adplus-dvertising

7 Cara Gampang dan Mudah untuk Berhemat

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 05 Agustus 2022
265 dilihat
7 Cara Gampang dan Mudah untuk Berhemat
Berhemat bukan berarti pelit, melainkan mampu meminimalisir pengeluaran hanya untuk kebutuhan bukan karena memenuhi hasrat keinginan. Foto: Repro xdana.com

" Perilaku hemat sangat bertentangan dengan sikap boros yang kadang hanya menghamburkan uang untuk hal yang tak terlalu penting "

KENDARI, TELISIK.ID - Berhemat menjadi keinginan hampir semua orang. Bukan karena pelit, tapi banyak manfaat yang diperoleh ketika kita berhemat.

Mengutip Yoursay.id, hidup hemat bukan berarti pelit, melainkan mampu meminimalisir pengeluaran hanya untuk kebutuhan bukan karena memenuhi hasrat keinginan. 

Kita tahu kalau tidak bisa hidup hemat tentu dapat membuat hidup tidak bisa berjalan dengan lancar, karena perilaku hemat sangat bertentangan dengan sikap boros yang kadang hanya menghamburkan uang untuk hal yang tak terlalu penting.


Melansir Suara.com yang menyadur dari akun Instagram @golongan.sukses, berikut beberapa cara berhemat:

1. Selalu bertanya sebelum membeli, “apakah butuh?”

Semestinya memang sebelum membeli sesuatu untuk selalu bertanya terkait apakah dibutuhkan yang memang dapat menopang kebutuhan kita, bukan malah hanya ingin saja. Hal ini penting untuk menghindari membeli barang yang belum tentu dibutuhkan padahal ada hal lain yang lebih dibutuhkan.

Biasanya kondisi seperti ini dilanda kecanduan melihat barang yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Intinya adalah kalau membeli sesuatu bukan karena keinginan tetapi harusnya yang dibutuhkan. 

2. Selalu bandingkan harga

Jika kita membeli sesuatu ada baiknya untuk tidak terburu-buru dan bisa membandingkan dengan harga lain. Hal ini bertujuan untuk bisa hidup hemat dan tetap bisa membeli barang yang memang dibutuhkan dengan harga tidak mahal.

Baca Juga: 10 Cara Atasi Susah Tidur, Bikin Mata Jadi Ngantuk

Jadi bukan malah tidak memperhatikan harga barang, karena ketika selalu membeli barang dengan harga mahal maka nantinya akan mengalami banyak uang yang keluar, padahal harusnya uang tersebut bisa disisakan untuk keperluan yang lain atau ditabung. 

3. Beli barang berkualitas tetapi awet

Tidak apa-apa membeli barang yang mahal dan berkualitas asalkan tahan lama ketimbang membeli barang dengan harga murah namun sangat cepat rusak.

Cara ini juga salah satu bentuk untuk bisa hidup hemat, selain itu juga memiliki barang yang bisa diandalkan meskipun tidak banyak. 

4. Jangan berutang konsumtif

Sebenarnya berutang tidaklah salah, tetapi jangan berutang hanya karena ingin belanja konsumtif padahal belum tentu juga terlalu dibutuhkan.

Lagi-lagi sih penting untuk menyesuaikan kondisi apakah berutang karena ingin bertahan hidup atau hanya gaya-gayaan saja. 

5. Hentikan kebiasaan buruk yang dapat memiskinkan 

Kebiasaan buruk yang dapat memiskinkan sangat patut dihindarkan seperti membeli barang branded dan hal yang memiskinkan lainnya.

Baca Juga: 5 Tips Termudah Kelola Keuangan Rumah Tangga dengan Baik

Tentu banyak aktivitas yang bisa hanya membuat memiskinkan karena ia bagian dari hidup boros yang hanya menghamburkan uang saja padahal belum tentu dibutuhkan, apalagi kalau pendapatan pas-pasan, jelas bisa bikin tambah rumit. 

6. Buat dan ikuti daftar belanjamu

Untuk bisa beneran hemat, penting untuk membuat daftar belanja dengan baik. Tentunya membuat daftar belanja untuk barang yang memang diperlukan.

Hal ini penting agar kita mengetahui secara jelas barang yang sudah dan akan dibeli sehingga selalu ada pengingat ketika membeli suatu barang.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan agar bisa berhemat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga