adplus-dvertising

7 Cara Ini Bisa Mengatasi Nyeri Punggung Tanpa Operasi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 23 November 2022
281 dilihat
7 Cara Ini Bisa Mengatasi Nyeri Punggung Tanpa Operasi
Nyeri punggung merupakan rasa sakit atau kaku yang dapat terjadi di sepanjang tulang belakang, yaitu dari bawah leher hingga tulang ekor. Foto: Repro honestdocs.id

" Salah satu kondisi Kesehatan yang sering dialami seseorang adalah nyeri punggung. Karena sangat menganngu produktivitas bekerja, maka penting untuk mengetahui cara mengatasi nyeri punggung ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kondisi Kesehatan yang sering dialami seseorang adalah nyeri punggung. Karena sangat menganngu produktivitas bekerja, maka penting untuk mengetahui cara mengatasi nyeri punggung ini.

Dikutip dari alodokter.com, nyeri punggung merupakan rasa sakit atau kaku yang dapat terjadi di sepanjang tulang belakang, yaitu dari bawah leher hingga tulang ekor. Nyeri punggung merupakan gejala dari suatu kondisi atau penyakit yang berkaitan dengan tulang belakang.

Nyeri punggung umumnya disebabkan oleh gangguan pada ruas tulang belakang atau jaringan di sekitarnya, seperti otot, pembuluh darah, atau saraf. Selain itu, kondisi ini juga dapat menjadi tanda adanya gangguan organ lain di sekitar tulang belakang, misalnya ginjal.


Nyeri punggu ini dapat mengganggu produktivitas dalam bekerja, makanya penting untuk mengetahui cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi nyeri pada punggu ini.

Baca Juga: Deretan Tips Cegah Pembobolan Rekening Bank

Melansir Kompas.com dari berbagai sumber, berikut beberapa cara untuk mengatasi nyeri punggung yang bisa dilakukan di rumah:

1. Bergerak secara aktif

WebMD menjelaskan bahwa bed rest tidak dianjurkan untuk orang-orang yang mengalami nyeri punggung karena akan memperparah kondisi yang dialami.

Bergerak secara aktif mungkin terdengar sebagai sesuatu yang tidak mungkin untuk dilakukan mengingat nyeri yang dirasakan. Namun ternyata, melakukan kegiatan sehari-hari dan berolahraga dengan intensitas ringan setidaknya selama 30 menit sehari bisa membantu mengurangi nyeri punggung.

2. Melakukan peregangan

Melakukan peregangan bisa menguatkan otot-otot pendukung punggung dan mengurangi rasa nyeri. Gerakan peregangan bisa dilakukan setelah bangun tidur dan pastikan untuk tidak terlalu memaksakan gerakan tersebut agar tidak terjadi cedera.

3. Memperbaiki postur tubuh

Postur tubuh yang buruk akan menyebabkan rasa nyeri di punggung, khususnya jika sering duduk terlalu lama. Pastikan untuk duduk dengan posisi tubuh tegak dengan pundak rileks dan tubuh bersandar di sandaran kursi.

Pastikan juga bahwa postur tubuh ketika tidur, berjalan, dan berdiri sudah benar sehingga tidak menyebabkan sakit punggung.

4. Menjaga berat badan ideal

Medical News Today menyebutkan bahwa berat badan bisa memengaruhi besarnya risiko nyeri punggung. Mereka yang obesitas memiliki risiko lebih besar sehingga disarankan menjaga berat badan ideal untuk mengurangi beban pada punggung.

5. Mengompres bagian yang nyeri

Mengompres punggung yang terasa nyeri dengan menggunakan kompres dingin dan hangat juga disarankan oleh Cleveland Clinic. Salah satunya bisa digunakan tergantung dari kenyamanan masing-masing.

Namun, perlu diperhatikan untuk membatasi pengaplikasian kompres selama 20 menit saja untuk menurunkan risiko iritasi.

6. Berhenti merokok

Orang-orang yang merokok ternyata cenderung mengalami nyeri punggung dibandingkan yang tidak merokok. Nikotin yang terkandung bisa melemahkan tulang belakang dan mengambil nutrisi yang diperlukan.

Untuk itu, disarankan agar berhenti merokok untuk menjaga kesehatan tulang.

Baca Juga: 2 Posisi Tidur Terbaik Saat Batuk

7. Menggunakan obat

Ada dua jenis obat yang bisa digunakan untuk meredakan nyeri punggung, yaitu berupa krim dan berupa obat yang dikonsumsi.

Obat yang berupa krim bisa dioleskan langsung ke bagian punggung yang nyeri sehingga ketegangan otot bisa dikurangi. Sedangkan untuk obat yang dikonsumsi untuk meredakan nyeri punggung adalah berupa aspirin, ibuprofen, naproxen, dan parasetamol.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri punggung yang berkepanjangan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga