7 Cara Gampang Mengusir Cicak yang Berkeliaran di Rumah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 10 Oktober 2022
0 dilihat
7 Cara Gampang Mengusir Cicak yang Berkeliaran di Rumah
Cicak menjadi binatang reptil yang kerap ditemukan di dalam rumah. Keberadaan cukup mengganggu sehingga perlu cara untuk mengusirnya. Foto: Repro Shutterstock.com

" Salah satu binatang yang sering berkeliaran di dalam rumah adalah cicak. Binatang melata satu ini meski kecil tapi cukup mengganggu penghuni rumah "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu binatang yang sering berkeliaran di dalam rumah adalah cicak. Binatang melata satu ini meski kecil tapi cukup mengganggu penghuni rumah.

Dikutip dari Kompas.com, cecak atau cicak merupakan  hewan reptil yang biasa merayap di dinding atau pohon. Cecak berwarna abu-abu, tapi ada pula yang berwarna cokelat kehitam-hitaman.

Cecak biasanya berukuran sekitar 10 sentimeter. Cecak bersama dengan tokek dan sebangsanya tergolong ke dalam suku Gekkonidae.

Seringkali keberadaan cicak di dalam rumah cukup mengganggu, makanya perlu kita ketahui cara mudah mengusir cicak agar tidak lagi berkeliaran dalam rumah.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 6 Etika dalam Berhutang

Melansir cnnindonesia.com, berikut beberapa cara mudah untuk mengusir vocal dalam rumah selain menggunakan alat perangkap khusus:

1. Menaruh bawang ke sudut rumah

Bawang merah, putih, atau bombay, memiliki aroma tajam yang khas. Bau tersebut ternyata tidak disukai cicak.

Cukup siapkan beberapa potong bawang-bawangan, lalu diletakkan ke sudut yang sering dilewati atau menjadi tempat persembunyian cicak.

2. Semprotan merica

Menyemprotkan merica atau lada dipercaya ampuh mengusir cicak dari dalam rumah. Semprotan merica ini selayaknya insektisida alami.

Cara membuat semprotan merica sangat mudah. Ambil merica bubuk secukupnya dan dilarutkan ke dalam air. Masukkan ke botol spray, kemudian semprot ke arah cicak yang akan masuk ke rumah supaya langsung pergi.

3. Pakai kamper atau kapur barus

Kamper atau kapur barus tak hanya berguna untuk penghilang bau, tetapi bisa digunakan sebagai antihama, termasuk efektif untuk membasmi cicak. Sama seperti bawang, aroma kamper yang tajam sangat dibenci cicak.

Anda dapat meletakkan beberapa butir kamper atau kapur barus ke ujung lemari, sudut pintu, atau kolong lemari dapur. Tapi pastikan jauh dari jangkauan anak-anak.

4. Memakai cangkang telur

Cangkang telur bisa bantu usir cicak yang berkeliaran di rumah. Disarankan untuk menggunakan cangkang kulit telur rebus. Sebab, cangkang telur rebus mengeluarkan bau seperti belerang yang tidak disukai cicak.

Apabila Anda selesai merebus telur, cangkangnya jangan dibuang. Cukup simpan di area sekitar tempat yang sering dihinggapi cicak sampai hewan reptil tersebut kabur.

5. Menjaga kebersihan rumah

Rumah yang kebersihannya terjaga tentu dapat terhindar dari kedatangan cicak. Mulai sekarang, jangan pernah membiarkan sampah di dalam rumah menumpuk.

Cek kembali setiap celah lubang di rumah, pastikan ditutup rapat. Jika ada sisa makanan basi segera buang dan tidak dibiarkan begitu saja, jaga makanan di rumah selalu tertutup rapat.

6. Kontrol suhu ruangan dalam rumah

Cicak lebih suka pada ruangan dengan suhu hangat. Di samping itu, cicak justru tidak suka pada suhu ruangan terlalu dingin.

Baca Juga: 5 Tips Membeli Pakaian Bekas Agar Tidak Menyesal

Pada ruangan ber-AC, Anda dapat memasang suhu di angka 22 derajat Celcius. Suhu tersebut dinilai efektif untuk menghalau cicak masuk.

7. Semprot dengan insektisida

Cara mengusir cicak dalam rumah bisa dengan insektisida khusus. Tapi, pemakaiannya harus diperhatikan dan cukup semprot ke sudut-sudut yang sering didatangi cicak.

Saat melakukan penyemprotan insektisida, jauhkan dari jangkauan anak-anak dan pastikan tidak ada makanan atau minuman yang terbuka.

Nah, itulah beberapa cara mudah untuk mengusir cicak yang berkeliaran dalam rumah. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga