7 Cara Mudah Senam Pernapasan Secara Mandiri

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 25 Agustus 2022
0 dilihat
7 Cara Mudah Senam Pernapasan Secara Mandiri
Senam pernapasan mesti sering dilakukan untuk menjaga tarikan napas tetap sehat. Foto: Repro okezone.com

" Sesak napas merupakan kondisi yang terjadi saat pernapasan terasa sulit, tidak nyaman, atau cepat "

JAKARTA, TELISIK.ID - Salah satu gejala yang kerap dialami pasien masalah pernapasan seperti asma, ISPA, hingga COVID-19 adalah sesak napas.

Dikutip dari mitrakeluarga.com, sesak napas merupakan  kondisi yang terjadi saat pernapasan terasa sulit, tidak nyaman, atau cepat.

Pada umumnya, sesak napas ini disebabkan oleh pasokan oksigen ke dalam tubuh berkurang sehingga bagian-bagian tubuh seperti paru-paru, otot dinding dalam, dan diafragma menjadi bekerja lebih keras untuk bernapas.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, berikut ini tahap senam pernapasan untuk yang selaku alami sesak napas seperti yang dibagikan kanal YouTube National Hospital Surabaya, dan dijelaskan oleh Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi - dr. Patricia Maria Kurniawati, Sp.KFR:

Pertama, lakukan teknik deep breathing atau tarik napas dari hidung dalam-dalam. Tahan dua detik kemudian hembuskan lewat mulut, lakukan sebanyak empat hingga lima kali.

Baca Juga: 7 Cara Ini Bisa Tingkatkan Stamina

Kedua, lalukan chest expansion. Caranya letakkan kedua tangan ke dada samping lalu tarik napas panjang. Saat buang napas, tekan perlahan dada, mengikuti pergerakan napas, lakukan sebanyak empat hingga lima kali.

Ketiga, lakukan batuk efektif yaitu dengan cara tarik nafas dalam, lalu hembuskan. Tarik napas kembali dan batukkan sebanyak dua kali.

Keempat, purshed lips breathing. Siapkan tisu, lalu lakukan tarik napas dan hembuskan seperti meniup lilin, lakukan sebanyak empat hingga lima kali.

Baca Juga: Sudah Masuk Indonesia, Warga Bakal Divaksin Cacar Monyet?

Kelima, lalukan latihan arom ringan, yaitu gerakan seluruh anggota tubuh dimulai dari kepala, tangan dan kaki diikuti dengan napas ringan, lakukan sebanyak delapan hingga 10 kali.

Keenam, jalan kecil sekitar tempat tidur sesuai dengan tingkat kebugaran. Lakukan sebanyak lima hingga 10 kali.

Ketujuh, miringkan tubuh ke kanan dan kiri setiap dua jam sekali dengan miring ke kanan, terlentang dan miring kiri. Lakukan sebanyak lima hingga 10 kali. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga