7 Cara Ampuh agar Berat Badan Tetap Stabil Saat Puasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 04 April 2023
0 dilihat
7 Cara Ampuh agar Berat Badan Tetap Stabil Saat Puasa
Saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan berat badan akan megalami perubahan. Foto: Repro hellosehat.com

" Ternyata ada kebiasaan-kebiasaan yang tanpa disadari sering dilakukan dan malah bisa memicu kenaikan berat badan "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat menjalani ibadah puasa selama 30 hari di bulan Ramadan, berat badan akan mengalami perubahan. Tapi ada cara untuk menjaga berat badan tetap stabil saat puasa.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, menahan lapar dan haus selama puasa diharapkan bisa membantu proses penurunan berat badan. Namun, ternyata ada kebiasaan-kebiasaan yang tanpa disadari sering dilakukan dan malah bisa memicu kenaikan berat badan.

Pemicu berat badan naik saat puasa biasanya berkaitan dengan kebiasaan makan saat sahur dan berbuka puasa, tingkat keaktifan tubuh, hingga pola tidur yang berubah.

Melansir suara.com - jaringan Telisik.id, berikut beberapa cara untuk menjaga berat badan tetap stabil saat puasa:

1. Tetap Olahraga Ringan

Memang tubuh akan terasa sangat lemas ketika berpuasa. Namun demikian, penting untuk Anda agar tetap berolahraga dalam intensitas ringan. Alih-alih membuat tubuh makin lemas, olahraga justru akan memberikan kesegaran, sekaligus membantu Anda menjaga berat badan ideal.

2. Jangan Lewatkan Sahur

Sahur akan membantu menyuplai energi sepanjang hari, dan menghindarkan Anda dari makan terlalu banyak saat berbuka nanti. Konsumsi banyak protein, agar rasa kenyang bertahan cukup lama. Ingat untuk makan dengan porsi yang pas.

Baca Juga: 3 Tips Aman Bepergian saat Puasa

3. Air Putih yang Cukup

Pastikan Anda mengkonsumsi air putih yang cukup dari waktu ke waktu. Idealnya Anda bisa minum segelas saat bangun tidur dan selepas sahur, segelas lagi saat buka puasa, sebelum makan malam, setelah makan malam, selepas tarawih, dan beberapa gelas menjelang tidur.

4. Atur Porsi Makan

Hindari istilah ‘balas dendam’ saat berbuka. Ketika Anda sudah merasa kenyang, segera berhenti. Jangan sampai makan berlebihan dan tidak terkontrol, karena ini bisa jadi titik dimana Anda mendapatkan tambahan berat badan yang banyak.

5. Tidak Makan sebelum Tidur

Hindari makan tepat sebelum tidur, karena makanan ini akan menumpuk menjadi lemak. Setidaknya, berikan jeda tiga jam setelah makan untuk mencoba tidur.

6. Cermati Apa yang Anda Makan

Baca Juga: 7 Cara Kecilkan Perut Buncit Saat Puasa

Penting untuk melihat apa saja yang menjadi menu makanan Anda ketika sahur dan berbuka. Jelas, pola makan sehat dan opsi makanan bernutrisi harus jadi prioritas. Jadi selain Anda mendapatkan tenaga yang dibutuhkan, tidak banyak juga tumpukan lemak yang didapatkan tubuh.

7. Kurangi Minuman Manis

Asupan gula memang diperlukan oleh tubuh, dan minuman manis tentu sangat segar untuk berbuka puasa. Tapi yang harus diingat adalah Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman manis terlalu banyak, sebab kalori yang menumpuk di dalam tubuh juga akan meningkat.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Telisikers lakukan untuk menjaga berat badan tetap stabil saat puasa. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga