7 Cara Menghindari Penipuan Lewat WhatsApp

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 14 Mei 2024
0 dilihat
7 Cara Menghindari Penipuan Lewat WhatsApp
Ada sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penipuan melalui aplikasi WhatsApp. Foto: Repro Thinkstock

" Ada banyak macam penipuan lewat WhatsApp, di antara modusnya adalah undangan digital palsu, Link tagihan BPJS Kesehatan/PLN, kurir paket, dan sebagainya "

KENDARI, TELISIK.ID - Penipuan saat ini marak terjadi di tengah masyarakat, bukan hanya secara langsung atau tatap muka, tapi penipuan juga kerap terjadi melalui aplikasi WhatsApp.

Pada umumnya, dikutip dari Medcom.com, ada beragam modus penipuan yang dilancarkan orang yang tak bertanggung jawab melalu aplikasi WhatsApp. Modus ini terus muncul dalam berbagai bentuk dan berubah seiring waktu.

Di antara modusnya adalah undangan digital palsu, link tagihan BPJS Kesehatan/PLN, kurir paket, dan sebagainya.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar tidak menjadi korban penipuan melalui aplikasi WhatsApp ini.

Melansir qiscus.com, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari penipuan melalui aplikasi WhatsApp:

1. Waspadai Nomor Asing

Tips pertama yang dapat dilakukan untuk menghindari penipuan melalui aplikasi WhatsApp adalah selalu mewaspadai ketika ada masuk nomor asing.

Hal ini penting dilakukan agar terhindar dari kiriman pesan dari orang yang belum dikenal secara nomor WhatsApp.

Dengan demikian, abaikan pesan dari pengirim yang tidak memperkenalkan identitasnya terlebih dahulu. Setelah itu coba ingat kembali apakah pengirim pesan merupakan salah satu kolega atau seseorang yang Anda kenal. Jika dirasa bukan, Anda bisa melakukan pemblokiran.

2. Nama Pengirim Resmi akan Muncul Otomatis

Tips kedua yang dapat dilakukan untuk menghindari penipuan melalui aplikasi WhatsApp adalah memastikan ada nama pengirim.

Hal ini penting diperhatikan karena pada umumnya identitas bisnis terpercaya yang mengirimkan pesan kepada Anda, identitas atau namanya akan langsung tertulis karena identitas bisnis sudah diverifikasi oleh WhatsApp.

Baca Juga: 5 Tips Jaga Kesehatan Calon Jemaah Haji Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Namun jika tidak ada nama yang muncul, maka patut Anda curigai dan bisa dilakukan langkah pemblokiran, atau report ke pihak WhatsApp.

3. WhatsApp Centang Hijau adalah Akun Resmi

Tips ketiga yang dapat dilakukan untuk menghindari penipuan melalui aplikasi WhatsApp adalah memastikan apakah nomor bersangkutan centang hijau. Hal ini karena pada umumnya nomor WhatsApp yang centang hijau adalah akun resmi.

Tak hanya akan muncul nama dari pengirim secara otomatis, WhatsApp yang sudah terverifikasi akan muncul tanda centang hijau di sebelah nama pengirim.

Dengan demikian, WhatsApp yang sudah terverifikasi adalah WhatsApp centang hijau dan nama atau identitas bisnis yang muncul secara otomatis ketika mengirimkan sebuah pesan.

Jika Anda mendapatkan pesan dari pengirim dengan tanda centang hijau di gambar dan dengan nomor tak dikenal Anda dapat melakukan langkah pemblokiran.

Kemudian untuk Anda pemilik bisnis, sudah saatnya Anda memperhatikan keamanan pelanggan Anda. Jangan biarkan oknum tidak bertanggung jawab memanfaatkan identitas Anda untuk meretas dan menipu pelanggan.

Sebagai saran, sebaiknya gunakan WhatsApp Business API untuk mendapatkan benefit akun WhatsApp yang diverifikasi dan lebih dipercaya oleh pelanggan.

4. Jangan Klik Link Sembarangan

Tips keempat yang dapat dilakukan untuk menghindari penipuan melalui aplikasi WhatsApp adalah tidak meng-klik sembarangan pesan dari siapapun, khususnya nomor yang tak dikenal.

5. Cari Tahu Informasi dari Website Resmi

Tips kelima yang dapat dilakukan untuk menghindari penipuan melalui aplikasi WhatsApp adalah mencari tahu informasi terkait perusahaan atau personal bersangkutan dengan mengunjungi akun media sosial.

Melalui tips ini, kita dapat menghubungi call center, membuka akun Instagram resmi, atau website. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah informasi yang Anda terima benar adanya dan bukan penipuan.

6. Blokir Nomor Asing

Tips keenam yang dapat dilakukan untuk menghindari penipuan melalui aplikasi WhatsApp adalah melakukan pemblokiran.

Baca Juga: Hati-Hati Penipuan Gaya Baru di WhatsApp, Ini 3 Modusnya

Namun sebelum melakukan pemblokiran terhadap nomor asing tersebut, sebaiknya terlebih dahulu lakukan double check untuk memahami siapa pengirim pesan serta isi pesan.

Sebagai catatan, langkah ini bisa kita lakukan jika pengirim terindikasi melakukan modus penipuan. Jangan segan untuk langsung memblokir nomor asing tersebut.

7. Kirimkan Laporan pada Bisnis Terkait

Tips tujuh yang dapat dilakukan untuk menghindari penipuan melalui aplikasi WhatsApp adalah mengirim laporan pada bisnis terkait.

Kita bisa mengajukan kepada bisnis yang namanya dicatut untuk melakukan dugaan penipuan melalui pesan WhatsApp.

Dengan upaya ini, pihak bisnis bisa melakukan langkah pencegahan berupa edukasi, informasi, dan yang terkait untuk mengurangi korban penipuan yang mengatasnamakan mereka. Jika tidak, Anda bisa mengajukan laporan ke pihak WhatsApp melalui tombol report.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penipuan melalui aplikasi WhatsApp. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga