tetap terhidrasi.

Terlebih lagi, sebuah penelitian pada tahun 2015 menemukan bahwa vitamin C dapat membantu membersihkan usus besar. Vitamin C ditemukan dalam banyak buah dan sayuran yang ditambahkan ke campuran jus.

5. Perbanyak makanan yang mengandung pati resisten

Pati resisten mirip dengan serat. Nutrisi ini ditemukan dalam makanan nabati seperti kentang, nasi, kacang-kacangan, pisang hijau, dan biji-bijian.

Asupan pati resisten diketahui dapat meningkatkan kesehatan usus dengan meningkatkan mikroflora usus.

6. Perbanyak asupan probiotik

Menambahkan probiotik ke dalam pola makan adalah cara lain untuk membersihkan usus besar.

Baca Juga: 3 Cara Minum Air Putih Ini Bisa Turunkan Berat Badan

Salah satu cara mendapatkan probiotik adalah dengan suplemen. Selain itu, probiotik juga bisa didapat dengan makanan seperti yogurt dan kimchi.

7. Minum teh herbal

Teh herbal dapat membantu kesehatan sistem pencernaan, utamanya usus besar.

Ramuan pencahar seperti psyllium, lidah buaya, dan akar tanaman marshmallow dapat membantu mengatasi sembelit.

Nah, itulah beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan usus. Namun tetap lakukan diskusi dengan dokter sebelum mengikuti beberapa cara di atas. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga